Aplikasi media sosial video TikTok resmi dilarang oleh Pakistan

Walmart Siap Saingi Microsoft untuk Jalankan Operasional Bisnis TikTok

NESABAMEDIA.COM – Pada hari Kamis (27/8/2020) Walmart mengatakan akan bergabung dengan Microsoft untuk membeli operasional bisnis TikTok di Amerika Serikat, aplikasi video populer milik China yang mendapat kecaman dari pemerintahan Trump.

TikTok, melalui videonya yang menyenangkan dan konyol, telah mendapatkan ratusan juta pengguna di seluruh dunia. Namun, pihak Gedung Putih mendorong ByteDance, pemilik TikTok di China, untuk menjual bisnisnya di Amerika Serikat jika ingin tetap beroperasi di negara itu, dengan alasan risiko keamanan.

Walmart mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kesepakatan dengan Microsoft dan TikTok dapat membantunya memperluas bisnis periklanannya dan menjangkau lebih banyak pembeli.

Administrasi Trump memaksa penjualan operasi TikTok di AS karena kepemilikannya di China dan mengancam akan melarang aplikasi tersebut, yang menurut TikTok memiliki 100 juta pengguna AS. TikTok telah menggugat untuk menghentikan larangan tersebut, tetapi bukan pesanan penjualan. Microsoft telah mengkonfirmasi diskusi dengan TikTok; Perusahaan teknologi lain seperti Oracle juga dilaporkan tertarik dengan kemungkinan akuisisi.

Selama setahun terakhir, TikTok telah mencoba menjauhkan aplikasinya dan kepemilikannya di China. Itu menempatkan mantan eksekutif Disney top Kevin Mayer sebagai CEO Amerika-nya, tetapi dia mengundurkan diri Kamis setelah hanya beberapa bulan bekerja.

Dalam sebuah surat kepada karyawannya, Mayer mengatakan bahwa keputusannya untuk keluar muncul setelah “lingkungan politik berubah tajam.”

ByteDance meluncurkan TikTok pada 2017, lalu membeli Musical.ly, layanan video yang populer di kalangan remaja di AS dan Eropa, dan menggabungkan keduanya. Layanan kembar, Douyin, tersedia untuk pengguna Cina.

Otoritas AS khawatir TikTok akan menyerahkan data pengguna ke otoritas China dan menyensor konten yang akan mengecewakan China. TikTok menyangkal telah membagikan data pengguna dengan pemerintah China dan tidak akan melakukannya jika diminta, atau menyensor video atas permintaan otoritas China, dan mengatakan itu bukan ancaman keamanan nasional.

Situasi penjualan tidak biasa, dengan Presiden Donald Trump menuntut pembayaran kepada pemerintah AS untuk bagiannya dalam mengatur kesepakatan, sebuah langkah yang menurut para ahli belum pernah terjadi sebelumnya. Presiden mengatakan pada 18 Agustus bahwa Oracle adalah “perusahaan hebat” yang “dapat menangani” pembelian TikTok. Dia menolak untuk menyatakan preferensi antara Oracle dan Microsoft sebagai pembeli.

Microsoft dan Walmart sudah menjadi mitra bisnis, dengan Microsoft menyediakan layanan komputasi awan yang membantu menjalankan toko pengecer dan belanja online. Kedua perusahaan menandatangani kemitraan 5 tahun pada 2018, memungkinkan mereka untuk bergabung melawan saingan bersama Amazon.

Leave a Reply

Send this to a friend