Windows 11 Build 22454 Diluncurkan Dengan Menu Konteks Baru

Windows 11 Build 22454 Diluncurkan Dengan Menu Konteks Baru

NESABAMEDIA.COMWindows 11 Build 22454 kini telah tersedia untuk perangkat yang didukung di kanal Pengembang dan pembaruan ini berasal dari cabang pengembangan aktif perusahaan yang saat ini diberi nama kode Nikel.

Pembaruan ini berjudul “Windows 11 Insider Preview 22454.1000 (rs_prerelease)” dan nomor versi tampaknya lebih tinggi daripada versi pratinjau yang ditawarkan di kanal Beta sebagai bagian dari versi 21H2 (Pembaruan Oktober 2021). Jika pengguna berada di kanal Beta atau memiliki PC yang tidak didukung, Microsoft telah merilis pembaruan kumulatif (Build 22000.184) untuk perangkat tersebut.

Microsoft berencana untuk memulai upaya yang tepat pada pembaruan Windows 10 versi 22H2, yang akan hadir pada paruh kedua tahun 2022. Sebagai informasi, Windows 11 hanya akan mendapatkan satu pembaruan fitur setiap tahun dan 22H2 akan menjadi pembaruan utama pertama untuk sistem operasi, setelah versi 21H2 yang akan segera hadir.

Windows 11 versi 21H2 “Oktober 2021 Update” adalah tentang peningkatan desain tanpa penambahan fitur utama. Di sisi lain, Windows 11 versi 22H2 diharapkan hadir dengan fitur-fitur baru dan peningkatan tambahan pada bahasa desain baru sistem operasi.

Rilis Windows ini diharapkan dapat mengaktifkan kontrol volume modern dan memperkenalkan opsi penyesuaian baru untuk Start Menu. Misalnya, pengguna kini bisa menyembunyikan bagian rekomendasi dengan toggle khusus di aplikasi Settings.

Fitur dan Peningkatan Windows 11 Build 22454

Sebenarnya, tidak ada hal yang besar dalam versi Windows 11 Build 22454 ini. Hal tersebut karena Windows 11 Nikel masih dalam tahap awal pengembangan dan Microsoft saat ini sedang menguji fitur secara internal.

Pengguna tidak akan melihat perubahan besar seperti flyout volume modern saat ini, tetapi build ini akan berisi lebih banyak peningkatan daripada pengiriman Build 22000.xxx ke versi di kanal Beta.

Menu Konteks Baru

Selain Start Menu dan Taskbar baru, Windows 11 Build 22454 hadir dengan menu konteks yang didesain ulang.

Menu klik kanan atau menu konteks adalah salah satu ekstensi shell yang paling penting, sayangnya dinilai menawarkan pengalaman yang kacau di Windows 10 ketika pengguna telah memasang aplikasi yang memiliki ekstensi sendiri. Menu klik kanan juga berisi opsi yang tidak pernah digunakan oleh masyarakat umum.

Akibatnya, menu konteks sangat panjang dan dapat mengakibatkan masalah kinerja karena merupakan bagian dari proses Explorer.exe.

Untungnya, menu konteks Windows 11 telah dioptimalkan untuk pengguna dan kinerja sentuh. Menu modern hadir dengan lebih sedikit opsi secara default dan opsi lanjutan atau pihak ketiga dikelompokkan bersama di bawah menu “tampilkan lebih banyak opsi”, yang pada dasarnya membuka menu konteks klasik.

Menu Konteks Modern di Recycle Bin

Di Windows 11 Build 22454, menu konteks Recycle Bin banyak menggunakan menu konteks modern yang baru.

Selain itu, pembaruan terbaru Windows 11 juga menambahkan opsi yang memungkinkan pengguna untuk menyematkan jaringan ke bagian Quick Access tanpa harus mengklik “Tampilkan opsi lainnya”.

Microsoft juga meluncurkan IME yang diperbarui dengan input yang lebih andal dan desain visual baru dengan akrilik untuk pengguna Korea. Menu IME sekarang menampilkan akrilik, visual pilihan baru, mode gelap, dan juga menawarkan kinerja dan kompatibilitas yang lebih baik.

Leave a Reply

Send this to a friend