Windows 11 Akhirnya Resmi Didukung di Steam Deck

Windows 11 Akhirnya Resmi Didukung di Steam Deck

NESABAMEDIA.COMWindows 11 akhirnya telah secara resmi hadir untuk konsol game Steam Deck, dengan kemampuan untuk memasang sistem operasi Microsoft, yang dikemas dalam sebuah pembaruan.

Sebelumnya, dukungan untuk Windows 11 di Steam hanya sebatas pengujian semata, oleh karena itu sistem operasi tersebut hanya bisa dipasang oleh mereka yang menjalankan Steam OS versi beta.

Namun dalam pembaruan Steam OS terbaru, Valve telah menjadikan semuanya resmi, melalui pengenalan dukungan untuk fTPM dengan mengaktifkan firmware TPM pada CPU AMD Deck, yang merupakan syarat mutlak menjalankan Windows 11. Ini berarti setiap pemilik Steam Deck sekarang bisa memasang sistem operasi Microsoft tersebut di perangkat konsol mereka, bukan hanya menjalankan versi beta.

Peningkatan penting lain yang telah dihadirkan dari versi beta ke rilisan penuh adalah meningkatkan masa pakai baterai, dalam skenario penggunaan tidak aktif atau sangat rendah. Ada peningkatan lainnya juga dalam hal keandalan baterai, yakni sebuah opsi eksperimental Half-Rate Shading, yang memaksa Variable Rate Shading 2×2 ke game yang ada untuk menghemat daya.

Selain itu, Valve juga membuat sebuah halaman sambutan selamat datang dan perkenalan di lock screen untuk Steam Deck, termasuk juga beberapa perubahan di klien lainnya. Ini termasuk peningkatan desain untuk halaman Achievement, dan dukungan untuk peralihan antar jendela yang aktif setelah mengklik tombol Steam. Fitur ini akan sangat membantu bagi mereka yang menggunakan peluncur game. 

Dengan berbagai peningkatan dan penambahan fitur tersebut di atas, maka dukungan Windows 11 benar-benar telah disempurnakan untuk Steam Deck, namun tentu saja, tinggal menunggu waktu untuk berbicara. Semoga saja ini sebuah pertanda baik bahwa tidak butuh lama bagi dukungan untuk beralih dari saluran beta ke rilisan penuh Steam OS.

Dari apa yang bisa dilihat sejauh ini, mereka yang memasang Windows 11 memiliki beberapa komentar positif tentang pengalaman baru ini. Jelas anda akan mengalami lebih sedikit masalah kompatibilitas dengan game yang memiliki sistem anti-cheat, yang sampai saat ini menjadi masalah tersendiri di pihak Valve. Laporan lainnya menunjukkan keuntungan lain seperti pengalaman layar sentuh yang lebih baik. 

Meski demikian masih ada beberapa masalah lain yang belum akan teratasi dengan baik, yakni masalah driver yang mengganggu meski dukungan Windows 11 telah resmi tersedia. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend