Yang Baru di Windows 11 Halaman Settings

Yang Baru di Windows 11: Halaman Settings

NESABAMEDIA.COMWindows 11 juga hadir dengan aplikasi Settings yang sepenuhnya didesain ulang yang menyumbang sebagian besar perubahan visual di OS baru ini. Aplikasi baru ini menampilkan desain yang diperbarui yang akan membantu pengguna menyesuaikan dan memodifikasi pengaturan sistem dengan lebih mudah.

Singkatnya, di aplikasi Settings Windows 11, Microsoft mengatur ulang dan menambahkan lebih banyak pengaturan, membuang beranda, memperbarui elemen visual untuk membuatnya sedikit lebih menyenangkan, dan memindahkan lebih banyak fitur dari Control Panel, yang berarti semakin sedikit pengalaman dari pengaturan versi lama yang jadul.

Aplikasi Settings yang baru mengikuti bahasa desain yang sama yang didorong Microsoft pada Windows 11 dengan sudut membulat, ikon warna-warni, dan lapisan dasar semi-transparan yang menggunakan material Mica. Elemen ini memungkinkan latar belakang terlihat tanpa mempengaruhi kinerja atau masa pakai baterai dan kembali ke warna solid saat aplikasi tidak dalam fokus.

Selain itu, struktur pengaturannya mirip dengan aplikasi untuk Windows 10, tetapi dalam versi baru ini, pengaturannya dikelompokkan secara berbeda, dan anda akan menemukan banyak opsi baru.

Saat Anda membuka aplikasi untuk pertama kalinya, anda masih memiliki panel navigasi kiri, tetapi tidak lagi memiliki beranda. Sebagai gantinya akan dibawa langsung ke bagian “Sistem”.

Yang cukup menarik, pengaturannya dikelompokkan dengan rapi menggunakan bagian “11”, dan ketika menavigasi di antara setiap bagian, anda akan melihat daftar halaman Settings di sebelah kanan, mirip dengan pengaturan pengaturan yang tersedia di Microsoft Edge. Berbeda dengan yang ada di  Windows 10, anda akan mengakses setiap bagian melalui beranda yang menyertakan halaman di sebelah kiri.

Saat menavigasi pengaturan di bagian atas, anda akan melihat breadcrumb baru yang memberi tahu di mana anda berada saat masuk jauh ke halaman. Anda juga dapat mengklik setiap breadcrumb itu untuk kembali antar halaman dengan cepat.

Halaman tersebut juga dapat menampilkan kontrol yang menyoroti fitur tertentu dan pengaturan yang sering digunakan yang dapat berubah saat anda mengubah konfigurasi sistem. Misalnya, halaman Sistem menyertakan ikon yang mewakili status desktop saat ini. Anda akan melihat nama komputer dan opsi untuk mengganti nama perangkat. Juga, di bagian paling kanan, anda akan menemukan status untuk Windows Update, OneDrive, dan Microsoft 365.

Tidak seperti versi aplikasi untuk Windows 10, Pengaturan baru memindahkan panel navigasi di kanan ke bawah halaman, dan tautan ke pengaturan terkait lainnya sekarang muncul sebagai tombol untuk mencocokkan desain gaya aplikasi, alih-alih menggunakan link yang membosankan.

Pada Windows 11, aplikasi Settings dapat merekomendasikan pengaturan berdasarkan konfigurasi anda saat ini juga. Misalnya, jika laptop anda dikonfigurasi untuk tidak pernah dalam mode tidur, sistem akan menyarankan untuk mengubah pengaturan agar perangkat dapat tidur untuk menghemat baterai.

Bagian dari halaman Settings yang mengalami perubahan cukup signifikan itu antara lain:

  • System
  • Bluetooth & Device
  • Network & Internet
  • Personalization
  • Application
  • Account
  • Time & Language
  • Accessibility
  • Privacy & Security
  • Windows Update

Leave a Reply

Send this to a friend