• Our Partners:

Webcam Murah Sekolah Online

Webcam Murah Untuk Sekolah Online Di Bawah 500 Ribu

NESABAMEDIA.COMPemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengatakan bahwa kegiatan belajar mengajar sudah bisa dilakukan kembali, setidaknya mulai Juli ini. Sejumlah sekolah pun mengawali kegiatan belajar-mengajar rata-rata pada tanggal 13 Juli mendatang. Namun, pihak Kemendikbud meminta agar kegiatan belajar tetap dilakukan secara daring atau online dari rumah.

Hal tersebut dilakukan sebagai bagian pemenuhan protokol kesehatan di era new normal. Karena kegiatan belajar dilakukan secara daring, tentunya ada sejumlah perlengkapan baru yang wajib disediakan oleh wali murid. Selain kuota internet untuk melakukan video call, salah satu perlengkapan yang tak kalah penting yang harus disediakan yakni, kamera webcam. 

Sebenarnya bisa saja menggunakan kamera dari ponsel, namun kendalanya ada pada baterai. Karena tidak memungkinkan penggunaan kamera secara terus menerus selama kegiatan berlangsung berjam-jam lamanya. Oleh karenanya yang paling memungkinkan adalah dengan menggunakan webcam yang terhubung langsung dengan PC atau Laptop. 

Bingung untuk menentukan perangkat webcam yang sesuai? Nesabamedia memberikan 3 alternatif pilihan webcam dengan harga ratusan ribu yang bisa mendukung kegiatan belajar online dari rumah.

Havit HV-N5086

Webcam buatan Havit dengan seri HV-N5086 ini mendukung fitur video call dengan resolusi 640 x 480 pixel. Webcam ini sangat mudah dalam hal penggunaan, karena tinggal menancapkan ke colokan USB yang ada pada PC atau Laptop. 

Webcam Havit Seratus Ribuan

Webcam Havit Seratus Ribuan

Terdapat juga lampu LED yang bisa dinyalakan ketika kondisi ruangan kekurangan cahaya, serta adanya mikrofon bawaan. Webcam Havit HV-N5086 ini harganya cukup murah, yakni berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 200.000 dan diperjualbelikan secara online serta banyak ditemukan di toko-toko komputer terdekat. 

Logitech C270

Webcam satu ini memiliki desain yang cukup ringkas sehingga enak dipandang mata. Mendukung resolusi gambar berkualitas HD 720p, sehingga bisa menghasilkan gambar yang lebih tajam, webcam ini pun cukup murah dijual di pasaran mulai Rp 300 ribuan. 

Webcam Logitech C270

Webcam Logitech C270

Untuk fitur-fitur yang ada, Logitech C270 dilengkapi mikrofon yang terintegrasi dan memiliki fitur noise cancelling. Sehingga bisa meredam suara berisik atau mengganggu yang tidak diinginkan saat melakukan video call. Terdapat juga fitur pengatur cahaya otomatis, sehingga webcam bisa dengan baik menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan di ruangan. 

A4Tech PK-900H

Webcam buatan A4Tech ini juga direkomendasikan untuk digunakan pada kegiatan belajar-mengajar secara online. Webcam ini mampu melakukan video call dengan kualitas gambar jernih dengan resolusi 1080p Full HD. 

Webcam A4Tech PK-900H

Webcam A4Tech PK-900H

Kualitas pencahayaan juga cukup baik, sehingga gambar yang dihasilkan tidak terlalu gelap. Meski ukurannya kecil, webcam ini juga memiliki fitur intelligent multisampling, sehingga gambar yang dikirimkan diklaim tidak akan ngeblur dan patah-patah saat jaringan internet tidak stabil. Harganya juga masih terjangkau yakni mulai Rp 350.000.

Tags:

Leave a Reply