Kenali Pengertian Chipset, Fungsi dan Cara Kerja Chipset dalam Komputer Secara Lebih Dalam

Sekarang ini, komputer sudah menjadi perangkat elektronik yang banyak digunakan untuk membantu diberbagai sektor kehidupan. Namun, pernahkah Anda memeriksa komponen apa saja yang terdapat dalam suatu perangkat komputer ? Komputer merupakan kumpulan alat-alat elektronik yang dapat melaksanakan serangkaian instruksi yang diberikan. Motherboard menjadi salah satu komponen utama yang terdapat dalam sebuah komputer.

Motherboard ini sendiri merupakan perangkat keras dalam komputer yang memiliki bentuk seperti papan PCB (Printed Circuit Board) yang menjadi komponen induk, dimana seluruh perangkat baik input ataupun output akan saling terhubung ke motherboard. Dalam motherboard itu juga terdapat banyak komponen yang dapat terhubung karena adanya chipset. Tahukah Anda apa itu chipset ? Fungsinya ? dan Cara kerja dari chipset ?

Dengan adanya chipset, maka seluruh komponen yang terdapat dalam motherboard dapat saling terhubung. Apabila chipset itu rusak, maka kemungkinan besar perangkat komputer lainnya tidak dapat bekerja. Chipset dapat dikatakan juga sebagai jembatan. Bayangkan saja, jika tidak ada jembatan maka komponen satu dengan yang lainnya tidak akan terhubung.

Dalam artikel kali ini, akan dijelaskan mengenai pengertian chipset, fungsinya dan cara kerja dari chipset. Dengan begitu, artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda mengenai seluk beluk chipset. Langsung saja ke pembahasan pertama, yaitu pengertian dari chipset.

Pengertian Chipset

pengertian chipset adalah

Sebelum mengetahui apa sebenarnya fungsi dari chipset, Anda harus mengetahui pengertian dari chipset terlebih dahulu. Secara fisik, chipset berarti sekumpulan chip-chip atau biasa disebut dengan IC (Integrated Circuit). Chip-chip ini dirancang dengan fungsi-fungsi tertentu agar dapat saling bekerjasama satu dengan yang lain.

Dalam sistem komputer, chipset biasanya terdapat pada beberapa perangkat, seperti motherboard dan kartu-kartu ekspansi seperti VGA Card. Keberadaan chipset ini layaknya “polisi lalu lintas” yang ditugaskan untuk mengarahkan aliran data dalam sebuah komputer dan menentukan perangkat apa saja yang sesuai dengan komputer tersebut. Misalnya saja, chipset yang dapat mengarahkan data yang berasal dari CPU (processor) menuju perangkat seperti RAM atau kartu VGA.

Fungsi Chipset

fungsi chipset adalah

Pada dasarnya, chipset pada komputer berfungsi sebagai pengatur lalu lintas aliran data dalam sebuah komputer. Misalkan saja, ketika Anda menyalakan komputer, maka perangkat yang pertama kali menyala adalah Processor. Disaat itulah processor mulai bekerja. Kemudian Harddisk melakukan proses loading sistem operasi, dilanjutkan proses booting yang membutuhkan kapasitas RAM. Semua proses tersebut diatur oleh chipset, dimana chipset akan mengatur setiap aliran data mulai dari processor, harddisk, RAM serta perangkat lainnya, sehingga komputer dapat bekerja dengan baik. Chipset juga dapat menentukan kecepatan dari front-side bus, bus memory dan bus grafis, serta kapasitas dan tipe memori yang di dukung oleh motherboard.

Selain, itu, chipset yang terletak pada kartu VGA dan motherboard memiliki fungsi yang berbeda. Chipset pada motherboard berfungsi sebagai pengontrol proses rendering dalam grafik 3 dimensi dan menghasilkan output berupa gambar pada monitor. Sedangkan pada motherboard, chipset berfungsi untuk mengontrol proses input dan output pada komputer.

Macam-macam Chipset dalam Komputer

Secara umum, chipset pada komputer terdiri dari dua jenis, yaitu chipset northbridge dan chipset southbridge. Untuk lebih detailnya, perhatikan penjelasan mengenai kedua chipset dibawah ini.

1. Chipset Northbridge

Chipset ini merupakan jenis chipset yang memiliki tugas penting dalam komputer. Tugas-tugas tersebut adalah menghubungkan processor dengan sistem memori dan graphic controller (AGP dan PCI Express) melalui bus yang berkecepatan tinggi dan juga ke southbridge. Chipset jenis ini juga memiliki nama lain, yakni MCH (Memory Controller Hub).  Chipset northbridge ini terletak lebih dekat dengan processor.

2. Chipset Southbridge

Jenis chipset selanjutnya, southbridge merupakan chipset yang berhubungan dengan peripheral melalui jalur penghubung. Tugas utama dari chipset ini adalah mengontrol bus IDE, USB, dukungan PnP (Plug and Play), penghubung antara PCI dan ISA, mengontrol keyboard dan mouse serta sebagai fitur power management pada perangkat lain. Sehingga apabila komputer mengalami masalah pada power management, kemungkinan chipset ini juga mengalami kerusakan.

Bagaimana Cara Kerja Chipset ?

pengertian chipset dan cara kerja chipset

Dalam sebuah komputer, chipset menjadi komponen yang menjadikan perangkat komputer lainnya dapat bekerja dengan baik. Biasanya terdapat dua jenis chipset dalam komputer, yaitu chipset northbridge dan southbridge. Sesuai dengan namanya kedua jenis chipset ini memiliki karakter dan perannya masing-masing.

Dinamakan chipset northbridge dikarenakan letaknya dibagian utara sebagai perantara perangkat yang akan dihubungkan. Northbridge memiliki peran khusus dalam sistem motherboard, dimana northbridge bertugas untuk mengendalaikan komunikasi yang terjadi antara Processor, RAM, AGP dan PCI Express dan southbridge.

Sedangkan chipset southbridge terletak dibagian selatan sebagai perantara perangkat yang terhubung. Peranan southbridge dalam komputer adalah menangani semua fungsi I/O, seperti USB, audio, serial, sistem BIOS, bus ISA, dan menjadi pengendali interupsi.

Kedua jenis chipset ini dirancang agar dapat bekerja sama dalam mengontrol perangkat lainnya dalam sebuah komputer. Biasanya, CPU akan dihubungkan dengan chipset melalui fast bridge atau jalur penghubung cepat yang akan langsung terhubung dengan chipset bagian atas. Atau dikenal dengan chipset northbridge. Kemudian northbridge akan dihubungkan dengan bagian bawah chipset melalui slow bridge atau jalur penghubung yang lebih lambat. Unit chipset itu disebut juga dengan chipset southbridge.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian chipset, fungsinya dan bagaimana chipset bekerja dalam sebuah komputer. Dengan begitu artikel diatas dapat menambah wawasan Anda mengenai komponen yang memiliki fungsi dan peran penting dalam perangkat komputer yang Anda miliki.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend