20 Komponen Komputer Lengkap Beserta Contoh & Fungsinya, Sudah Tahu Belum?

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia teknisi, mungkin sudah mengetahui setiap komponen yang terdapat dalam komputer. Namun, bagi orang awam hanya memahami sebagian dari komponen komputer bagian luar saja. Padahal, jika Anda memperhatikan bagian dalam komputer begitu banyaknya peralatan didalamnya yang memiliki fungsi dan tugas masing-masing.

Komputer itu dapat diartikan sebagai sekumpulan peralatan elektronik yang saling bekerja sama untuk melakukan tugas, seperti menerima data (inputan), mengolah data (proses) dan menghasilkan informasi (output). Dari pengertian tersebut, Anda dapat memahami bahwa komputer bukanlah tercipta dari satu peralatan saja, melainkan banyak alat untuk mendukung kinerja dari sebuah komputer.

Pada umumnya, komponen pada komputer dikategorikan kedalam 4 bagian, yaitu komponen input (input device), komponen proses (processing device), komponen keluaran (output device) dan komponen tambahan, seperti penyimpanan (storage device).

Suatu komputer akan dapat menjalankan tugas dengan baik dan benar, apabila setiap komponen tersebut dirakit atau disatukan dengan semestinya sehingga setiap komponen yang satu saling berhubungan dengan komponen lainnya. Lantas, apakah Anda mengetahui peralatan yang termasuk kedalam kategori input? Proses? atau output?

Komponen – Komponen Komputer

Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan dibahas dan dijelaskan mengenai 20 jenis komponen yang terdapat dalam komputer beserta dengan kegunaannya masing-masing. Untuk mengetahuinya, simak pembahasannya dibawah ini.

1. Motherboard

komponen komputer

Secara sederhana, motherboard atau biasa disebut dengan Mainboard, Baseboard adalah Papan Sirkuit Cetak (Printed Circuit Board – PCB). Papan ini menjadi salah satu komponen terpenting dalam sebuah komputer. Sebab, dengan adanya motherboard setiap komponen utama dalam komputer dapat berhubungan dengan komponen lainnya. Motherboard inilah yang menampung seluruh komponen yang memiliki peran penting dalam sistem, seperti CPU, slot RAM, VGA Port, USB Port dan lainnya.

Mengenai fungsinya, Motherboard memiliki fungsi untuk menyediakan akses bagi setiap komponen dalam melakukan komunikasi satu dengan yang lain. Selain itu, motherboard juga berfungsi untuk meningkatkan fleksibilitas dari komputer itu sendiri. Anda dapat menghubungkan beberapa perangkat tambahan, seperti joystick dengan bantuan motherboard.

2. Processor (CPU)

CPU

CPU (Central Processing Unit) adalah salah satu jenis perangkat keras dari komputer yang digunakan untuk menangani instruksi yang diberikan. CPU sering juga dikatakan sebagai Processor yang merupakan otak dari sebuah komputer. Sebab, CPU yang mengatur segala aktivitas dan jalannya program yang terdapat dalam komputer.

Misalkan saja, ketika Anda menekan Alt+F4 maka otomatis akan menutup program yang sedang Anda buka. Yang mengatur instruksi tersebut adalah CPU. Sebagai komponen utama, CPU memiliki fungsi penting yang harus Anda ketahui, yaitu menerima instruksi yang diberikan, mengolah instruksi, dan kemudian mengeksekusi instruksi tersebut.

Biasanya, ketika membeli komputer hal yang pertama kali Anda lihat adalah spesifikasi komputer itu. Sebagai contoh, Processor 32-bit jelas berbeda dengan processor 64-bit. Maksudnya, komputer yang memiliki processor 64-bit dapat bekerja jauh lebih baik dibandingkan dengan 32-bit. Dengan begitu, Anda harus lebih teliti lagi dalam menentukan spesifikasi CPU agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Heatsink

komponen komputer untuk sirkulasi udara

Heatsink atau PC Cooler merupakan salah satu perangkat keras yang memiliki bentuk fisik seperti kipas yang terbuat dari tembaga dan aluminium. Bukan tanpa sebab heatsink didesain pada setiap komputer atau PC. Dimana tujuan utama dari heatsink sama dengan kipas yang Anda kenal, yaitu memberikan suhu dingin pada processor agar kinerja dari processor tetap stabil dan suhu panas yang dimiliki processor dapat dibuang melalui heatsink ini.

Walaupun demikian, kini banyak jenis heatsink yang beredar di pasaran. Setiap pabrik mendesain heatsink dengan bentuk fisik yang berbeda-beda, namun fungsinya tetap sama. Secara umum, heatsink bekerja dengan cara menerima panas yang dihasilkan oleh processor, kemudian panas tersebut menyebar keseluruh bagian heatsink hingga berkumpul ke bagian inti heatsink. Maka fan yang terdapat dalam heatsink itulah yang membuang suhu panas tersebut.

4. RAM

RAM

RAM (Random Access Memory) adalah salah satu jenis perangkat keras komputer yang digunakan sebagai media penyimpanan. Namun, berbeda dengan Hard Disk yang juga digunakan sebagai media penyimpanan. Sesuai dengan namanya, Random yang berarti acak. Maksudnya, RAM memang digunakan sebagai media penyimpanan, namun penyimpanan yang sementara dan hanya dapat diakses ketika komputer dinyalakan dan acak.

Ketika terjadi instruksi oleh processor, maka RAM yang berfungsi untuk menyimpan data dari instruksi itu. Jadi, RAM akan berfungsi apabila komputer masih dalam keadaan menyala, jika telah dimatikan maka instruksi tersebut akan hilang dari RAM.

Bentuk umum RAM yang terdapat dalam sebuah komputer adalah chip. Chip tersebut dapat Anda tambahkan jika terdapat slot RAM dalam motherboard tersebut. Semakin besar spesifikasi RAM yang terdapat dalam komputer Anda, maka semakin cepat juga kinerja dari komputer itu. Sebab, untuk mengambil data yang tersimpan, dengan RAM yang tinggi maka akan mempercepat proses loading data dan program yang akan diakses. Kini, spesifikasi RAM yang umum digunakan adalah RAM DDR 3. Walaupun sebenarnya telah ada RAM DDR4, namun masih jarang ditemukan.

5. Hard Disk

komponen komputer untuk menyimpan data

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa Hard Disk (HDD) merupakan salah satu perangkat keras komputer yang juga digunakan sebagai media penyimpanan. Umumnya, di dalam Hard Disk terdapat piringan, dimana piringan itulah yang memiliki peran untuk menyimpan data secara permanen. Ketika Anda mematikan komputer, data yang telah Anda simpan sebelumnya akan dapat diakses ketika Anda telah menyalakan komputer. Kecuali, jika Anda menghapus data tersebut secara manual atau terkena virus.

Jauh berbeda dengan RAM yang hanya dapat menyimpan data atau instruksi selama komputer masih menyala, dengan Hard Disk maka Anda dapat menyimpan data, seperti program, dokumen, gambar, audio atau video secara permanen dalam komputer Anda. Dengan RAM, Anda tidak perlu takut kehilangan data, karena Hard Disk memiliki kemampuan untuk dilakukan backup, yaitu mengembalikan data yang hilang.

Jika Anda pernah mendengar istilah partisi, maka Hard Disk yang dapat dipartisi. Pengertian partisi disini adalah Anda dapat membagi penyimpanan yang dimiliki Hard Disk kedalam beberapa bagian yang dikehendaki. Biasanya, Hard Disk dipartisi menjadi 2 bagian, yaitu sebagai penyimpanan data-data pribadi dan penyimpanan data operating system.

6. VGA Card (GPU)

VGA card

VGA Card (Virtual Graphic Array) merupakan suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengolah dan menerjemah output ke dalam monitor. VGA Card sering juga dikatakan sebagai Video Graphic Adapter. Kehadiran VGA Card dalam sebuah komputer tidaklah memberikan pengaruh yang besar seperti komponen vital komputer lainnya. Penggunaan VGA lebih mengarah kepada hal yang berhubungan dengan grafis, seperti desain 3D ataupun gaming.

Fungsi utama dari VGA Card adalah mengubah sinyal digital yang dihasilkan oleh komputer menjadi tampilan grafik melalui monitor. Dengan begitu, komputer yang tidak memiliki VGA, biasanya tampilan layar menjadi kurang bagus dan tidak menarik. Kini, telah banyak perusahaan yang menghasilkan VGA Card, diantaranya NVidia, 3DFX, S3, ATi Matrox, SiS, Cirrus Logic, Tseng, Trident dan sebagainya.

7. Flashdisk

Flashdisk

Flashdisk atau sering juga disebut USB Drive adalah suatu media penyimpanan dalam komputer. Penyimpanan data tersebut bersifat non-volatile, yaitu data tidak akan hilang walaupun tidak terdapat aliran listrik di dalamnya. Selama data tersebut tidak dihapus, maka data tersebut akan tetap ada tanpa aliran listrik. Flashdisk dapat terhubung ke komputer melalui port USB yang terletak dalam motherboard.

Mengenai bentuknya, flashdisk memiliki komponen lebih sederhana dibandingkan dengan media penyimpanan seperti Hard Disk. Flashdisk menjadi alternatif sebagai pengganti hardisk untuk menyimpan data pribadi dan mudah untuk dibawa kemana-mana karena ukurannya yang kecil.

Awalnya, flashdisk memiliki ukuran kapasitas sebesar 512 MB. Namun seiring berkembangnya teknologi, kapasitas flashdisk terus dikembangkan, mulai dari 1 GB, 2 GB, 3 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB, 32 GB dan seterusnya. Selain itu, kini flashdisk banyak digunakan orang karena harganya yang terjangkau dibandingkan dengan membeli hard disk.

8. Monitor

monitor

Monitor merupakan jenis perangkat keras (hardware) yang berperan sebagai komponen keluaran (output). Monitor sering juga disebut dengan layar komputer. Layar itu digunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data kedalam bentuk grafis. Perangkat ini memiliki peranan yang sangat penting. Sebab, tanpa adanya monitor maka perangkat komputer lainnya tidak dapat diamati secara langsung, kecuali dengan menggunakan perangkat output lainnya, seperti projector.

Beberapa jenis monitor yang terdapat selama perkembangannya, yaitu CRT (Cathode Ray Tube), LCD (Liquid Crystal Display), LED (Light Emitting Diode), dan monitor Plasma. Untuk jenis monitor yang umum digunakan saat ini adalah LCD dan CRT.

Jenis resolusi monitor dapat diketahui dari ukuran LCD dalam ukuran inchi. Misalnya, ukuran layar monitor 17-inchi dapat memiliki resolusi 1024 x 768. Selain jenis monitor dan resolusi layar, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas dari monitor, yaitu sebagai berikut :

  1. Dot Pit, menyatakan jarak antara dua pixel. Makin kecil jaraknya, maka kualitas keluaran yang ditampilkan akan semakin bagus dan warnanya yang tajam.
  2. Refresh Rate, menyatakan seberapa banyak monitor di-refresh dalam satuan detik. Makin cepat nilai refresh rate maka gambar yang ditampilkan akan semakin bagus.
  3. Convergence, menyatakan tingkat kejernihan dan ketajaman pixel.

9. Keyboard

keyboard

Keyboard adalah suatu perangkat keras pada komputer yang berperan sebagai komponen input, yaitu perangkat yang berfungsi sebagai alat untuk menginputkan data yang berupa huruf, angka atau simbol dan menyampaikannya ke CPU (Central Processing Unit) untuk diubah menjadi sinyal-sinyal digital yang dipahami oleh Processor.

Seiring berkembangnya teknologi komputer juga mempengaruhi perkembangan keyboard. Saat ini, keyboard sudah menggunakan format standar QWERTY, yang sudah diakui sebagai standar Internasional. Secara fisiknya, keyboard terdiri dari papan ketik yang memiliki berbagai macam tombol, dimana tombol tersebut dilengkapi dengan fungsinya masing-masing sehingga dapat mengolah proses yang dibutuhkan pengguna.

Secara umum, keyboard QWERTY mempunyai tombol atau papan ketik sebanyak 101 buah dengan susunan sebagai berikut :

  1. Alphanumeric Key : Tombol ketik yang berisi huruf, angka dan tanda baca, dimana susunan yang digunakan saat ini adalah standar QWERTY.
  2. Numeric Keypad : Merupakan bagian khusus pada keyboard yang berisi angka yang digunakan untuk melakukan operasi perhitungan.
  3. Function Key : Tombol ketik ini digunakan untuk menjalankan perintah khusus yang berhubungan dengan sistem operasi maupun program dalam komputer.
  4. Control Key : Tombol yang menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar, seperti Home, End, Delete, Insert, Page up dan lainnya.

10. Mouse

mouse

Mouse adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai komponen inputan, yaitu menerima inputan yang diberikan oleh pengguna. Dinamakan mouse, dikarenakan bentuk fisiknya menyerupai seekor tikus, dengan kabel yang dapat dihubungkan dengan komputer yang menyediakan port didalamnya.

Jika diperhatikan, mouse dilengkapi dengan berbagai tombol datar, seperti klik kanan yang berfungsi untuk membuat menu Options, klik kiri yang berfungsi untuk memilih menu; apabila diklik dua kali dapat berfungsi untuk membuka aplikasi atau program dalam komputer, tombol scroll yang dilengkapi dengan sensor untuk menaikkan atau menurunkan kursor.

Terdapat beberapa jenis mouse yang beredar dipasaran berdasarkan pendeteksiannya, yaitu : mechanical mouse, optomechanical mouse dan optical mouse. Dibalik keberhasilan mouse saat ini, ada tokoh yang berhasil menemukannya yaitu Douglas Engelbart.

11. Optical Drive

optical drive

Apakah Anda mengenal CD atau DVD ? Kedua alat tersebut merupakan jenis media penyimpanan yang termasuk kedalam perangkat keras jenis Optical Drive. Dengan begitu, optical drive adalah perangkat keras yang memiliki fungsi yang sama dengan hard disk atau flashdisk, yaitu sebagai media penyimpanan. Terdapat beberapa jenis optical drive, yaitu :

  1. CD-ROM (Compact Disk – Read Only Memory) : merupakan suatu alat dapat digunakan sebatas membaca CD
  2. CD-RW (Compact Disk – Rewritable) : merupakan alat yang dapat melakukan dua fungsi, yaitu membaca CD dan menulis CD
  3. DVD ROM (Digital Video Disk – Read Only Memory) : merupakan alat yang dapat membaca CD dan DVD
  4. DVD Combo : merupakan alat yang selain dapat membaca CD dan DVD juga dapat menulis CD, namun tidak dapat menulis DVD
  5. DVD RW : merupakan alat yang memiliki fungsi komplit, yaitu selain dapat membaca keping CD dan DVD juga mampu untuk menyimpan atau menulis keping CD dan DVD.

12. SSD

SSD

SSD merupakan singkatan dari Solid State Drive atau Solid State Disk, yaitu perangkat untuk menyimpan data dengan menggunakan serangkaian IC (Integrated Circuit) yang berperan sebagai memori untuk menyimpan data secara persisten.

Pada umumnya, SSD memiliki fungsi yang sama dengan Hard disk. Namun, SSD merupakan sebuah inovasi dalam penyimpanan data. Dengan SSD, data disimpan pada chip-chip memory flash berbasis NAND yang terhubung satu sama lain. Chip tersebut memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan flash disk.

Kalau dahulu Anda mengenal floppy disk, kini posisinya telah tergeser dengan adanya hard disk. Begitu juga dengan hard disk yang harus tergeser dengan adanya SSD. Walaupun begitu, SSD belum banyak diketahui oleh pengguna komputer. Sebab, harganya yang begitu tinggi dan cukup fantastis.

13. Power Supply

komponen komputer untuk kebutuhan daya

Pernahkah Anda memperhatikan ketika sumber listrik padam, namun komputer masih tetap menyala ? Itu karena adanya perangkat yang disebut dengan power supply. Power supply merupakan suatu perangkat keras yang memiliki fungsi untuk mensuplai daya/tegangan ke dalam komponen komputer. Daya tersebut disuplai menuju motherboard, harddisk, heatsink dan lainnya.

Mengenai fungsinya, power supply bertujuan untuk mengubah tegangan arus AC menjadi DC. Saat ini, ada beberapa jenis power supply, yaitu :

  1. Power supply AT
    Power supply jenis ini memiliki bentuk dimana kabel power yang akan dihubungkan ke motherboard terpisah menjadi dua konektor, yaitu konektor P8 dan konektor P9. Dengan demikian, pada saat pemasangan diperlukan ketelitian agar tidak terjadi kesalahan dalam pemasangannya.
  2. Power Supply ATX
    Jenis power supply ini memiliki kabel dengan jumlah 20 pin yang telah disusun menjadi satu kesatuan untuk dihubungkan ke motherboard. Sangat jarang terjadi kesalahan dalam pemasangan jenis power supply ini.

14. LAN Card

LAN Card

LAN Card sering disebut dengan NIC (Network Interface Card), Ethernet Card atau kartu jaringan. Perangkat ini digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dengan jaringan, terutama dalam area LAN. Misalnya, jaringan komputer pada suatu gedung, satu rumah , satu kantor dan lainnya. Biasanya, LAN Card dipasang pada slot PCI yang terdapat di motherboard.

Pada umumnya, terdapat dua jenis NIC, yaitu NIC yang bersifat fisik dan logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah Token Ring, NIC Ethernet dan sebagainya. Sedangkan contoh NIC yang bersifat logis adalah Loopback Adapter dan Dial-up Adapter.

Pada setiap NIC telah diberikan nomor alamat yang dikenal dengan sebutan MAC Address yang bersifat statis. Maksudnya dapat diubah oleh penggunanya. Saat ini, seiring dengan berkembangnya teknologi LAN card memiliki dua jenis utama, yaitu LAN Card Kabel dan LAN Card Wireless.

15. WLAN Card

WLAN card

WLAN Card atau Wireless LAN Card atau biasa juga disebut WiFi Adapter merupakan perangkat komputer yang berhubungan dengan jaringan. Fungsinya sama seperti LAN Card, yaitu menghubungkan komputer dengan akses jaringan. Akan tetapi, dengan adanya WLAN lebih memudahkan Anda dalam melakukan koneksi jaringan tanpa harus membawa kabel kemana-mana hanya untuk menghubungkan dengan jaringan.

Wireless Card memungkinkan komputer terhubung ke jaringan tanpa menggunakan kabel. Cara kerja dari Wireless Card ini adalah wireless akan menerima sinyal yang berasal dari perangkat jaringan, seperti Access Point. Pada umumnya, komponen-komponen dalam WLAN adalah :

  1. Mobile atau Desktop PC, dimana untuk mobile PC dapat terpasang pada port PCMCIA, sedangkan untuk desktop PC melalui PCI Card atau USB.
  2. Access Point, perangkat yang dapat mengkonversi sinyal frekuensi radio (RF) menjadi sinyal digital melalui media kabel.
  3. WLAN Interface, peralatan yang dipasang di Mobile atau desktop PC dalam bentuk PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association), PCI Card maupun melalui port USB
  4. Antena, digunakan untuk memperkuat daya pancar.

16. Sound Card

Sound Card

Sesuai dengan namanya¸Sound Card berkaitan dengan kebutuhan audio dan suara dalam suatu komputer. Misalkan saja, ketika Anda mendengarkan suara yang berasal dari komputer menggunakan headset atau speaker, maka suara yang Anda dengar itu diolah Sound Card. Beberapa jenis sound card berdasarkan cara pemasangannya dalam komputer atau laptop, yaitu :

  1. Sound Card Onboard
    Pada umumnya, sound card ini terpasang langsung (menempel) pada motherboard komputer. Sound card jenis ini berupa chipset yang terpasang langsung dengan motherboard sehingga kinerjanya dipengaruhi oleh processor.
  2. Sound Card Offboard
    Sound Card offboard ini dipasang ke slot ISA atau PCI. Keunggulan dari sound card jenis ini adalah kualitas suara yang dihasilkan menjadi lebih bagus dibandingkan sound card onboard.
  3. Sound Card External
    Umumnya, sound card external ini dipasang ke komputer menggunakan port USB. Sound card jenis ini cocok digunakan untuk melakukan perekaman suara.

17. Printer

printer

Printer termasuk kedalam perangkat keras (hardware) yang berperan sebagai komponen output. Perangkat ini berfungsi untuk menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik itu kertas, gambar ataupun grafik.

Selain berfungsi untuk menampilkan cetakan dokumen, kini printer juga memiliki fungsi lain, seperti menggandakan dokumen, memindai dokumen serta berfungsi untuk mengirim data (fax). Dimana pada awalnya, printer hanya digunakan untuk mencetak dokumen yang menampilkan data yang berupa teks, gambar ataupun grafik dalam lembaran kertas.

Dengan kehadiran printer, maka dapat memudahkan orang yang memiliki keperluan untuk mencetak dokumen. Jenis-jenis printer yang banyak beredar di pasaran adalah printer dot matrix, printer ink jet dan printer laser jet.

18. Scanner

scanner

Scanner merupakan komponen inputan, yaitu alat yang digunakan sebagai pemindai atau menduplikat dokumen atau objek secara digital dan disimpan kedalam komputer. Scanner itu sendiri memiliki banyak jenis dan bentuk. Berikut mengenai beberapa bentuk scanner yang beredar di pasaran :

  1. Scanner Drum
    Sesuai dengan namanya, scanner drum ini berbentuk seperti drum atau tabung. Jenis scanner ini merupakan jenis scanner yang luar biasa. Sebab, resolusi gambar yang dihasilkan cukup tinggi, dimana resolusi mencapai 24000 ppi (pixel per inch). Terdapat beberapa keunggulan yang diperoleh dari scanner drum, yaitu dapat melakukan proses scan dokumen kuno, jumlah getaran yang dihasilkan sangat minim, dapat melakukan scanning pada dokumen yang berbentuk kertas yang besar
  2. Scanner Flatbed
    Disebut flatbed karena bentuk fisiknya yang datar, seperti tempat tidur. Inilah jenis scanner yang sering dijumpai di dunia scanning dokumen. Hal itu disebabkan karena ukurannya yang kecil dan kompatibel dengan beberapa ukuran kertas standar, seperti legal, letter hingga A3. Untuk melakukan pemindaian terhadap dokumen dengan menggunakan teknologi CCD (Charge Coupled Double).
  3. Film Scanner
    Jenis scanner ini digunakan untuk menyimpan foto dan video menggunakan teknologi negative. Namun sayangnya, jenis scanner ini sudah jarang digunakan. Dengan menggunakan film scanner dapat melakukan konversi dan mengubah objek yang disimpan dalam film negative menjadi bentuk digital.
  4. Roller Scanner
    Roller scanner merupakan jenis scanner yang memiliki fungsi yang sama dengan flatbed scanner, yaitu melakukan pemindaian pada sebuah dokumen atau gambar secara fisik berbentuk lembaran. Yang membedakannya dengan flatbed adalah metode yang digunakan. Jika flatbed menggunakan teknologi CCD dengan menjadi mata yang digerakkan untuk memindai dokumen, sedangkan roller menggunakan dokumen yang digerakkan.

19. Speaker

speaker

Speaker adalah suatu perangkat keras yang berperan sebagai komponen keluaran, dimana speaker dapat mengeluarkan output dari CPU yang berupa suara atau audio. Speaker dalam komputer terdiri dari bagian yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Berikut ini adalah bagian-bagian yang terdapat dalam speaker :

  1. Sekat rongga (conus)
    Komponen ini berfungsi untuk menghasilkan gelombang tekanan yang disebabkan oleh gerakan udara yang dapat menghasilkan suara.
  2. Membran
    Komponen ini berfungsi untuk menerima proses induksi yang berasal dari magnet, dimana proses tersebut menghasilkan bunyi yang berasal dari getaran yang dihasilkan.
  3. Magnet
    Komponen yang berfungsi sebagaimana magnet pada umumnya, yaitu menghasilkan medan magnet untuk melakukan proses induksi yang berasal dari membran tersebut
  4. Kumparan
    Komponen ini berfungsi untuk menyalurkan energi gerak menuju conus. Kumparan tersebut dapat bergerak disebabkan oleh perubahan yang terjadi pada medan magnet.
  5. Casing
    Bagian ini digunakan untuk melindungi seluruh komponen vital yang terdapat dalam speaker. Sudah begitu banyak model casing yang beredar dipasaran, misalnya berbahan kertas, plastik, logam atau bahan lainnya.

20. Webcam

webcam

Webcam atau disebut dengan Camera Web adalah istilah kamera yang dapat dihubungkan dengan komputer. Pada umumnya, fungsi webcam hampir sama dengan fungsi kamera pada umumnya, yaitu memudahkan Anda dalam mengolah pesan seperti chat melalui video secara real-time.

Webcam biasanya terdiri dari sebuah lensa yang dipasang dalam papan sirkuit yang dapat digunakan untuk menangkap sinyal gambar, casing (cover) dan kabel support. Sebuah webcam dilengkapi dengan software, dimana software ini berfungsi untuk mengambil gambar-gambar yang berasal dari kamera digital dalam interval waktu tertentu untuk dihubungkan melalui koneksi internet.

Sebuah webcam dirancang bukan untuk menyimpan gambar. Sebab, fungsi utama webcam disini hanyalah untuk merekam dan mengirimkan gambar yang ditangkap langsung oleh komponennya. Hingga kini, webcam masih dapat dijumpai di pasaran dengan harga yang bermacam-macam tergantung dengan fitur dan kemampuan dalam menangkap gambar.

Itulah beberapa jenis komponen komputer beserta fungsinya lengkap dengan gambarnya. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui setiap komponen yang terdapat dalam komputer Anda dan dapat memahami fungsinya dengan baik dan benar.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend