Yang Baru di Windows 11 Integrasi Aplikasi Calendar

Yang Baru di Windows 11: Integrasi Aplikasi Calendar

Sebelumnya nesabamedia.com telah banyak membahas mengenai sejumlah fitur baru di Windows 11 secara lebih dekat seperti File Explorer, Snap Layouts sampai dengan Taskbar. Untuk kali ini, yang dibahas secara lebih mendalam adalah integrasi aplikasi Calendar. 

Jika biasanya yang kita bahas adalah kemampuan secara spesifik sebuah fitur sebelum beralih ke Windows 11, namun kali ini cukup berbeda. Karena pada dasarnya tidak banyak perubahan baru yang dihadirkan aplikasi Calendar di sistem operasi baru Microsoft ini. Bahkan, justru kemampuannya terasa dipangkas. 

Jika dilihat secara sekilas, aplikasi Calendar di Windows 10 dan Windows 11 tidak terlalu banyak perbedaan. Bagian setelah fitur maupun antarmuka secara umum, hampir mirip satu sama lain. Perbedaannya sangat kecil, dan itu terletak pada desain ujung membulat yang selaras dengan tampilan Windows 11, tapi ya begitu saja, tidak ada yang wah. 

Meskipun tampilan desain ujung membulatnya begitu ditekankan, namun tetap ada ketidakkonsistenan yang dihadirkan. Contoh yang paling mencolok bahwa aplikasi ini memiliki antarmuka Settings atau pengaturan yang pada dasarnya diambil begitu saja dari Windows 10. Masih ada sudut tajam dan ruang kosong yang terbuang. 

Akan tetapi, perbedaan yang paling kontroversial adalah pada integrasinya. Faktanya adalah, flyout Calendar di Taskbar di Windows 10 terintegrasi dengan aplikasi Calendar dan akan menampilkan secara langsung agenda yang telah dicantumkan pengguna. Namun di Windows 11, Microsoft sepertinya merasa bahwa hal tersebut menyulitkan pengguna, sehingga mereka memutuskan untuk menghilangkan integrasi itu. 

Lebih anehnya lagi, Microsoft justru mengintegrasikan aplikasi Calendar di Windows 11 dengan Widgets. Langkah ini sejatinya telah mendapatkan protes keras dari ribuan pengguna di halaman Feedback Hub. Itu belum termasuk bug yang muncul dengan pesan error bertuliskan, “Maaf, beberapa event dari akun ini tidak bisa ditampilkan.”

Mengklik tombol Learn More yang tersedia di bagian bawah, akan mengarahkan pengguna ke halaman FAQ Microsoft, dan muncul pesan :

“Jika anda membuat akun Microsoft menggunakan alamat email yang bukan berasal dari Microsoft, maka alamat email tersebut tidak bisa digunakan untuk menampilkan event di kalender. Untuk melihat event di kalender menggunakan Widgets, anda harus membuat akun Outlook.com, sehingga anda bisa menggunakan alamat email itu dengan Widgets.”

Jadi secara keseluruhan, integrasi aplikasi Calender di Windows 11 adalah sebuah kekecewaan besar. Terlebih, keputusan Microsoft yang mencoba memaksa pengguna untuk menggunakan akun Outlook.com agar bisa menggunakan fungsi integrasi aplikasi Calendar secara penuh.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend