7 Sosok Penemu Komputer yang Paling Berpengaruh! (Beserta Biografi)

Dewasa ini, komputer bukan lagi menjadi barang mewah yang hanya dimiliki oleh kalangan tertentu. Sebab, hampir semua orang telah memiliki komputer. Lantas, tahukah Anda bahwa komputer telah ada sejak tahun 1830-an?

Komputer yang Anda kenal sekarang merupakan hasil dari evolusi penemuan manusia di masa lampau. Sekarang ini, komputer menjadi suatu perangkat yang sangat berpengaruh terhadap peradaban manusia. Bagaimana tidak, komputer telah memberikan banyak kemajuan di berbagai kehidupan manusia. Dahulu, komputer hanya diciptakan dengan kemampuan yang spesifik. Namun kini, komputer telah menjadi suatu perangkat yang multifungsi. Contohnya saja, kini Anda dapat melakukan berbagai transaksi dengan mudah dan cepat menggunakan komputer.

Namun, pernahkah Anda berpikir siapa saja para tokoh yang berhasil mengembangkan komputer menjadi perangkat yang dikenal sampai sekarang? Pada dasarnya, perkembangan komputer terbagi kedalam 5 generasi, dimana setiap generasi ditemukan pada tahun yang berbeda dan memiliki karakteristik yang berbeda dalam menciptakan komputer. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat membaca artikel mengenai sejarah komputer (yang sudah kami tulis sebelumnya).

Walaupun begitu, setiap generasi bukan terjadi tanpa adanya penemu. Salah satu penemu yang menjadi cikal bakal terciptanya komputer adalah Charles Babbage. Selain itu, masih terdapat beberapa tokoh yang berperan dalam proses perkembangan komputer. Dalam artikel kali ini akan dijelaskan mengenai sejarah singkat para tokoh yang termasuk kedalam daftar penemu komputer. Yuk, simak pembahasan mengenai sejarah singkat mereka dibawah ini.

1. Charles Babbage

Charles Babbage

Charles Babbage menjadi salah satu ilmuwan yang karyanya menjadi cikal bakal terciptanya perangkat yang disebut komputer. Charles yang lahir di London, Inggris pada 26 Desember 1792 merupakan anak dari Benjamin Babbage, seorang Banker.

Pada 1811, Charles memasuki Trinity College di Cambridge. Disana, ia telah memiliki kemampuan matematika yang lebih baik dibandingkan pengajarnya. Ketika di usia 20 Tahun, Ia bekerja sebagai ahli matematika di bidang kalkulus. Charles juga terpilih menjadi anggota “Royal Society”, yang merupakan organisasi sains dan akademis independen Inggris Raya. Disaat seperti inilah Charles memiliki ketertarikan pada mesin hitung hingga akhir hayatnya (18 Oktober 1871 di Inggris).

Charles terkenal sebagai matematikawan dari Inggris yang berhasil mengemukakan gagasan tentang komputer yang dapat diprogram. Salah satu karyanya yang terkenal adalah Mesin Penghitung (Difference Engine No.1) pada 1821 yang menjadi ikonik dalam sejarah perkembangan komputer dengan menciptakan kalkulator otomatis.

Ia mulai mengembangkan kembali mesin tersebut di 1832 dengan mengemukakan ide bahwa mesin itu bukan hanya dapat menyelesaikan satu jenis operasi saja, namun bermacam jenis operasi aritmatika sehingga mesin tersebut berganti nama menjadi Analytical Engine pada 1856. Hingga akhirnya, Charles dikenal sebagai Bapak Komputer.

2. Alan Turing

alan turing

Tokoh penemu komputer selanjutnya ialah Alan Turing. Alan Turing dikenal sebagai tokoh yang berperan dalam perkembangan komputer digital. Lahir dengan nama Alan Mathison Turing pada 23 Juni 1912 di Maida Vale, London. Ia merupakan anak dari kedua dari pasangan Julius Mathison Turing, seorang pegawai sipil di india dan Ethel Sara Stoney, yang merupakan anak dari pegawai kereta api.

Ketika berusia enam tahun, Alan Turing masuk ke sekolah tingkat dasar di St. Michael. Sejak saat itu, Ia sudah kelihatan jenius sehingga pemimpin sekolah merasa kagum atas kejeniusannya. Pada 1926, Alan Turing masuk di Sherborne School dan kemudian melanjutkan pendidikannya dengan berkuliah di Cambridge University dengan jurusan Matematika pada 1931.

Alan Turing mengemukakan ide tentang Turing Machine, yaitu sebuah mesin yang dapat menjalankan sekumpulan perintah sederhana. Itulah yang menjadi cikal bakal terciptanya komputer modern. Setelah lulus dari Cambridge University, Ia mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Princeton di Amerika Serikat hingga memperoleh gelar doktornya di tahun 1936.

Kemudian, Alan bekerja di Departemen Komunikasi Britania Raya. Disaat terjadinya Perang Dunia II (1939-1945), Ia diperintahkan untuk memecahkan informasi yang terdapat pada mesin enkripsi atau Enigma yang merupakan buatan Nazi Jerman. Ia berhasil memecahkan kode-kode tersebut dengan membuat mesin yang diberi nama “The Bombe” pada 1939. Ia meninggal pada 7 Juni 1954 di Woslow, Inggris dengan memakan apel yang mengandung racun sianida.

3. Howard Aiken

Howard Aiken salah satu penemu komputer

Howard Aiken adalah orang yang pertama kali menemukan sistem komputer. Ia lahir pada 8 Maret 1900 di Hoboken, New Jersey, Amerika Serikat. Ia merupakan anak tunggal dari pasangan Daniel H. Aiken dan Margareth Emily Mierisch-Aiken, yang merupakan keturunan imigran Jerman. Ia tumbuh di lingkungan Indianapolis dan disekolahkan di Arsenal Technical High School.

Setelah lulus, Aiken menempuh pendidikan sarjananya di Universitas Wisconsin, Madison. Dari sanalah, Ia memperoleh gelar sarjana muda di bidang Electrical Engineering. Ia pernah bekerja di perusahaan Gas Madison, hingga Ia dipercaya sebagai kepala Engineer di perusahaan tersebut.

Kemudian, Aiken memutuskan untuk kembali melanjutkan pendidikannya pada 1935, hingga akhirnya memperoleh gelar Ph.D. dari Universitas Harvard. Selama pendidikannya, Ia membuat thesis dalam bidang fisika. Ia memikirkan mengenai konstruksi sebuah mesin dalam melakukan perhitungan. Melalui bantuan dari universitasnya, Aiken sukses mempengaruhi perusahaan IBM untuk mendanai proyek tersebut.

Aiken menemukan beberapa persamaan diferensial yang dapat diselesaikan secara numerik. Dimulai dari sinilah, Ia memiliki target untuk membuat mesin yang diberi nama Mesin Electro Mechanic, yang dapat membantunya menyelesaikan persamaan tersebut. Ia juga mendapat inspirasi dari penemuan mesin diferensial milik Charles Babbage. Pada 1970, Ia berhasil memperoleh penghargaan Edison Medal dari IEEE atas kontribusinya menjadi pionir dalam pengembangan komputer digital. Ia meninggal pada 14 Maret 1973 di St. Louis, Missouri.

4. John von Neumann

John von Neumann

John von Neumann adalah orang yang pertama kali mencetuskan virus komputer. Ia lahir di Budapest, Hungaria pada 28 Desember 1903. Ketika berusia 19 Tahun, Ia telah mampu merilis 2 buah paper matematika sekaligus. John von Neumann merupakan seorang matematikawan dari Hungaria-Jerman yang telah memberikan kontribusi dalam bidang fisika Quantum, analisis fungsional, teori himpunan, ilmu komputer, ekonomi dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan matematika.

Ia meraih gelar Ph.D. di bidang matematika dari Universitas Budapest ketika usianya 23 Tahun. Ditahun yang sama pula, Ia menempuh pendidikan teknik kimia di Swiss. John juga pernah menjadi dosen di Berlin, Jerman. Von Neumann banyak berkontribusi dalam sejarah komputer, dikarenakan pekerjaannya dalam mengembangkan bom hidrogen yang membutuhkan kalkulasi yang besar dan kompleks. Salah satu karyanya yang diabadikan adalah arsitektur von-neumann, yaitu arsitektur komputer yang banyak digunakan dalam sistem komputer non parallel.

Menjadi seorang matematikawan yang kreatif, John von Neumann telah berperan penting dalam teori ekonomi pasca perang. Ia berhasil menerbitkan “Theory of Games and Economic Behavior” pada 1944, dimana terdapat perincian teori matematis dari organisasi ekonomi dan sosial berdasarkan teori permainan strategi. Ia meninggal di Washington DC, Amerika Serikat pada 8 Februari 1957.

5. Konrad Zuse

Daftar Penemu Komputer

Konrad Zuse adalah seorang teknik sipil dan perintis komputer. Ia lahir di Berlin pada 22 Juni 1910. Ia merupakan anak dari petugas pos. Pada 1912, Ia ikut pindah bersama keluarganya ke Braunsberg, Prusia Timur. Kemudian di 1923, keluarganya pindah ke Hoyerswerda.

Zuse pernah terdaftar di Technische Hochschule Berlin-Charlottenburg untuk mempelajari teknik dan arsitektur. Akan tetapi, hal itu membuat Zuse bosan. Hingga Zuse kembali belajar teknik sipil dan lulus di 1935. Ia pernah bekerja untuk Ford Motor Company menggunakan keterampilan artistik untuk mendesain suatu iklan. Selain itu, Ia mulai bekerja sebagai insinyur desain di Henschel pabrik pesawat di Schonefeld dekat dengan Berlin.

Sejak 1935, Ia mulai melakukan eksperimen dalam membangun komputer. Hingga pada 1936, ia memulai penemuan pertamanya yang disebut dengan Z1, yang berupa floating point biner kalkulator mekanis yang dilengkapi dengan programmability. Ia berhasil menyelesaikan Z1 pada 1938. Namun, akibat dari serangan udara Inggris pada Perang Dunia II (30 Januari 1944), cetak biru Z1 asli hancur bersama dengan bangunan rumah orangtuanya.

Salah satu pencapaian terbesarnya adalah sebagai penyempurna Turing fungsional pertama yang dikendalikan oleh program Z3 yang mulai beroperasi pada Mei 1941, dimana program tersebut disimpan pada tape kertas. Pada tahun 1964, Ia memperoleh Werner-von-Siemens-Ring karena penemuan tersebut. Berkat penemuan itulah, Ia dianggap sebagai penemu komputer.

Selain dikenal sebagai penemu komputer, Zuse juga dikenal sebagai orang yang membuat sebuah bahasa pemrograman yang diberi nama Plankalkul. DImana bahasa tersebut terinspirasi dari Begriffsschrift. Plankalkul menjadi salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang terlengkap di dunia. Zuse mempublikasikan bahasa pemrograman tersebut pada 1948, dikarenakan adanya masalah saat Perang Dunia II.

Pada akhirnya, Plankalkul berhasil dipublikasikan kembali disertai dengan compiler pertama yang dibuat pada 1998. Keberhasilan Zuse membuatnya menjadi salah satu ilmuwan populer dan menjadi rujukan untuk menciptakan komputer digital modern. Ia meninggal pada 18 Desember 1995 di Jerman akibat gagal jantung.

6. Douglas Engelbart

Douglas Engelbart

Douglas dikenal sebagai penemu dari mouse komputer yang digunakan sampai sekarang. Ia lahir dengan nama Douglas Charles Engelbart pada 30 Januari 1925 di Oregon, Amerika Serikat. Douglas merupakan anak bungsu dari pasangan Carl Louis Engelbart dan Gladys Charlotte Amelia Munson Engelbart.

Setelah menempuh sekolah tingkat menengah, Douglas memutuskan untuk melanjutkan kembali pendidikannya di Oregon State University. Akan tetapi, sejak terjadinya Perang Dunia II, Ia memutuskan menjadi angkatan laut di bidang teknisi radar di Filipina selama 2 tahun. Disaat itulah, Ia terinspirasi dari buku As We May Think karya Vannevar Bush, dan mulai melanjutkan kembali pendidikannya hingga akhirnya Ia lulus dengan gelar sarjana teknik elektro pada 1948.

Selain itu, Douglas juga menyelesaikan sarjana di University of California Berkeley, dan mendapatkan gelar B. Eng pada 1952, kemudian mendapat gelar Ph.D. Di bidang teknik elektro dan ilmu komputer (EECS – Electrical Engineering and Computer Science).

Douglas mematenkan 12 paten atas nama dirinya. Ia pun mengajukan proposal untuk membangun projek dengan nama “Augmenting Human Intellect : A Conceptual Framework”. Project tersebut didanai oleh ARPA (Advanced Research Project Agency), yakni agen pemerintah Amerika dibawah Departemen Pertahanan yang bertujuan dalam pengembangan teknologi baru untuk militer.

Mengenai penemuan mouse itu, sebenarnya telah ada beberapa jenis alat yang dapat menggerakkan penunjuk layar, seperti pen light dan joystick. Namun, Douglas belum merasa puas hingga Ia mencoba memetakan karakteristik dari alat penunjuk yang telah ada dan membuat alat yang belum ada, itulah mouse yang dikenal sekarang ini. Sang penemu mouse menghembuskan napas terakhir pada 2 Juli 2013.

7. Leonard Kleinrock

Penemu Komputer

Leonard merupakan seorang ilmuwan terkenal di dunia. Berkat penemuannya, kini kehidupan manusia menjadi lebih modern karena adanya penemuan teknologi internet. Leonard Kleinrock lahir di New York, Amerika Serikat pada 13 Juni 1934. Ketertarikan Leonard membawanya masuk ke salah satu sekolah di Amerika Serikat, yaitu Bronx High School of Science pada 1951. Di sekolah itulah, Ia mengasah bakatnya dalam bidang teknologi, sehingga Ia sering melakukan percobaan pada jaringan komputer yang terdapat di sekolah tersebut.

Lulus dari Bronx High School of Science, Ia kembali melanjutkan pendidikannya di City College of New York dengan mengambil jurusan teknik elektro dan ilmu komputer. Hingga pada 1957, Ia berhasil memperoleh gelar Sarjana Teknik Elektro dan Ilmu Komputer dari sekolah tersebut.

Tidak sampai disitu saja, Leonard Kleinrock melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, yakni program Magister. Di Institut Teknologi Massachusetts, Ia mengambil bidang teknik elektro dan ilmu komputer juga. Dan pada 1963, Ia berhasil lulus dan mendapatkan gelar Ph.D.

Leonard Kleinrock dikenal karena besarnya kontribusi dalam dunia jaringan. Salah satu karyanya yang terkenal adalah teori pertukaran paket pada 1959 dan teori tentang pertukaran paket teknologi pada 1961. Pada 29 Oktober 1969, Ia menciptakan salah satu penemuan terbesar, yakni internet yang secara tidak sengaja berhasil memecahkan kode digital dan menjadikannya sebagai paket-paket yang terpisah. Leonard jugalah yang menjadi pelopor terbentuknya ARPANET, yang merupakan jaringan komunikasi digital.

Itulah sejarah singkat mengenai para tokoh yang dikategorikan sebagai penemu komputer. Dengan membaca artikel diatas dapat menambah wawasan Anda mengenai proses panjang penciptaan komputer oleh orang-orang hebat. Sehingga Anda bukan hanya menikmati komputer itu saja, melainkan dapat memberikan Anda inspirasi untuk dapat membangun teknologi secanggih komputer.

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply