3 Cara Menggunakan SHAREit di PC / Laptop ke HP Android dan Sebaliknya

Seiring perkembangan zaman, teknologi semakin menguasai dunia. Bagaimana tidak, inovasi-inovasi baru terus dikembangkan untuk membuat aplikasi terbaru. Semakin bermanfaat, maka aplikasi akan semakin diminati oleh banyak orang. Salah satunya yaitu aplikasi SHAREit.

SHAREit merupakan aplikasi gratis yang telah menggantikan kepopuleran bluetooth pada zamannya. Sama seperti aplikasi saingannya, SHAREit juga berfungsi sebagai transfer file antar perangkat. Namun, aplikasi ini berkali-kali lebih cepat dibandingkan bluetooth. Kecepatan transfer yang bisa mencapai 20M/detik. Oleh karena itu, sangat wajar apabila sudah banyak yang beralih untuk menggunakan aplikasi buatan Lenovo ini. Sejak kehadirannya yaitu pada Juni 2012, SHAREit sudah diunduh lebih dari 600 juta pengguna. Selain itu, SHAREit juga mendukung lintas platform yang tidak ditemukan oleh aplikasi sejenisnya yaitu Bluetooth.

Aplikasi yang terkenal dengan kecepatannya yang tinggi dalam melakukan transfer file ini menggunakan teknik transfer nirkabel untuk menghubungkan atau mengoneksikan pada hampir semua perangkat bahkan cross-platform atau lintas platform. Di antaranya yaitu smartphone, komputer, tablet dengan sistem operasi Android, iOS, Windows Phone, Windows XP/7/8/10. Kompabilitas inilah yang membuat aplikasi ini menjadi lebih unggul.

Dalam hal transfer file, SHAREit mendukung semua file seperti foto, video, lagu, aplikasi, berkas, dan lain sebagainya. Cara kerjanya yang menggunakan teknik nirkabel tentunya tidak membutuhkan kabel atau USB yang rentan akan virus. Walaupun begitu, SHAREit tidak benar-benar memiliki keamanan yang cukup sehingga sangat mudah bagi para hacker untuk menyusup serta adanya kemungkinan virus yang berbahaya. Selain itu, aplikasi ini memakai Wi-Fi yang ada pada perangkat itu sendiri alias tidak memerlukan data internet sebagai proses transfer file.

Kemudian, canggihnya lagi SHAREit juga mendukung file transfer grup dalam 5 perangkat sekaligus. Namun, aplikasi ini hanya dapat digunakan oleh sesama pengguna SHAREit serta dalam lingkup yang dekat saja. Jadi, aplikasi ini akan secara otomatis dapat menemukan satu sama lain ketika masih dalam jangkauan yang sama pula.

Sudah tidak sabar bukan ingin langsung mencoba menggunakan SHAREit? Artikel ini akan membahas langkah-langkah menggunakan SHAREit baik dari laptop ke HP Android dan sebaliknya, maupun dari HP Android ke HP Android. Yuk ikuti langkah-langkah cara menggunakan SHAREit di bawah ini.

Cara Menggunakan SHAREit untuk Pemula

Agar dapat menggunakan SHAREit ini, perangkat Anda harus sudah terinstall aplikasi ini. Pada beberapa perangkat mungkin aplikasi SHAREit sudah jadi aplikasi bawaan seperti Lenovo yang memang produsen awal yang meluncurkan aplikasi ini. Jika perangkat Anda belum terinstall aplikasi ini, silakan download dan install SHAREit terlebih dahulu pada masing-masing perangkat.

Pada artikel ini saya menggunakan versi 4.0. Sebaiknya Anda juga menggunakan versi yang sama atau yang lebih tinggi. Karena untuk transfer file lintas platform akan membutuhkan SHAREit versi 4.0 ke atas.

A. Transfer File dari Laptop ke HP Android (Sebaliknya)

1. Laptop ke HP Android

1. Buka aplikasi SHAREit pada kedua perangkat.

2. Laptop : Cari dan pilih file yang ingin dikirim dari file explorer > klik kanan pada file > pilih Share files via SHAREit.

cara menggunakan shareit

3. Laptop : Setelah aplikasi terbuka, maka akan tampil nama profil SHAREit laptop. Anda juga dapat melihat password SHAREit dengan cara klik tanda mata tertutup seperti yang saya lingkari merah.

3-buka

4. Pada HP : Pilih Receive.

cara menggunakan shareit di pc

5. Pada HP : Pilih Connect PC.

5 - connect pc

6. Pada HP : Pilih Go untuk melanjutkan.

6 - go

7. Pada HP : Pilih akun SHAREit laptop.

7 - pilih akun laptop

8. Pada HP : Masukkan password SHAREit laptop lalu pilih OK.

cara menggunakan shareit di android

9. Pada HP : File berhasil diterima dari laptop.

9 - berhasil

10. Pada Laptop : File berhasil terkirim ke HP.

10 - berhasil

2. HP Android ke Laptop

1. Buka aplikasi SHAREit pada kedua perangkat.

2. Pada Laptop : Setelah aplikasi terbuka, maka akan tampil nama profil SHAREit laptop. Anda juga dapat melihat password SHAREit dengan cara klik tanda mata tertutup seperti yang saya lingkari merah.

3-buka

3. Pada HP : Silakan pilih Send.

3 - kirim

4. Pada HP : Pilih file yang ingin dikirim ke laptop > pilih Send.

4 - pilih file

5. Pada HP : Pilih Connect PC.

5 - connect pc

6. Pada HP : Pilih Go untuk melanjutkan.

6 - go

7. Pada HP : Pilih akun SHAREit laptop.

7 - pilih akun laptop

8. Pada HP : Masukkan password SHAREit laptop lalu pilih OK.

8 - isi password

9. Pada HP : File berhasil dikirim ke laptop.

9 - berhasil

10. Pada Laptop : File berhasil di kirim ke HP.

cara menggunakan shareit di pc ke android

B. Transfer File dari HP Android ke HP Android

1. Buka aplikasi SHAREit pada kedua HP Android.

2. Pada HP 1: Silakan pilih Send.

2 - pilih kirim

3. Pada HP 2: Silakan pilih Receive.

3 - terima

4. Pada HP 2: Di bawah ini merupakan nama serta jaringan SHAREit dari HP 2

4 - nama dan jaringan

5. Pada HP 1: Pilih file yang ingin dikirim lalu pilih Send.

5 - pilih file

6. Pada HP 1: Pilih nama profil SHAREit HP 2 yang tertera pada pencarian koneksi.

6 - pilih akun hp 2

7. Pada HP 1: File telah berhasil dikirim ke HP 2.

7 - berhasil

8. Pada HP 2: File telah berhasil diterima dari HP 1.

cara menggunakan SHAREit

Sekian tutorial cara menggunakan SHAREit untuk mentransfer file dari laptop ke HP Android dan sebaliknya, maupun dari HP Android ke HP Android. Sebaiknya lakukan konfigurasi password SHAREit Anda agar file Anda tidak gunakan oleh orang hacker atau orang yang tidak bertanggung jawab. Semoga artikel cara menggunakan SHAREit ini bermanfaat untuk Anda.

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend