Xiaomi Gusur Posisi Apple Di Peringkat Pertama Produsen Wearable Global

Xiaomi Gusur Posisi Apple Di Peringkat Pertama Produsen Wearable Global

NESABAMEDIA.COMXiaomi diberitakan telah berhasil menggeser posisi Apple untuk menjadi vendor wearable band terbesar di dunia pada kuartal kedua tahun ini. Laporan tersebut berdasarkan data yang diterbitkan oleh Canalys. Kinerja solid Xiaomi selama bulan April hingga Juni tampaknya “didukung oleh peluncuran Mi Band 6,” yang merupakan pelacak kebugaran terbaik perusahaan.

Xiaomi membuat langkah yang sangat bijak untuk mempercepat rilis Mi Band 6, yang merupakan perangkat yang lebih menarik daripada pendahulunya,” kata analis Canalys, Cynthia Chen. Perusahaan juga mendapat manfaat dari peluncuran jam tangan pintar di pasar negara berkembang seperti India.

Tidak mengherankan, Apple terus memimpin pasar jam tangan pintar global, dengan pangsa sebesar 31,1%. Apple mengirimkan total 7,9 juta jam tangan pintar pada Q2 2021. Dengan jumlah sebesar itu tercatat telah terjadi pertumbuhan sebanyak 29,4% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Huawei mampu mempertahankan posisi di peringkat ketiga, berkat kesuksesan yang berkelanjutan di pasar Cina. Perusahaan berhasil mengirimkan 3,7 juta perangkat wearable selama kuartal tersebut dan menguasai 9,2% pangsa pasar global.

Pasar wearable band global disebutkan telah mengalami pertumbuhan sebesar 5,6% YoY selama kuartal kedua, dengan total pengiriman mencapai 40,9 juta unit. Sementara penjualan perangkat fitness tracker terus menurun, hal itu diimbangi oleh pertumbuhan pengiriman jam tangan pintar secara global.

Jam tangan pintar sekarang mencakup 62% dari keseluruhan pasar wearable. Canalys berharap perangkat jam tangan pintar untuk bisa terus menjadi “pendorong pertumbuhan utama untuk kategori wearable untuk tahun-tahun mendatang.”

Berikut daftar 5 terbesar pabrikan perangkat wearable kuartal kedua tahun 2021:

  1. Xiaomi : penjualan 8 juta unit – market share 19,6% – pertumbuhan 2,6%
  2. Apple: penjualan 7,9 juta unit – market share 19,3% – pertumbuhan 29,4%
  3. Huawei: penjualan 3,7 juta unit – market share 9,2% – pertumbuhan -53,9%
  4. Fitbit : penjualan 3 juta unit – market share 7,3% – pertumbuhan 20,6%
  5. Samsung: penjualan 2,5 juta unit – market share 6,1% – pertumbuhan 114,1%

Leave a Reply

Send this to a friend