Fitur Pengenal Wajah Face Lock di Whatsapp

Whatsapp Dilaporkan Bakal Gunakan Fitur Pengenal Wajah

NESABAMEDIA.COMDalam pembaruan yang akan datang, Whatsapp dikabarkan akan menghadirkan dua fitur unggulan baru. Pertama adalah fitur yang selama ini dinantikan oleh pengguna yang kerap tertinggal panggilan grup. Sementara fitur Whatsapp baru yang satunya lagi, fitur face lock atau pengenal wajah seperti yang ada di Google Pixel 4.

Seperti yang dilaporkan WABetaInfo, pengguna dalam waktu dekat mungkin bisa mengikuti panggilan grup yang sedang berjalan, yang sebelumnya mereka kedapatan telat untuk bergabung saat undangan dikirimkan.

Cara kerjanya, jika seorang pengguna mengirimkan undangan panggilan grup kepada pengguna yang mungkin sedang tidak tersedia dalam melakukan panggilan, maka pengguna itu bisa bergabung kembali ketika mereka membuka aplikasi Whatsapp-nya. 

Fitur tersebut sepertinya ditujukan agar pengalaman dalam menggunakan panggilan grup bisa lebih nyaman dan lancar. Namun secara teknis, fitur tersebut juga akan menjadikan Whatsapp mirip seperti Zoom atau Skype yang memungkinkan pengguna bergabung dalam panggilan yang sedang berjalan.

Whatsapp di versi yang akan datang, akan mendapatkan semacam fitur yang pertama kali hadir di perangkat iOS. Penguncian sidik jari (Fingerprint Lock), akan diubah namanya menjadi “Biometric Lock” dan kemudian akan mendukung Face Lock (penguncian wajah) serta fitur identifikasi unik lainnya.

Secara umum, fitur penguncian tersebut akan memiliki fungsi yang sama. Pengguna bisa mengatur perangkat mereka terkunci secara otomatis dalam kurun waktu tertentu, dan kemudian membukanya menggunakan sidik jari atau wajah.

Fitur ini diperkirakan akan mendapatkan sambutan hangat oleh pengguna smartphone Android, seperti pada Google Pixel 4 di mana fitur itu menjadi andalannya dalam hal keamanan. Dengan demikian, tingkat keamanan di perangkat smartphone akan semakin ketat dengan fitur penguncian secara khusus pada aplikasi perpesanan. 

Mengingat jenis metode penguncian yang cukup banyak di perangkat smartphone saat ini, kemungkinan kecil jika nantinya Whatsapp bakal menggunakan teknologi otentikasi unik seperti yang ada pada smartphone LG dengan fitur Hand ID-nya.

Sayangnya tidak ada kepastian kapan fitur otentikasi tingkat lanjut yang diidamkan ini bakal dirilis. Namun nampaknya fitur face lock atau pengenal wajah di Whatsapp ini, lebih mudah proses pengembangannya daripada fitur tautan perangkat yang hingga kini belum ada kabar jelasnya. 

Leave a Reply

Send this to a friend