8 Cara Mengamankan Akun Gmail Anda Agar Tidak Mudah Dibobol Orang Lain

Hampir setiap orang sudah pasti memiliki email guna mengirimkan file, mengumpulkan tugas sekolah, untuk daftar akun sosial media dan lain sebagainya. Email memang memiliki manfaat yang banyak sekali, namun sayang, jarang sekali orang-orang menjaga akun email mereka.

Mereka sering meremehkan keamanan akun mereka padahal mereka tahu bahwa email yang mereka terdapat aset penting seperti pesan, file dan lain sebagainya.Saat ini banyak sekali layanan email gratis yang tersebar di jagat internet. Meskipun begitu, Google mail atau yang sering disingkat gmail menjadi primadona para pengguna internet.

Cara Mengamankan Akun Gmail

Nah, dalam artikel berikut ini, saya akan menjelaskan sedetail mungkin mengenai cara mengamankan akun gmail anda agar tidak mudah dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Bagaimana caranya? Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini:

1. Gunakan password yang kuat dan sulit ditebak

password yang aman

Jangan pernah menggunakan nama dan tanggal lahir anda sebagai password karena sangat mudah ditebak. Gunakan kombinasi huruf dan angka, kalau bisa dengan simbol juga (opsional). Pastikan password yang anda buat sulit ditebak tetapi mudah diingat. Jangan sampai anda membuat password yang sangat rumit tapi anda sendiri tidak hafal dengan passwordnya. Misalkan anda ingin mengganti password gmail anda, anda bisa membaca tutorial saya sebelumnya yakni mengenai cara mengganti password gmail dengan mudah.

2. Tambahkan nomor ponsel

Menambahkan nomor ponsel pada akun anda sangat penting. Misalkan dikemudian hari anda lupa password gmail anda, anda bisa meresetnya ulang melalui nomer ponsel anda. Pastikan juga anda memasukkan nomer ponsel yang aktif dan milik anda sendiri, bukan milik orang lain. Silakan baca tutorial berikut ini untuk menambahkan nomor ponsel pada akun anda.

3. Aktifkan verifikasi 2 langkah

Verifikasi 2 langkah merupakan fitur tambahan yang diberikan google guna melindungi akun penggunanya. Cara kerja fitur ini hampir sama dengan token PIN untuk transaksi internet banking.

Biasanya ketika anda login cukup memasukkan alamat email dan password, bukan? Nah jika anda mengaktifkan fitur ini, ketika anda memasukkan alamat email dan password anda, google perlu melakukan verifikasi terlebih dahulu dengan mengirimkan kode melalui SMS (paling umum) atau melalui panggilan telepon. Lebih jelasnya untuk mengaktifkan fitur ini, anda bisa membaca tutorialnya disini.

4. Jangan beritahu siapapun mengenai password email anda

Jangan beritahu siapapun

Yang keempat adalah, jangan pernah memberitahu password gmail anda kepada siapapun. Password itu sifatnya sensitif dan menurut saya pribadi, password termasuk dalam privasi penggunanya.

Misalkan anda memberitahu password gmail anda kepada si A dan dikemudian hari akun gmail anda dibobol, anda mau menyalahkan siapa? Si A? Belum tentu dia yang melakukannya. Daripada terjadi hal yang runyam dikemudian hari, lebih baik jangan beritahu password gmail anda kepada siapapun. Anda tidak mau kan file dan email penting pada akun anda jadi taruhannya?

5. Jangan lupa logout

Kelalaian seperti ini yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Usai mereka login di akun gmail mereka, jarang sekali mereka logout. Kalau anda melakukannya di laptop atau PC anda sendiri masih mending (meskipun tetap beresiko), lah kalau anda melakukan hal ini di warnet atau laptop teman anda, bisa runyam urusannya.

Jadi setelah anda selesai menggunakan akun gmail anda, segera logout (meskipun di laptop atau PC anda sendiri) guna meminimalisir hal yang tidak diinginkan.

6. Jangan simpan password anda di browser

Ketika anda login, entah itu login gmail, facebook, twitter dan situs sejenisnya, anda pasti sering mendapat notifikasi dari browser yang menanyakan, apakah anda ingin menyimpan password anda atau tidak. Dan bahayanya, siapapun (bahkan untuk orang awam pun) bisa melihat password anda yang tersimpan di browser. Kurang lebih tampilannya seperti gambar dibawah:

save password pada browser

Misalkan anda memilih Save, secara otomatis password gmail anda akan tersimpan di browser. Tidak percaya? Begini cara melihat password yang tersimpan di browser:

1. Disini saya mencontohkannya dengan menggunakan browser Mozilla Firefox. Saya angap anda sudah memilih Save seperti pada gambar diatas. Setelah itu, klik ikon menu kemudian pilih Options.

pilih Options pada menu

2. Selanjutnya pilih Saved Logins.

pilih Save Logins untuk melihat password gmail di browser

3. Pilih Show Passwords kemudian pilih Yes.

pilig show passwords

4. Anda bisa melihatnya sendiri, password yang anda masukkan tersimpan dan bisa dilihat dengan jelas beserta username / emailnya.

password terlihat dengan jelas

Seperti yang anda lihat, kelalaian menyimpan password di browser bisa menjadi hal yang berbahaya. Hanya dengan cara yang saya jelaskan diatas, orang awam pun bahkan bisa melihat password gmail anda yang tersimpan di browser. Maka dari itu, jangan pernah anda menyimpan password anda di browser.

7. Hati-hati dengan halaman phising

Apa itu phising? Phising merupakan suatu metode yang digunakan oleh hacker untuk mencuri data korbannya (password, username, email dll) dengan memanfaatkan halaman login palsu yang 100% hampir mirip dengan halaman aslinya.

Biasanya hacker menggunakan alamat url yang juga hampir mirip dengan aslinya, misal fezbuuuk.com (meniru facebook.com). Coba perhatikan gambar dibawah ini:

contoh fake login facebook

Sekilas halaman tersebut 100% mirip dengan halaman login facebook. Tapi coba perhatikan urlnya (yang saya garis bawahi). Alamat url tersebut bukan url asli facebook (facebook.com), jadi misalkan anda memasukkan email dan password anda disitu, secara otomatis email dan password anda akan dikirim ke database situs phising tersebut, dan yaa ucapkan selamat tinggal pada akun facebook anda.

Maka dari itu, anda perlu berhati-hati mengklik link apapun yang anda temukan di email, grup FB / BBM/ WA dan lain sebagainya (apalagi jika anda diarahkan pada halaman login). Jadi, anda harus memastikan itu bukan phising dengan melihat alamat URLnya terlebih dahulu.

8. Menghapus data browsing

Menghapus data browsing juga perlu anda lakukan untuk mengamankan akun gmail anda (bukan untuk akun gmail saja). Jadi semua data browsing yang meliputi riwayat browsing anda, riwayat download, password yang tersimpan, cache dan cookies dan lain sebagainya akan terhapus semua.

Untuk caranya cukup dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Del kemudian pilih Everything (untuk pengguna Mozilla) dan pilih the beginning of time (untuk pengguna Google Chrome). Setelah itu centang semuanya dan pilih Clear Now / Clear Browsing Data.

Clear browsing data di Mozilla Firefox

clear browsing data Google Chrome

Clear browsing data di Google Chrome

Mungkin ada yang kurang?

Jika anda ada tips lain yang belum saya tambahkan, anda bisa menyampaikannya melalui kotak komentar dibawah. Kalau memang penting dan bermanfaat, saya akan menambahkannya ke dalam artikel.

Baiklah, itulah cara mengamankan akun gmail anda agar tidak mudah dibobol dan disalahgunakan oleh orang lain. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman dan kerabat anda agar mereka juga tahu pentingnya menjaga akun gmail mereka. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi pada artikel berikutnya!

Ada pertanyaan atau komentar?