Windows 10 Task Manager Quick Terminate

Windows 10 Quick Terminate, Bisa Matikan Seluruh Proses Aplikasi Dalam Satu Klik

NESABAMEDIA.COMFitur Quick Terminate – Windows 10 dikabarkan akan mendapatkan sebuah tool baru yang berfungsi untuk mematikan program yang sedang berjalan, tanpa harus membuka Task Manager. Idenya adalah dengan menyederhanakan versi dari Task Manager yang selama ini memungkinkan pengguna untuk menghentikan program yang dianggap terlalu banyak menghabiskan memori.

Yang ada saat ini, Windows 10 memiliki fitur klik kanan pada program yang muncul di Task Manager dan kemudian memilih opsi Close Window untuk mematikan program yang dimaksud. Namun langkah ini, sebenarnya tidak mematikan proses yang ada pada program tersebut secara keseluruhan.

Untuk bisa mematikan proses keseluruhan sebuah aplikasi atau program beserta proses di balik layarnya, pengguna diharuskan membuka Task Manager dan kemudian mencari proses dari aplikasi atau program itu, dan kemudian mematikannya dari sana.

Tim dari PowerToys Microsoft kini sedang mempertimbangkan untuk menghadirkan sebuah aplikasi baru yang akan diberi nama “Quick Terminate”. Aplikasi ini akan memudahkan dalam mematikan proses sebuah aplikasi atau program secara keseluruhan dengan menggunakan jendela ‘Terminate’ ataupun secara lebih cepat menggunakan tombol shortcut di keyboard.

Dengan kata lain, pengguna nantinya akan mendapatkan menu akses spesial atau menggunakan shortcut di keyboard untuk memilih opsi Terminate untuk mematikan sebuah program atau aplikasi. Fitur ini jika benar-benar diimplementasikan, akan mematikan seluruh proses sebuah program atau aplikasi secara instan tanpa harus menunggu interaksi pengguna tambahan lainnya.

Memang secara garis besar fungsi utamanya hampir sama dengan Task Manager atau aplikasi open-source lain, namun Quick Terminate ini menawarkan akses yang lebih cepat dan mudah. Ditambah lagi, pengguna juga tidak harus melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan dalam jumlah banyak untuk mematikan sebuah aplikasi.

Jika merujuk pada rencana roadmap pada halaman PowerToys, aplikasi Quick Terminate di Windows 10 ini akan dimasukkan dalam pembaruan yang akan dirilis tahun depan. Namun, tidak diketahui jadwal pastinya kapan.

Terlebih saat ini Microsoft lebih memfokuskan diri untuk memperbaiki bugs dan meningkatkan performa untuk PowerToys. Fitur tingkat lanjut seperti Quick Terminate dan pencari kursor mouse seperti yang ada di MacOS akan dirilis pada tahun depan. 

Dan juga perlu dicatat, Microsoft juga tengah mengembangkan sebuah aplikasi bernama App Manager, yang memiliki fungsi tidak jauh berbeda dengan Quick Terminate atau Task Manager.

Leave a Reply

Send this to a friend