Whatsapp UWP Gantikan Versi Web di Windows Saat Ini

Whatsapp UWP Gantikan Versi Web di Windows Saat Ini

Whatsapp sepertinya tidak berhenti begitu saja dengan pengembangannya untuk Microsoft, dan Meta kini tengah mengerjakan sebuah proyek baru untuk Windows 11 dan Windows 10, secara tertutup. Perusahaan itu sepertinya tengah mengerjakan sebuah Universal Windows Platform (UWP) baru atau aplikasi asli modern untuk Windows 11 dan Windows 10. Sejumlah tangkapan layar mengenai penampakan aplikasi Whatsapp yang baru untuk Windows itu pun menyebar di media sosial. 

Perlu dicatat, Whatsapp adalah satu dari sekian aplikasi yang sering memperbarui aplikasinya di Windows 10 Mobile, meskipun pihak Microsoft telah mengumumkan tidak lagi memberikan dukungan sistem operasi tersebut. 

Sayangnya, aplikasi Whatsapp versi lama masih berbasis Silverlight, di mana ini artinya bukanlah sebuah aplikasi UWP, dan itu tidak bisa digunakan untuk semua jenis versi Windows 10. Tiga tahun kemudian, Whatsapp akhirnya benar-benar mengerjakan sebuah aplikasi UWP untuk sistem operasi desktop. 

Saat ini, aplikasi desktop Whatsapp yang tersedia di Microsoft Store, pada dasarnya berbasis web, dan ini menggunakan framework Electron. Aplikasi itu terhubung ke Whatsapp dan menyediakan pengguna akses ke antarmuka Whatsapp versi web, sehingga pengguna harus melakukan otentikasi dengan melakukan pemindaian kode QR.

Sementara Whatsapp yang berbasi UWP, secara teknis akan memungkinkan pengguna Windows desktop mendapatkan akses ke aplikasi chat Whatsapp tanpa harus terhubung ke versi web. Juga, ini merupakan klien UWP full-fledged, yang ditulis ulang dari nol dan sama sekali tidak menggunakan komponen versi web. Dengan kata lain, klien Whatsapp desktop yang baru ini bukanlah sebuah ‘bungkusan’ semata.

Seperti yang sudah diketahui, aplikasi Whatsapp desktop menawarkan pengalaman yang lebih buruk, dan lebih lambat jika dibandingkan aplikasi asli yang ada di Android atau iOS. Klien Whatsapp yang baru ini akan berbasis UWP dan Meta sepertinya menggunakan antarmuka XAML agar bisa selaras dengan tampilan dan suasana aplikasi Windows 10 maupun Windows 11.

Aplikasi Whatsapp UWP

Aplikasi Whatsapp UWP

Pihak Meta juga mengklaim bahwa versi UWP ini akan menjadi lebih cepat dan akan bisa menampilkan pesan dalam daftar pesan, seperti yang ada di versi web. 

Mereka yang menggunakan aplikasi Whatsapp desktop, selama ini mengalami keterbatasan untuk mengirimkan pesan berbasis teks dan panggilan suara. Di sisi lain, klien UWP diharapkan mampu memperkenalkan dukungan yang lebih baik, untuk panggilan suara maupun video yang bisa dilakukan dengan menggunakan mikrofon. 

Menariknya, dalam proyek ini sepertinya Whatsapp bekerja sangat dekat dengan Microsoft, untuk mengaktifkan integrasi Windows Ink. Nantinya, Whatsapp juga akan memasukkan fitur menggambar yang baru, yang akan membantu pengguna untuk menambahkan keterangan gambar, dan kemudian mengunggahnya secara langsung ke pesan. 

Versi UWP dari Whatsapp yang baru ini, akan dikirimkan bersamaan dengan hadirnya Microsoft Store yang baru, yang juga tersedia untuk Windows 10.

Untuk mengetahui informasi terkini seputar Windows, bisa mengunjungi link berikut ini:

Berita Terkini Seputar Windows

Kumpulan Tutorial Windows 10

Leave a Reply

Send this to a friend