Whatsapp Uji Coba Fitur Multi Device Yang Telah Lama Dinantikan

Whatsapp Uji Coba Fitur Multi Device Yang Telah Lama Dinantikan

NESABAMEDIA.COMSetiap pengguna Whatsapp pasti seringkali menghadapi situasi semacam ini: smartphone kehabisan baterai dan juga tidak mungkin menggunakannya terus menerus di laptop. Untungnya, pembaruan terbaru menjadikan aplikasi Whatsapp untuk desktop lebih baik lagi. Pengguna kini bisa menggunakan aplikasi Whatsapp di perangkat laptop atau komputer, tanpa memerlukan smartphone lagi berkat fitur multi device. 

Whatsapp memberikan konfirmasi bahwa fitur multi device yang selama ini dikembangkan sejak beberapa bulan yang lalu itu, tengah dalam tahap pengujian besar-besaran. Ini nantinya akan memungkinkan pengguna untuk menggunakan Whatsapp tanpa harus membutuhkan smartphone mereka terhubung ke internet. 

Selama ini, pengguna harus memastikan bahwa perangkat smartphone mereka tetap aktif pada jarak dekat, sehingga mereka bisa menggunakan Whatsapp Web di perangkat PC atau tablet. Namun kini, aplikasi Whatsapp web masih akan bisa terus digunakan, meskipun smartphone telah mati atau tidak lagi terhubung ke perangkat PC. 

Pada tanggal 14 Juli yang lalu, salah seorang pengguna yang beruntung, berhasil mendapatkan undangan untuk menguji coba aplikasi Whatsapp di empat perangkat berbeda secara bersamaan, tanpa membutuhkan smartphone. Facebook selaku pemilik Whatsapp mengatakan telah membuat perubahan pada struktur dasar Whatsapp, namun ini masih berbasis pada protokol sinyal. 

Masalah privasi menjadi target pembahasan utama dalam pengembangan fitur multi-perangkat di Whatsapp itu. Ini untuk memastikan bahwa tidak ada data yang tercuri ketika fitur tersebut digunakan. 

“Pengguna bisa menggunakan Whatsapp di beberapa perangkat yang berbeda secara bersamaan, dan masing-masing perangkat itu memiliki kunci enkripsi tersendiri. Jika kunci enkripsi itu mengalami upaya pembobolan, peretas tidak akan bisa melakukan enkripsi pesan yang dikirimkan ke perangkat lain, meskipun telah terdaftar atas pengguna yang sama. Whatsapp juga menggunakan enkripsi ujung ke ujung untuk riwayat percakapan yang dikirimkan antar perangkat, ketika pengguna mendaftarkan perangkat baru,” ungkap Whatsapp.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa fitur ini hanya memungkinkan maksimal digunakan di empat perangkat untuk akun yang sama, dan satu diantaranya adalah smartphone. Selain itu, meskipun Whatsapp di platform lainnya akan bersifat independen, namun pengguna tetap harus terlebih dahulu menghubungkannya ke akun di smartphone. 

Terakhir, apabila smartphone tidak aktif selama lebih dari 14 hari, maka akun yang ada di perangkat lain akan secara otomatis dikeluarkan (logged out). 

Leave a Reply

Send this to a friend