Windows 11 Kurangi Disk Footprint Untuk Kinerja Yang Lebih Baik

Windows 11 Kurangi Disk Footprint Untuk Kinerja Yang Lebih Baik

NESABAMEDIA.COMWindows 11 akan diluncurkan ke publik pada 5 Oktober dan hadir dengan beberapa perubahan desain penting, termasuk desain baru untuk menu konteks dan pusat notifikasi. Windows 11 seperti lapisan cat baru untuk Windows 10, karena fitur intinya tetap tidak berubah, tetapi akan ada beberapa optimasi di baliknya.

Menurut Microsoft, Windows 11 akan mengurangi disk footprint untuk berbagai aplikasi inbox. Untuk mengurangi disk footprint, Microsoft telah membuat perubahan pada teknologi kompresi sistem operasi dan juga aplikasi inbox. Status default aplikasi inbox seperti Sticky Notes dan Microsoft To-Do sebenarnya adalah sebuah rintisan.

Misalnya, jika anda meluncurkan Sticky Notes untuk pertama kalinya dari Start Menu, anda akan melihat layar pemuatan baru, dan binari aplikasi lainnya akan dimuat sesuai permintaan tanpa tindakan manual apa pun dari pengguna. 

“Ini mengurangi ukuran pada disk, dan anda juga akan melihat lebih sedikit aktivitas pembaruan latar belakang dan lalu lintas unduhan,” kata pejabat Microsoft.

Binari Sticky Notes akan dimuat dari Microsoft Store dan komponen tidak harus disertakan dalam OS itu sendiri. Ini mungkin akan menghemat ruang, tetapi ini tidak berlaku untuk aplikasi yang lebih kompleks seperti Microsoft Store atau Office.

Microsoft juga telah mengurangi konsumsi disk yang disebabkan oleh sistem operasi itu sendiri dan browser default Edge.

Dalam dokumen dukungan, Microsoft mengatakan bahwa driver ethernet dan WiFi pra-instal sekarang ditawarkan sebagai FOD (Features on Demand).

Driver ini akan diinstal sebelumnya secara default untuk meningkatkan pengalaman keseluruhan, tetapi jika anda tidak memerlukan driver tersebut, anda sekarang dapat mengurangi disk footprint dan menghapus FOD secara manual untuk driver yang tidak berlaku untuk perangkat keras. Ini dapat dikelola dari aplikasi Settings.

Ketika tanggal perilisan semakin dekat, Microsoft juga sedang mengerjakan beberapa perbaikan bug dan peningkatan kecil untuk sistem operasi.

Peningkatan kinerja lainnya

Microsoft baru-baru ini menjelaskan bahwa Windows 11 juga menyertakan pengalaman instant-on baru untuk membantu perangkat anda langsung bisa melanjutkan tugas yang sebelumnya setelah beranjak dari mode sleep, seperti Your Phone atau Always Connected yang didukung Snapdragon.

Windows 11 akan mengingat status prioritas dan dapat berkomunikasi lebih baik dengan perangkat keras. Hasilnya, waktu resume Windows 11 sekarang 25 persen lebih cepat, sementara autentikasi Windows Hello for Business telah ditingkatkan hingga 30 persen.

Selain itu, Microsoft telah mengklarifikasi bahwa sudut membulat dan elemen desain baru seperti Mica tidak akan mengakibatkan penurunan kinerja. Sebagai informasi, Mica akan diterapkan ke Start Menu, Settings, File Explorer, dan akan digunakan dalam berbagai skenario lain, tetapi kinerjanya akan lebih baik daripada material desain Akrilik Windows 10.

Microsoft telah meningkatkan rendering grafis dan pengguna tidak akan melihat perbedaan kinerja setelah beralih ke sudut membulat.

Leave a Reply

Send this to a friend