Windows 11 Taskbar Badge Notif tidak Aktif? Ini Solusinya

NESABAMEDIA.COM – Microsoft kemarin sebelum perilisan Windows 11 2022 telah merilis versi Insider Dev dengan Build 25201. Ada tiga perubahan yang bisa diakses, di mana perubahan tampilan beberapa fitur. Namun, fitur Taskbar Badge tidak dapat diaktifkan oleh banyak penggunanya, Kamis (22/09).

Taskbar Badge Notification merupakan salah satu fitur unggulan yang hadir di beberapa seri Insider Dev, selama masa uji coba fitur ini telah ditampilkan dan mengalami banyak perbaikan. Sampai akhirnya pada Windows 11 2022 juga masih menggunakan fitur yang sama, fitur ini memang memberikan akses yang lebih baik.

Fitur Taskbar Badge Notification memungkinkan pengguna untuk dapat melihat sebuah simbol angka, simbol ini akan menjadi patokan bahwa Anda memiliki beberapa pemberitahuan. Jika Anda mengakses berbagai layanan platform media sosial misalnya, email, komentar, hingga pesan terbaru akan ditampilkan. Lebih jelasnya seperti di bawah ini:

Windows 11 Taskbar Badge Notification

Windows 11 Taskbar Badge Notification

Mudah bukan? Jadi melalui Taskbar Badge Notification maka pengguna akan mendapatkan informasi terkini mengenai pemberitahuan yang mereka terima. Ini akan muncul pada bagian Taskbar Badge bersamaan dengan informasi perkiraan cuaca yang terletak pada bagian sampingnya.

Berbeda dengan sebagian besar tampilan Taskbar Windows 11 yang mana terdapat pada bagian tengah dan sudut kanan, Taskbar Badge Notification terdapat pada bagian sudut kanan Taskbar. Karena memang, jika diperhatikan ruang ini lebih banyak dibandingkan dengan bagian Taskbar lainnya.

Microsoft menghadirkan Taskbar Badge Notification sendiri bukanlah hal yang baru, mereka telah melakukan uji coba pertama pada Build 25201. Setelahnya, fitur ini kembali diberikan di pembaharuan berikutnya melalui Windows 11 Insider Dev. Bahkan, mereka yang menggunakan Windows 11 Build 22000.1041 juga telah mendapatkan fitur Taskbar Badge Notification.

Sayangnya, tidak semua pengguna Insider Dev mendapatkan fitur Taskbar Badge Notification. Nah, untuk mereka yang tidak mendapatkan fitur ini maka bisa langsung mengakses ViveTools.

Untuk Anda yang tidak memiliki ViveTools, Anda dapat mengunduhnya melalui laman GitHub di sini. Lakukan Ekstract, buka Administrator, lalu masukkan perintah ini:

c:\vivetool\vivetool /enable /id:36718398.

Fitur ini sebenarnya sesuai penggunaan saja, jika Anda tipikal orang yang sering mengakses Widget dan melihat pemberitahuan, maka mengaktifkan fitur ini akan menjadi salah satu kelebihan tersendiri.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend