Pengertian Informasi Beserta Fungsi & Jenis-jenis Informasi yang Perlu Anda Ketahui

Hampir setiap saat Anda pasti mendengar istilah informasi. Ketika Anda menonton televisi, mendengar radio, atau membaca media online hal yang Anda dapatkan juga suatu informasi. Lalu, apakah pengertian dari informasi itu? Informasi menjadi hal yang perlu bagi kehidupan seseorang. Dengan adanya informasi, seseorang menjadi lebih mengetahui hal baru yang belum pernah diketahui sebelumnya.

Saat ini, informasi bukan hanya sekedar tulisan atau ucapan, tetapi informasi telah dilengkapi dengan beberapa gambar untuk menarik perhatian bagi pendengarnya. Yang menjadi pertanyaan, apakah Anda mengetahui untuk apa sebenarnya informasi dibuat? Jenis-jenis informasi yang ada saat ini sampai contoh informasi yang masih sering keliru.

Dalam artikel kali ini, akan dijelaskan mengenai pengertian dari informasi, fungsi beserta jenis-jenis informasi dan contoh dari informasi yang dapat Anda pahami. Dengan membacanya, dapat menambah wawasan Anda mengenai suatu informasi. Langsung saja ke pembahasan pertama dibawah ini mengenai pengertian dari informasi.

Pengertian Informasi

pengertian informasi dan fungsi informasi

Istilah informasi sering dikaitkan dalam lingkup penggunaan teknologi. Padahal, informasi memiliki cakupan makna yang luas, bukan hanya seperti yang dikenal selama ini, Teknologi Informasi. Lalu, apa pengertian dari informasi? Istilah “Informasi” berasal dari bahasa Perancis Kuno (1387) yang mereka ambil dari penggunaan bahasa latin informatinem yang memiliki arti kode, ide atau garis besar.

Beberapa ahli memiliki pendapat yang berbeda mengenai pengertian dari informasi ini. Sebab, pengertian informasi itu tergantung dengan orang yang membutuhkan informasi tersebut. Informasi merupakan sekumpulan data yang telah diproses menjadi suatu bentuk yang dapat dipahami oleh penerima dan bermanfaat dalam mengambil keputusan. Dari pengertian tersebut, informasi jelas berbeda dengan data. Lalu, apa itu data? Data merupakan bahan mentah yang berupa fakta atau kenyataan yang belum diolah.

Dengan demikian, data yang menjadi sumber dalam informasi. Data tersebut digunakan sebagai input, dimana input tersebut akan diolah atau diproses dengan berbagai metode untuk menghasilkan sebuah informasi. Informasi itulah yang dapat diterima oleh penerima. Kemudian, penerima dapat menggunakan informasi tersebut untuk mengambil keputusan. Oleh karena itu, informasi dan data merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dibedakan.

Fungsi Informasi

fungsi informasi adalah

Pada dasarnya, informasi merupakan komponen yang dibutuhkan dalam melakukan komunikasi. Sebab, terdapat beberapa unsur utama yang harus Anda ketahui dalam melakukan komunikasi, yaitu pembicara (komunikator), pendengar (komunikan) dan pesan (message). Nah, pesan inilah yang dapat dikatakan sebagai informasi.

Sebelum menyampaikan informasi, terlebih dahulu Anda harus memahami fungsi dari informasi agar informasi yang Anda sampaikan memiliki manfaat kepada pendengar. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa fungsi dari informasi.

1. Sumber Pengetahuan Baru

Mungkin Anda masih bingung keterkaitan antara informasi dengan sumber pengetahuan baru. Suatu informasi dapat dikatakan sebagai sumber pengetahuan baru. Mengapa demikian? Informasi yang disampaikan oleh komunikator berdasarkan sumber yang valid akan menambah wawasan bagi Anda sebagai pendengar. Bisa saja informasi itu belum Anda ketahui sebelumnya.

Setelah Anda mengetahui informasi itu, maka Anda memperoleh sebuah pengetahuan baru. Sebagai contoh, Internet dapat digunakan sebagai salah satu media yang untuk mengakses informasi. Anda dapat mencari informasi mengenai hal apapun dengan menggunakan internet.

2. Media Hiburan

Suatu informasi juga memiliki fungsi sebagai media hiburan. Informasi tersebut dikemas dengan bahasa yang ringan disertai dengan gambar yang menarik sehingga Anda menjadi terhibur dengan informasi yang telah diterima.

3. Menghilangkan Ketidakpastian

Dengan informasi, maka dapat menghilangkan ketidakpastian. Mengapa? Misalkan saja, Anda memiliki suatu pemahaman sendiri mengenai suatu hal, namun Anda belum begitu yakin dengan pemahaman tersebut. Oleh karena itu, Anda dapat memperoleh informasi dari sumber apapun yang mendukung dengan pemahaman Anda sehingga itu dapat menghilangkan ketidakpastian dari pemahaman tersebut.

4. Sumber Berita

Informasi dapat digunakan untuk menyiarkan suatu berita dalam melakukan komunikasi. Sebagai contoh, informasi yang Anda peroleh dari berbagai media, seperti televisi, radio, surat kabar atau lainnya menjadi salah satu informasi yang dapat Anda terima.

5. Mempengaruhi Massa

Sebuah informasi yang telah Anda dapatkan, secara tidak langsung akan mempengaruhi Anda. Misalkan saja, informasi tersebut berisi tentang kepentingan pihak yang ingin Anda ketahui, dengan menerima informasi tersebut Anda bisa saja percaya atau bahkan menjadi tidak simpati terhadap pihak yang bersangkutan.

6. Sosialisasi Kebijakan

Biasanya, ketika ada suatu kebijakan baru dalam dunia pemerintahan, maka hal yang perlu dilakukan agar masyarakat mengetahuinya adalah dengan melakukan komunikasi. Komunikasi tersebut dapat Anda lakukan dengan cara sosialisasi.

7. Menyatukan Pendapat

Dengan adanya informasi, maka Anda dapat menilai kembali apakah pendapat yang telah Anda kemukakan sesuai dengan informasi tersebut.

Jenis-jenis Informasi

jenis jenis informasi

Telah dikatakan sebelumnya bahwa pengertian informasi bergantung dalam konteks yang terjadi. Dengan begitu, informasi juga terbagi kedalam beberapa jenis. Berikut ini akan dijelaskan mengenai jenis-jenis dari informasi .

1. Jenis Informasi Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya informasi terbagi kedalam beberapa bagian, yaitu :

  • Faktual: Informasi faktual berarti informasi yang berupa fakta atau kenyataan yang dapat dibuktikan kebenarannya.
  • Opini atau Konsep : Informasi juga dapat menjelaskan pendapat yang dikemukakan oleh orang lain.
  • Deskripsi : Informasi berbentuk deskripsi maksudnya informasi yang didalamnya berisi segala penjelasan sesuatu secara rinci.

2. Jenis Informasi Berdasarkan Kegunaan

Jika dilihat berdasarkan kegunaannya, informasi dibagi menjadi :

  1. Informasi yang Menambah Pengetahuan : Suatu informasi dapat menambah pengetahuan yang belum Anda ketahui sebelumnya.
  2. Informasi yang Berdasarkan Penyajian : Informasi dapat juga disajikan ke dalam beberapa bentuk, seperti berita, artikel, esai dan lainnya.

3. Jenis Informasi Berdasarkan Bidang Kehidupan

Informasi tersebut dibuat kedalam beberapa kategori, seperti pendidikan, olahraga, kesehatan, gaya hidup dan lainnya.

4. Jenis Informasi Berdasarkan Lokasi Kejadian

Informasi yang dibuat berdasarkan lokasi kejadian terbagi kedalam dua bagian, yaitu informasi dalam negeri dan informasi luar negeri.

Contoh Informasi

Perhatikanlah contoh dibawah ini :

contoh informasi 1

Contoh informasi yang tidak jelas

Apakah contoh diatas dapat dikatakan sebagai informasi? Contoh tersebut dikategorikan sebagai data. Mengapa demikian? Karena gambar diatas tidak memberikan pengertian yang jelas dan berarti bagi pembaca.

Sedangkan suatu informasi dikatakan bermanfaat apabila informasi tersebut memberikan pengertian bagi pembaca. Oleh karena itu, untuk menjadikan data tersebut menjadi informasi yang bermanfaat bagi pembaca, maka data tersebut harus diproses terlebih dahulu, sehingga mendapatkan hasil seperti dibawah ini:

contoh informasi 2

Contoh informasi yang jelas

Itulah pembahasan mengenai pengertian informasi, fungsi informasi, jenis-jenis informasi beserta contohnya. Dengan mengetahuinya, Anda diharapkan dapat memahami fungsi dari informasi. Sebab, pada dasarnya informasi merupakan unsur terpenting dalam melakukan komunikasi.

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply