Versi Pertama Android 12

Versi Pertama Android 12 Segera Hadir Tidak Lama Lagi

NESABAMEDIA.COMVersi pertama dari Android 12 Developer Preview diperkirakan akan segera hadir. Sementara itu aplikasi Android Beta Feedback, yang telah dibundel dalam satu paket dengan pratinjau dan rilisan beta Android sejak Android 10 Q, disebutkan baru saja mendapatkan pembaruan di Play Store.

Dengan program beta pada tahun lalu yang juga sudah lama telah berakhir, mungkin hanya ada satu alasan mengapa Google merilis pembaruan untuk aplikasi tersebut, yakni Android 12 akan segera dirilis.

Cukup mudah untuk membuat perkiraan atau prediksi tersebut, yang dibutuhkan hanyalah melihat kalender dan jadwal perilisan Android sebelumnya oleh Google. Android Developer Preview biasanya akan muncul pada awal-awal tahun. Sebelumnya Google merilis Android setiap sekitar bulan Maret, namun untuk tahun lalu Google memajukannya menjadi Februari. 

Jadwal tersebut bisa disebut sebagai tren yang akan terus berlanjut, jika melihat pada fakta yang ada baru-baru ini. Namun bagaimanapun juga, perilisan Android 12 itu diharapkan akan terjadi dalam empat sampai enam minggu ke depan. 

Aplikasi Android Beta Feedback sendiri dibuat untuk memungkinkan adanya akses cepat ke pelacak bug Android. Sehingga para pengembang dan penguji bisa mengirimkan laporan bug mengenai aplikasi dan Android itu sendiri, memberikan rating dan juga mendapatkan informasi terkait masalah tertentu. Selain itu juga bisa digunakan untuk memberikan masukan selama proses pengujian dijalankan, yang biasanya memakan waktu hingga berbulan-bulan. 

Aplikasi itu dibundel dengan pratinjau dan beta sebelumnya pada Android 10. Pada umumnya, sistem akan meminta pencopotan pemasangan aplikasi tersebut jika program pengujian telah berakhir. Namun beberapa orang memilih untuk tetap memasangnya. 

Versi terbaru itu pertama kali ditemukan oleh pihak 9to5Google, di mana aplikasi Android Beta Feedback telah diperbarui dari versi 2.11 ke V2.15-betterbug.external_20201211_RC02. Aplikasi itu bisa didapatkan melalui toko aplikasi pihak ketiga seperti APK Mirror, namun tidak banyak yang bisa didapatkan selain beberapa file yang membuat penasaran. Selain itu aplikasi itu juga tidak bisa terpasang di versi Android yang lebih lama. 

Aplikasi itu sebenarnya juga tidak bisa digunakan, pasalnya sistem hanya akan meminta untuk mencopot pemasangan begitu proses instalasi selesai dilakukan. Tidak ada apapun di dalamnya yang secara eksplisit atau langsung menyatakan bahwa versi aplikasi itu terkait dengan Android 12. Namun perilisan aplikasi itu memang sangat mencurigakan.

Kemungkinan besar perilisan Android 12 akan terjadi dalam beberapa minggu ke depan. Perlu dicatat bahwa Android Developer Preview biasanya akan dirilis pada hari Rabu. Jadi diyakini perilisan Android 12 akan dilakukan pada tanggal 10, 17 dan 24 pada bulan ini.  

Leave a Reply

Send this to a friend