Pengertian Microsoft Excel Beserta Fungsi dan Sejarah Microsoft Excel

Semakin berkembangnya berbagai teknologi akan menyebabkan perubahan pola kehidupan yang bisa terjadi kapan saja. Pola perubahan kehidupan manusia akan menjadi mengandalkan segala teknologi yang berada disekitarnya. Dengan adanya perubahan yang terjadi pada pola kehidupan manusia akan menyebabkan banyak orang yang mulai beralih menggunakan teknologi dibandingkan dengan teknik manual.

Adanya berbagai perbedaan perilaku akan terjadi pada masing-masing individu. Adanya hal tersebut bisa menyebabkan dampak positif dan negatif. Akan ada banyak hal yang mengalami perubahan dalam kehidupan manusia. Berbagai bidang akan terkena dampak adanya teknologi-teknologi baru yang diciptakan. Adanya berbagai inovasi baru untuk mewujudkan berbagai macam ide dan inovasi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan akan menjadikan dampak tersendiri bagi kehidupan manusia.

Dengan adanya berbagai teknologi, hampir semua bidang dalam kehidupan dapat merasakan dampaknya. Berbagai kemudahan bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Dalam era modernisasi, segala kegiatan akan menjadi lebih mudah untuk diselesaikan karena telah menggunakan bantuan berbagai jenis teknologi dan aplikasi pendukung. Dari mulai bidang pendidikan hingga perkantoran akan lebih mudah dikerjakan dengan menggunakan berbagai aplikasi pendukung untuk masing-masing pekerjaan.

Adanya berbagai aplikasi akan mempermudah kehidupan manusia dan akan menjadi terobosan baru dalam dunia teknologi. Hal ini akan menjadikan perkembangan teknologi akan semakin canggih dan akan terus dikembangkan berbagai versi-versi terbaru dari masing-masing teknologi dan aplikasi. Dalam dunia perkantoran bahkan pendidikan, banyak jenis aplikasi yang sama dan digunakan dalam berbagai aspek. Untuk memenuhi berbagai kebutuhan akan pengolahan data, biasanya akan membutuhkan aplikasi pengolah data. Dalam artikel kali ini akan dijelaskan mengenai pengertian microsoft excel beserta sejarah dan fungsinya.

Pengertian Microsoft Excel

pengertian microsoft excel adalah

Microsoft Excel merupakan salah satu program komputer yang sangat dibutuhkan dalam segala bidang perkantoran dan pendidikan. Dengan adanya microsoft excel, pekerjaan pengolahan data dan perhitungan data akan semakin lebih mudah dan bisa cepat dikerjakan dengan hasil yang akurat dan maksimal.

Microsoft excel sangat dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan pengolahan data. Dengan adanya microsoft excel, data akan semakin mudah dilakukan olah data. Informasi yang akan dihasilkan dari penggunaan microsoft excel bisa dipercaya. Microsoft excel merupakan program yang bisa digunakan atau dijalankan di berbagai platform sistem operasi. Sistem operasi yang bisa menjalankan microsoft excel adalah windows dan macintosh.

Dengan adanya microsoft excel, kebutuhan akan pengolahan data yang membutuhkan kalkulasi atau perhitungan hingga visualisasi ke dalam grafik bisa dilakukan dalam microsoft excel. Dengan berbagai fungsi yang bisa dilakukan pada microsoft excel akan mempermudah pengolahan data. Pengolahan data dalam jumlah yang banyak tidak akan menjadi masalah ketika kita sudah memiliki suatu program yang bisa digunakan untuk mengolah data tersebut. Berbagai macam data bisa dilakukan pengolahan sehingga akan lebih mudah dan bisa memenuhi kebutuhan informasi perusahaan atau akademik.

Adanya microsoft excel akan mempermudah segala bidang industri dalam melakukan pengolahan data. Waktu dalam melakukan pengolahan data tergantung pada banyaknya data yang akan diolah. Tidak hanya terbatas pada hal itu saja, melainkan kemampuan pengguna juga sangat menentukan kecepatan pengolahan data yang akan dilakukan.

Sejarah Microsoft Excel

pengertian microsoft excel dan fungsinya

Microsoft excel mulai ada pada tahun 1982. Pada 1982, microsoft excel tidak bernama “microsoft excel” melainkan masih menggunakan nama multiplan. Multiplan merupakan aplikasi yang menggunakan sistem spreadsheet. Dalam tahun yang sama, multiplan atau microsoft excel memiliki kompetitor. Kompetitor yang sangat kompeten ini adalah lotus 1-2-3. Dimana lotus 1-2-3 merupakan program aplikasi serupa dengan microsoft excel.

Saat itu, microsoft mulai melakukan pengembangan baru pada microsoft excel. Pengembangan ini dilakukan dengan tujuan microsoft bisa menghasilkan program yang lebih baik lagi dibandingkan dengan lotus 1-2-3. Versi pertama kali yang diciptakan oleh microsoft untuk memulai excel adalah versi pertama dalam sistem operasi macintosh pada tahun 1985. Dua tahun kemudian, microsoft mulai mengembangkan dan merilis versi baru untuk sistem operasi windows.

Pada tahun 1987, lotus terlambat untuk mengembangkan dan merilis versi terbarunya pada lotus 1-2-3, sehingga ini merupakan kesempatan yang baik untuk microsoft melakukan pengembangan versi baru. Ketika lotus terlambat rilis, kebanyakan konsumen telah beralih ke excel untuk melakukan pengolahan data. Hingga kini, microsoft excel sangat digemari oleh mayoritas konsumen. dan saat ini, microsoft excel telah hadir dalam versi 15 yaitu Excel 2013. Namun, hingga tahun 2018 ini telah ada versi excel 2016.

Fungsi Microsoft Excel

fungsi excel adalah

Dalam kegunaannya, microsoft excel memiliki banyak fungsi sehingga menjadi salah satu program komputer yang sangat digemari oleh banyak konsumen dan memiliki berbagai fungsi didalamnya. Fungsi yang dimiliki oleh microsoft excel adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan pengolahan data (perhitungan dan kalkulasi data)
  2. Membuat data menjadi lebih rapi
  3. Mengkonversi mata uang
  4. Mengkonversi data menjadi grafik
  5. Melakukan berbagai perhitungan secara statistika
  6. Mempermudah untuk membuat berbagai catatan keuangan baik pribadi ataupun untuk perusahaan
  7. Bisa digunakan untuk salah satu cara belajar komputer dan berbagai logika perhitungan
  8. Mempermudah pembuatan laporan keuangan
  9. Mempermudah melakukan analisa terhadap data

Dengan adanya Microsoft Excel, pengolahan data akan menjadi lebih mudah dan akan lebih cepat daripada menggunakan perhitungan manual. Adanya Microsoft Excel akan mendorong kebutuhan data yang sudah bisa menghasilkan informasi dengan tepat dan cepat akan mudah dilakukan.

Oleh karena itu, saat ini masing-masing individu diharapkan dapat menggunakan microsoft excel dan berbagai aplikasi lainnya dengan baik dan maksimal. Sehingga ketika mereka menghadapi situasi dimana harus melakukan pengolahan data akan menjadi lebih mudah dan dapat menghasilkan informasi yang tepat. Semoga artikel mengenai pengertian microsoft excel ini bermanfaat dan mudah dipahami.

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend