Windows 11 Malah Bikin Boros Baterai Laptop

Windows 11 Malah Bikin Boros Baterai Laptop

NESABAMEDIA.COMWindows 11 pada dasarnya didesain untuk bisa lebih menghemat penggunaan baterai, namun versi beta yang ada saat ini, justru bikin lebih boros baterai. Windows 11 sendiri dijadwalkan akan dirilis akhir tahun ini dan akan berisi beberapa fitur baru, namun sepertinya janji Microsoft untuk memberikan sistem operasi yang lebih hemat baterai, masih jauh dari kenyataan. 

Pada saat memperkenalkan Windows 11 bulan lalu, Microsoft menyatakan bahwa pengguna nantinya akan bisa menikmati peningkatan kecepatan, pembaruan perangkat lunak yang lebih cepat, dan masa pakai baterai yang lebih lama jika menggunakan perangkat laptop. Namun sepertinya langkah penghematan baterai itu masih jauh dari harapan. 

Program Windows Insider telah mendapatkan versi Build awal dari Windows 11, dan beberapa pengguna yang bergabung di sana telah mengunduh dan mencicipi sistem operasi itu. Namun mereka tidak merasa adanya peningkatan penghematan baterai seperti yang telah dijanjikan Microsoft sebelumnya. 

Salah satu pengguna di forum Reddit mengeluhkan masalah yang dia alami. Dia mengaku biasanya bisa menggunakan perangkat laptopnya sampai 3 atau 4 jam dengan penggunaan normal. Namun setelah mencoba menggunakan Windows 11, baterai laptopnya hanya mampu bertahan maksimal 1,5 jam saja. Dia pun menanyakan hal yang sama ke pengguna lainnya.

Tak lama, dia mendapat respon dari pengguna lainnya yang juga mengaku mendapatkan masalah yang sama. Dia menjelaskan jika sebelumnya saat menggunakan Windows 10, dia bisa memakai laptopnya sampai 4 jam, namun ketika memakai Windows 11, dia hanya bisa memakainya selama 2 jam saja. 

Setelahnya, lebih banyak pengguna lain yang juga menyadari perangkat laptop mereka jadi lebih boros baterai saat memakai Windows 11. 

Dengan banyaknya keluhan yang muncul ini, Microsoft diharapkan bisa mengambil tindakan cepat untuk mengatasi masalah borosnya baterai saat menggunakan Windows 11, sebelum sistem operasi itu benar-benar dirilis secara umum ke pengguna publik. 

Selain masalah baterai yang boros, rupanya ada beberapa masalah lain yang dialami pengguna. Seperti kolom pencarian yang tidak muncul di Start Menu, yang tentunya membuat para pengguna frustasi. 

Masalah semacam ini meskipun cukup serius namun masih tetap wajar, karena ini adalah versi awal dan Windows 11 masih dalam tahap pengembangan serta pengujian. 

Leave a Reply

Send this to a friend