Windows 10X SHIM di Surface Duo

Windows 10X Akan Gunakan Fitur SHIM Untuk Bisa Jalankan Aplikasi Win32

Windows 10X SHIM – Windows 10X, versi modular dan ringan dari Windows 10 dan Windows Core OS (WCOS), kemungkinan besar akan dirilis untuk pabrikan atau setidaknya memasuki status RTM pada bulan Desember. Namun seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Windows 10X tidak akan hadir dengan dukungan untuk aplikasi desktop Win32.

Rumor menyebutkan bahwa Windows 10X akan sepenuhnya menggunakan PWA dan UWP, dan tetap bisa mendukung aplikasi Win32 dengan menggunakan virtualisasi khusus. Lebih lanjut, hal tersebut baru akan hadir pada tahun 2022 mendatang. 

Teknologi visualisasi, yang secara internal disebut dengan VAIL, memungkinkan sistem operasi untuk bisa membaca kode aplikasi Win32. Namun sayangnya, VAIL ini telah diberhentikan sementara pengembangannya oleh Microsoft. Pengguna Windows 10X pun pada akhirnya harus terjebak menggunakan aplikasi yang ada di Store atau Web setidaknya hingga setahun kedepan. 

Karena Microsoft juga telah menghentikan dukungan pada browser Edge versi UWP, maka Windows 10X akan didistribusikan dengan browser Edge berbasis Chromium, yang juga berbasis kode Win32. 

Sementara itu ada sebuah fitur baru pada pada Windows Core OS yang bernama SHIM. Fitur SHIM tersebut memungkinkan browser Edge untuk dioperasikan di perangkat Windows 10X sebagai aplikasi bawaan atau asli. 

Cara kerjanya, SHIM akan menerjemahkan API lama di Windows 10X untuk menjalankan browser Edge dan mengaktifkan pengalaman seperti aplikasi aslinya, sehingga pengguna tidak akan menyadari atau menemukan adanya masalah teknis atau performa.

Untuk saat ini, sepertinya hanya browser Microsoft Edge yang akan bekerja menggunakan fitur spesial ini. Dan masih belum jelas apakah fitur spesial ini akan mendukung untuk aplikasi-aplikasi lainnya.

Di sisi lain, ada juga HoloLens 2, yang juga merupakan produk dari Windows Core OS, yang menggunakan pustaka SHIM yang sama untuk menerjemahkan API. 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Windows 10X akan memasuki status RTM pada akhir 2020, dan Microsoft telah memulai optimasi aplikasi untuk sistem operasi tersebut. Jadi kemungkinan, kita baru akan mendapatkan perangkat Windows 10X pertama pada musim semi 2021 dari partner hardware Microsoft. 

Microsoft juga sebelumnya mengumumkan adanya perangkat Windows 10X dengan budget murah, yang siap bersaing dengan Chromebooks, di pasar pendidikan. Dan Microsoft juga dikabarkan tengah mengembangkan perangkat Surface buatan mereka sendiri untuk sistem operasi barunya itu.

Leave a Reply

Send this to a friend