Windows 11 Build 25169 Meluncur ke Saluran Pengembang, Bawa Mode Kiosk Multi-App

Windows 11 Build 25169 Meluncur ke Saluran Pengembang, Bawa Mode Kiosk Multi-App

NESABAMEDIA.COMMicrosoft baru saja merilis sebuah build Insider baru Windows 11 25169 ke saluran Pengembang. Ini masih menjadi bagian dari versi 22H2, karena pengembangan Sun Valley 3 yang juga dikenal sebagai Windows 11 23H2, telah dibatalkan dan Microsoft beralih pada perilisan versi Windows baru setiap tiga tahun.

Jadi untuk sekarang, saluran Pengembang masih berkutat soal versi 22H2, yang akan diluncurkan pada tahun 2023 mendatang, dan sepertinya juga akan dikirim dengan nama Windows 11 23H2

Berikut adalah beberapa hal baru yang diperkenalkan Microsoft pada Windows 11 Build 25169 di saluran Pengembang program Windows Insider:

Mode Kiosk Multi-App

Mode Kiosk Multi-App adalah sebuah fitur penguncian untuk Windows 11 yang memungkinkan administrator IT memilih serangkaian aplikasi yang diizinkan untuk berjalan di perangkat, sementara fungsi yang ada lainnya diblokir. Ini memungkinkan anda untuk membuat beberapa aplikasi berbeda dan mengakses konfigurasi untuk tipe pengguna yang berbeda dan semuanya itu dilakukan pada satu perangkat. 

Adapun penyesuaian penguncian itu meliputi:

  • Membatasi akses ke Settings, kecuali halaman yang diizinkan, misalnya Wi-Fi dan pengatur tingkat kecerahan layar.
  • Mengunci Start Menu agar hanya bisa menampilkan aplikasi yang diizinkan.
  • Memblokir notifikasi pop-up dan toast yang bisa berujung pada antarmuka yang tidak diinginkan muncul.

Mode Kiosk Multi-App ini sangat ideal untuk banyak skenario di mana banyak orang perlu menggunakan perangkat yang sama secara bergantian. Ini bisa mencakup pekerja di lapangan dan skenario ritel, pendidikan dan pengambilan tes. 

Saat ini, mode Kiosk Multi-App dapat diaktifkan menggunakan PowerShell dan WMI Bridge, dengan dukungan untuk Intune atau MDM, dan konfigurasi paket penyediaan segera hadir. 

Berikut sejumlah peningkatan yang disertakan pada Windows 11 Build 25169:

  • Perubahan pada bagaimana admin IT mendaftarkan perangkat di opsi konfigurasi prosesor data diagnostik Windows, yang disertakan dalam versi ini dan yang lebih tinggi. Yang perlu diingat dalam perubahan ini adalah apabila perubahan didokumentasikan tidak diterima, maka disarankan untuk menunda pengiriman.
  • Kini anda bisa mengaktifkan Windows Spotlight di desktop melalui sebuah tema baru Windows Spotlight yang disertakan pada build teranyar di saluran Pengembang, melalui halaman Settings → Personalization and Settings → Personalization → Themes.
  • Kami telah memperbarui model penulisan bahasa Inggris US-English agar lebih cepat dan akurat. Gunakan panel penulisan yang telah diperbarui untuk ink-to-text dan beritahu kami bagaimana menurut pendapat anda. 
  • Settings kini mendukung pengelolaan aplikasi di mana sebelumnya ini didukung di Control Panel. Ini termasuk pencopotan sebuah aplikasi yang memiliki inter-dependencies.
  • Aplikasi Windows Security kini menampilkan pengaturan Windows  Settings di dalam halaman About.

Berikut adalah perbaikan yang dikirimkan lewat Windows 11 Build 25169:

  • Memperbaiki masalah yang berujung pada menu konteks Azure Information Protection dengan sendirinya memunculkan nama Microsoft.Azip.RightClick setelah melakukan pembaruan.
  • Memperbaiki crash pada explorer.exe yang mencegah taskbar termuat ketika meluncurkan meeting Teams.
  • Memperbaiki masalah crash pada explorer.exe untuk pengguna Insider yang mengalami masalah terkait menu overflow di Taskbar. 
  • Memperbaiki masalah yang menghilangkan tombol More pada bagian Rekomendasi di Start Menu.
  • Memperbaiki masalah di mana setelah menggunakan fitur melihat kata sandi di halaman Wi-Fi di Quick Settings, kolom teks tiba-tiba mengalami kehilangan fokus.
  • Melakukan sedikit perubahan untuk meningkatkan kecepatan repeat untuk keyboard tradisional, termasuk keyboard bawaan, sehingga terasa lebih responsive. 
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend