Microsoft Windows Terminal

Windows Terminal Dapatkan Fitur Kustomisasi GUI Baru

NESABAMEDIA.COMSelama ini banyak pengguna yang meminta hadirnya sebuah fitur untuk bisa melakukan kustomisasi pada Windows Terminal. Sepertinya, Microsoft telah mengabulkan permintaan itu dan merilis fitur pengaturan Graphical User Interface (GUI) di Windows Terminal. 

Sejak diluncurkan pada tahun 2019 lalu, program Microsoft Windows Terminal telah mendapatkan banyak sekali pembaruan dan peningkatan. Program ini merupakan pengganti dari Windows Console, sebuah program untuk mengatur dan menjalankan perintah baris di perangkat dengan sistem operasi berbasis Windows. 

Banyak pengguna menginginkan agar Microsoft membawa tampilan antarmuka pengguna (Graphical User Interface) ke Windows Terminal. Pasalnya, terminal berbasis JSON itu memang bisa membantu pengguna dalam melakukan kustomisasi, namun untuk melakukannya tidak mudah karena masalah antarmuka yang masih jadul. 

Microsoft tampaknya memahami keluhan pengguna yang sangat mendasar itu. Program Manager Microsoft, Kayla Cinnamon mengunggah ke Twitter sebuah penampakan dari pengaturan GUI yang baru di Windows Terminal. Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa fitur itu akan dihadirkan bersamaan dengan pembaruan versi pratinjau yang akan datang berikutnya. 

Dalam sebuah gambar berbentuk GIF, Microsoft menunjukkan bagaimana kustomisasi GUI bisa diakses melalui pengaturan GUI. Ini merupakan sebuah tool yang terbuka di tab baru dan sangat terlihat familiar seperti halaman pengaturan atau settings di Windows yang ada saat ini. 

Ketika halaman pengaturan GUI terbuka, pengguna bisa mengedit file pengaturan JSON dan mengkustomisasi bagian-bagian dari aplikasi Windows Terminal. Ini termasuk melakukan kustomisasi pada profil yang digunakan. 

Peningkatan Pada Windows Terminal

Terminal merupakan sebuah pengalaman command prompt yang baru untuk perangkat berbasis Windows 10. Pengembang memanfaatkan banyak tab dan menyesuaikan pengalaman dengan tema yang sudah diterapkan. Namun, pengguna harus mengedit file JSON terlebih dahulu agar bisa mengakses serangkaian alat-alat kustomisasi itu. 

Kembali ke bulan Desember tahun lalu, Microsoft merilis Windows Terminal versi 1.5. Versi baru tersebut mendukung penggunaan hyperlinks. Program tersebut bisa mendeteksi secara otomatis hyperlink, tanpa pengguna harus memasukkan dan mengizinkan tombol Ctrl+Klik Mouse untuk membuka tautan di sebuah aplikasi browser. 

Selain itu, versi 1.5 juga dapat tambahan dukungan untuk penggunaan emoji dan ikon profil. Hal ini cukup masuk akal, karena selama ini emoji masih belum tersedia dalam daftar lompatan. Microsoft juga meningkatkan pengalaman untuk berpindah tab di versi baru ini. 

Leave a Reply

Send this to a friend