Windows Subsystem for Linux WSL Aplikasi Android

Windows Subsystem for Linux (WSL) Mungkin Akan Bisa Jalankan Aplikasi Android Juga

NESABAMEDIA.COMWSL dan Aplikasi Android – Aplikasi Your Phone yang ada di Windows 10, memang bisa menampilkan aplikasi Android melalui fitur remote desktop. Namun dalam waktu dekat, kemungkinan akan hadir sebuah fitur tersendiri di Windows 10 yang akan bisa terintegrasi jauh lebih baik dengan aplikasi Android, seperti yang sedang dikembangkan Microsoft dengan Project Latte-nya.

Dari seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Project Latte nantinya akan memungkinkan para pengembang aplikasi untuk membawa aplikasi Android buatan mereka ke Windows 10 dengan hanya sedikit perubahan coding. Aplikasi Android itu akan dijadikan dalam bentuk paket sebagai file MSIX dan didistribusikan melalui Windows Store.

Microsoft tampaknya sangat bekerja ekstra keras untuk bisa mewujudkan proyek tersebut. Berkat keberadaan dari Windows Subsystem for Linux (WSL) yang sudah mereka rilis untuk Windows 10, sehingga semuanya berjalan sangat lancar. 

WSL sendiri merupakan virtualisasi dari kernel Linux di Windows, yang memberikan kemudahan untuk menjalankan alat-alat Linux yang dibutuhkan para pengembang, dengan memanfaatkan perintah baris Windows.

Microsoft juga tengah melakukan uji coba dukungan untuk aplikasi berbasis Linux GUI di WSL dan juga akselerasi GPU. Sementara itu Android yang berjalan di kernel Linux, diharapkan bisa diintegrasikan ke WSL untuk mendukung kinerja aplikasi, sehingga Microsoft bisa berfokus pada implementasi Android Runtime, yang saat ini juga sudah tersedia di Linux yang open source dan kompatibel dengan sistem X86.

Saat ini, sebenarnya pengguna bisa menjalankan aplikasi Android di WSL dengan menggunakan Anbox, sebuah tool yang dikhususkan untuk bisa menjalankan aplikasi Android di Linux. Meski demikian langkah ini hanya sebagai langkah alternatif, dan karena belum resmi, maka terdapat juga resiko yang besar.

Microsoft bukanlah yang pertama yang mengerjakan proyek dukungan aplikasi Android ke sistem operasi lainnya. Google diketahui lebih dulu melakukannya dengan sistem operasi Chrome, yang memungkinkan perangkat laptop untuk menjalankan aplikasi favorit seperti yang ada di smartphone. 

Selama ini Android memang dijadikan sebuah jembatan bagi pengembang baik itu independen maupun berskala besar, untuk menghubungkan perangkat yang berbeda sistem operasi. Dulu Blackberry bahkan mencoba untuk bertahan dalam perang OS dengan mengerjakan proyek dukungan Android ke smartphone Blackberry 10. Namun akhirnya mereka akhirnya menyerah, dan membuat smartphone Android sebenarnya.

Leave a Reply

Send this to a friend