Aplikasi Microsoft Windows 10 Video GIF Capture

Windows 10 Bakal Miliki Aplikasi Video GIF Capture Yang Simpel dan Ringan

NESABAMEDIA.COMWindows 10 memiliki sebuah aplikasi editing video dan gambar yang merupakan aplikasi bawaan dari Xbox. Aplikasi ini bekerja dengan baik untuk pengguna yang menginginkan sebuah aplikasi editing yang simpel yang bisa digunakan untuk mengedit potongan video ataupun gambar saat bermain game.

Microsoft kini dikabarkan tengah melakukan pengembangan sebuah aplikasi yang diklaim jauh lebih simpel dan memudahkan pengguna Windows 10, bernama Video GIF Capture.

Selama ini aplikasi video dan gambar memang tidak begitu mendapatkan perhatian yang banyak dari Microsoft. Namun karena adanya fitur PowerToy yang akan datang, Microsoft akhirnya memperkenalkan sebuah aplikasi editing video dan gambar yang jauh lebih ringan dengan tampilan antarmuka yang ramah. 

Nantinya aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat video dari perangkat PC maupun aplikasi yang ada di Windows 10 milik pengguna. Lebih lanjut, pengguna juga bisa membuat sebuah file gambar berekstensi GIF, namun untuk saat ini fiturnya tidak bisa mengubah video yang sudah ada menjadi ekstensi GIF.

Dalam aplikasi video editing itu nantinya, Microsoft juga akan menyediakan fitur untuk mengatur kualitas dan juga durasi dari video atau file GIF yang dibuat pengguna. 

Diketahui, aplikasi yang bernama “Video GIF Capture” tersebut, bisa diakses dengan mudah oleh pengguna hanya dengan menekan kombinasi tombol Windows + Shift + R. Fitur perekaman yang ada pada aplikasi Video GIF Capture sebenarnya sudah lama dikembangkan oleh Microsoft, namun dalam perjalanannya selalu mengalami penundaan. 

Untuk mengakalinya, para pengguna biasanya menggunakan aplikasi editing pihak ketiga yang kemudian diintegrasikan dengan Xbox Game Bar

Microsoft mengatakan tujuan dari membuat aplikasi video editing yang baru ini, ingin memberikan pengalaman terbaik kepada para pengguna Windows 10, akan kebutuhan aplikasi video editing dengan tampilan yang ramah serta mudah digunakan.

Pengguna tinggal menekan kombinasi tombol Windows + Shift + R. Kemudian layar monitor akan berubah menjadi lebih gelap dan aplikasi itu muncul dan pengguna bisa mengatur area yang diinginkan. 

Aplikasi Video GIF Capture Editor

Aplikasi Video GIF Capture Editor

Setelah pengguna memilih area yang diinginkan, aplikasi akan secara otomatis melakukan perekaman. Kemudian ketika pengguna menekan tombol pause, maka pengguna akan diarahkan ke halaman editing untuk melakukan suntingan terhadap gambar yang sudah direkam tadi.

Secara tampilan, apa yang ada pada aplikasi Video GIF Capture ini sekilas mirip dengan aplikasi Snip & Sketch yang digunakan untuk melakukan tangkapan layar dan memberikan highlight. 

Hingga saat ini aplikasi Video GIF Capture masih dalam tahap pengembangan. Microsoft pun tengah menunggu feedback dari para pengguna PowerToy untuk memastikan apakah aplikasi ini layak rilis ke publik atau tidak.

Leave a Reply

Send this to a friend