Windows 10X Aplikasi Win32

Windows 10X Rupanya Akan Mendukung Aplikasi Win32

NESABAMEDIA.COMKembali ke tahun 2019 silam, di mana saat itu platform Windows 10X diumumkan sebagai versi modular dan ringan dari sistem operasi Windows 10.

Sejak pengumuman itu juga, Microsoft menyatakan bahwa Windows 10X juga akan mendukung aplikasi Win32. Meski dalam beberapa laporan berikutnya disebutkan bahwa dukungan aplikasi Win32 di Windows 10X bukan menjadi prioritas utama dalam pengembangannya. 

Kini sebuah bocoran dari pengembangan Windows 10X mengungkap bahwa sistem operasi baru tersebut kemungkinan akan dirilis dengan dukungan tool untuk aplikasi Win32. Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa build terbaru dari Windows 10X memiliki fitur baru berupa pengaturan pengembang (Developer Settings), yang memungkinkan pengguna untuk memuat aplikasi tanpa tanda resmi, termasuk aplikasi desktop. 

Dari tangkapan layar berupa gambar berikut ini, tampak tampilan pengaturan baru yang menunjukkan bahwa Microsoft membuat halaman pengaturan khusus untuk fitur baru tersebut.

Tampilan Dukungan Win32 di Windows 10X

Tampilan Dukungan Win32 di Windows 10X

Pilihan dalam halaman pengaturan itu juga mengungkap sebuah halaman untuk wadah teknologi baru itu, dan tombol “Developer Only”, yang juga berisi pengujian aplikasi Win32. Untuk saat ini, fitur tersebut masih belum bisa digunakan, meski hal itu untuk sebuah bocoran dari build sistem operasi tersebut.

Sesuai dengan deskripsi yang ada di halaman pengaturan itu yang berbunyi, “mengaktifkan pengaturan ini akan memungkinkan aplikasi yang tidak memiliki tanda resmi untuk bisa digunakan. Memberikan izin kepada semua aplikasi untuk bisa berjalan di perangkat anda, bisa membahayakan perangkat atau data anda.”

Tampilan Konfirmasi Pengaktifan Fitur Windows 10X

Tampilan Konfirmasi Pengaktifan Fitur Windows 10X

Namun perlu diingat bahwa dengan mengaktifkan opsi setelan itu, tidak akan memungkinkan pengguna untuk memasang dan menjalankan aplikasi desktop pada umumnya (.exe) di Windows 10X. 

Akan tetapi dari bocoran itu secara keseluruhan telah menyiratkan bahwa Microsoft memang memiliki rencana untuk menambahkan dukungan aplikasi Win32 di Windows 10X untuk kedepannya. Hal ini berarti, para pengembang akan segera bisa melakukan uji coba aplikasi mereka di Windows 10X. Namun, kemungkinan mereka diharuskan untuk menjalankan aplikasi UEP dari Microsoft Store dan PWA terlebih dahulu untuk sementara ini. 

Sangat menarik untuk terus bisa mendapatkan informasi terbaru soal pengembangan Windows 10X yang mendukung aplikasi Win32, dan mungkin kabar lebih detail lainnya tidak akan lama lagi segera muncul. 

Leave a Reply

Send this to a friend