Yang Baru di Windows 11 Aplikasi Paint

Yang Baru di Windows 11: Aplikasi Paint

Windows 11 diluncurkan ke pengguna umum sudah sepekan yang lalu, dan sistem operasi itu telah membawa cukup banyak perubahan dan peningkatan pada aplikasi-aplikasi inbox Windows.

Setelah sebelumnya nesabamedia.com membahas mulai dari Start Menu, Taskbar, Widgets sampai dengan File Explorer, kali ini kita akan menyorot aplikasi Paint yang ada di Windows 11. Terlebih, saat ini Microsoft juga sedang secara aktif melakukan pengembangan dan menghadirkan versi baru aplikasi Paint ke Windows 11.

Paint memiliki sejarah yang cukup menarik di Windows. Meskipun menjadi bagian dari OS selama beberapa dekade, Microsoft mengumumkan bahwa Paint tidak digunakan lagi pada tahun 2017, dan perusahaan ingin semua orang menggunakan Paint 3D. 

Kala itu, Microsoft memprediksi bahwa konsumen akan tertarik untuk membangun konten 3D dan kemudian memvisualisasikan serta berinteraksi dengannya lewat Windows Mixed Reality. Tentu saja, rencana tersebut tidak pernah terwujud seperti yang diharapkan Microsoft, dan justru tahun ini Paint 3D yang didepak dari Windows.

Melihat ke pengalaman Paint yang sebenarnya di Windows 10, begitu membuka aplikasi tersebut anda akan disuguhkan oleh kanvas kosong sebagai tempat untuk membuat konten sesuka hati. Bagian title bar memiliki tombol untuk Save, Undo, Redo, dan drop-down yang memungkinkan anda menyesuaikan title bar lebih lanjut dan menambahkan lebih banyak kontrol. 

Ada tiga tab terpisah di bawahnya untuk File, Home, dan View. File memungkinkan anda untuk berinteraksi dengan file dengan cara yang berbeda seperti membuat yang baru, menyimpan, mencetak, mengatur sebagai latar belakang desktop, dan banyak lagi. 

Tab Beranda adalah pengalaman peluncuran default yang berisi alat yang dapat anda manfaatkan untuk menggambar. Terakhir, tab View adalah tempat anda dapat menampilkan atau menyembunyikan elemen UI tertentu seperti garis kisi, status bar, memperbesar dan memperkecil, full screen, dan banyak lagi. Bagian bawah aplikasi Paint menunjukkan ukuran kanvas anda saat ini dalam piksel, serta tingkat zoom.

Beralih ke pengalaman Paint di Windows 11, hal pertama yang anda dapatkan adalah bahwa aplikasi itu terlihat diluncurkan secara tergesa-gesa. Pada awalnya, banyak yang berpikir ini hanya masalah dengan perangkat dan build, sebelum masalah itu juga dikeluhkan banyak pengguna lainnya. 

Pada dasarnya, jenis kanvas diluncurkan dengan latar belakang hitam, lalu toolbar di bagian atas memuat ikon, dan kemudian aplikasi tersedia dalam status ‘usable’. Sangat jelas sekali dalam proses pemuatan aplikasi Paint di Windows 11 yang terasa ada semacam kendala, semakin membuktikan bahwa Microsoft berpikir untuk merilis terlebih dahulu dan memperbaikinya nanti.

Ini seharusnya tidak menjadi pengalaman yang seharusnya anda miliki saat berinteraksi dengan aplikasi bawaan yang sudah terpasangan sebelumnya. Masalah semacam ini tidak dapat diterima.

Meski demikian, anda akan melihat bahwa title bar dan UI pita telah diperbarui. Alih-alih memiliki opsi untuk Save, Undo, dan Redo di title bar, ini telah dipindahkan ke UI pita. Semua ikon telah diperbarui dan sekarang dimodernisasi secara minimalis. Ada beberapa peningkatan aksesibilitas di sana-sini juga untuk pengguna tingkat lanjut. 

Saat anda mengklik ikon Brush, itu memberi label setiap brush secara default alih-alih anda menebak dengan melihat ikonnya. Anda akan melihat peningkatan serupa di tab Size di mana ukurannya tidak secara eksplisit diberi label dalam nilai piksel, bukan hanya representasi visual. Beberapa opsi seperti flip dan rotate juga telah dipisahkan. Ini adalah perangkat tambahan kecil tapi sangat berguna.

Tab di UI pita di bagian atas juga memiliki modifikasi perilaku yang agak menarik. Ini karena mereka juga bukan tab di Windows 11. File dan View keduanya adalah drop-down sekarang dan menunjukkan kepada anda opsi yang sama dengan tab Windows 10 saat anda mengarahkannya. 

Tab Beranda dari Windows 10 juga hilang karena ini adalah tampilan default, tidak ada tab untuk difilter di Windows 11, hanya kanvas, alat, dan menu drop-down. 

Tombol “Settings” di menu drop-down File secara aneh membuka apa yang tampak seperti kotak dialog “About Paint”, sehingga sepertinya pengembangan sedang berlangsung. 

Secara keseluruhan, perubahan Paint di Windows 11 cukup baik. Ikon baru menyegarkan untuk dilihat dan peningkatan aksesibilitas adalah perubahan yang disambut baik, terutama karena mereka tidak meninggalkan tanggung jawab pada pengguna untuk memahami apa arti ikon. Transisi dari menu tab ke menu drop-down memastikan bahwa anda memiliki semua opsi yang memungkinkan tepat di ujung jari anda. Ini telah membuat UI terlihat sangat bersih secara keseluruhan.

Leave a Reply

Send this to a friend