Zoom Live Stream Youtube di Ponsel Android

Zoom Kini Mendukung Live Stream ke Channel Youtube

NESABAMEDIA.COMBerkat wabah pandemi Covid-19, aplikasi video conference Zoom menjadi populer dan banyak digunakan oleh kalangan pengusaha, maupun pelajar. Pada versi terbarunya untuk perangkat Android, Zoom kini mendukung layanan live stream ke Youtube, namun dengan sejumlah pengaturan.

Zoom untuk Android dengan versi terbaru 5.4.0.434 telah dirilis melalui Google Play Store dengan sejumlah pembaruan fitur. Fitur flashlight yang ada di perangkat pengguna, kini bisa digunakan ketika aplikasi Zoom berjalan. Kemudian ada juga peningkatan fitur enkripsi end-to-end.

Namun pembaruan fitur yang paling menarik bagi para pengguna adalah kemampuan Zoom untuk bisa melakukan live stream ke Youtube. Begitu juga dengan fitur livestream yang ada di Youtube, telah terintegrasi untuk aplikasi Zoom. 

Di perangkat Android, fitur ini bisa ditemukan di bagian bawah pengaturan meeting, yang bernama Live Stream to Youtube. Ketika diklik opsi tersebut, maka pengguna akan diarahkan ke halaman portal yang meminta pengguna login ke akun Youtube dan pengaturan livestream-nya. 

"Tampilan

Beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum menggunakan fitur live stream Zoom ke Youtube tersebut adalah, akun Youtube pengguna harus sudah mendukung untuk melakukan live stream. Jika tidak, pengguna malah akan diarahkan ke sebuah halaman yang menuliskan pesan bahwa fitur tersebut sedang terblokir dan tidak dapat digunakan.

Selain itu, pengguna juga harus mengaktifkan fitur Youtube Live Stream yang ada di aplikasi Zoom mereka. Jika belum diaktifkan, maka opsi untuk melakukan live stream itu tidak akan muncul. Untuk mengaktifkannya bisa dilakukan dengan mengakses halaman pengaturan dan kemudian menekan tombol On pada opsi “Allow live streaming meeting.” 

Tak hanya fitur live stream saja, pengguna kini jadi lebih mudah untuk bisa mendapatkan gambar dirinya terlihat lebih terang dan bersih dengan bantuan flashlight yang ada di perangkat Android mereka. 

Sebelumnya, ketika pengguna menyalakan flashlight (senter) di perangkat mereka, dan kemudian membuka aplikasi Zoom, maka flashlight akan secara otomatis mati. Pembaruan ini sangat dibutuhkan oleh pengguna yang sedang melakukan panggilan video, namun gambar wajah mereka tidak terlihat karena kondisi ruangan yang kurang cahaya. 

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend