Pengertian Teknologi Informasi Beserta Manfaat dan Contoh Penerapan Teknologi Informasi

Mungkin kita sudah cukup familiar mendengar istilah IT yang merupakan singkatan dari Information Technology atau dalam pengertian Indonesia adalah teknologi informasi. Dua hal itu memang saling berkaitan dan memiliki arti sama namun penyebutannya berbeda. Namun untuk memahami definisi sebenarnya mungkin masih jarang yang mengetahui.

Dengan menggunakan teknologi ini kita dapat bertukar informasi dengan lebih mudah dan cepat. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa teknologi informasi membawa peran penting bagi kelangsungan hidup masyarakat karena hampir setiap hari anda pasti menggunakannya. Oleh karena itu penting bagi kita untuk memahami pengertian teknologi informasi beserta manfaat – manfaatnya dan contoh penerapannya.

Dan di dalam artikel kali ini penulis akan mengulas lebih banyak mengenai teknologi informasi dengan harapan agar para pembaca dapat mengerti dan lebih bijak dalam menggunakannya. Karena patut diketahui juga bahwa hampir semua teknologi selain membawa dampak positif pasti membawa dampak negatif pula. Langsung saja ulasan lengkap mengenai pengertian teknologi informasi dapat anda simak dibawah ini :

Pengertian Teknologi Informasi

pengertian teknologi informasi adalah

Teknologi informasi atau dalam bahasa Inggris biasa disebut IT (Information Technology) merupakan suatu istilah untuk mendefinisikan segala sesuatu atau peralatan teknologi yang mampu memberi kemudahan bagi seseorang untuk membuat, mengubah, menyimpan atau bahkan menyebarkan informasi terhadap satu sama lain.

Pada awalnya manusia melakukan pertukaran informasi hanya melalui percakapan biasa tanpa dibantu peralatan atau media apapun, hal ini tentunya kurang efektif karena jangkauan yang terbatas serta informasi yang tersimpan juga tidak akan bertahan lama. Namun dengan kemunculan serta berkembangnya teknologi informasi maka hal seperti itu dapat teratasi.

Mulai dari kemunculan angka alphabet pada zaman dahulu hingga mulai ditemukannya peralatan pengolah data dan visual untuk semakin mempermudah manusia dalam hal saling bertukar informasi. Dan puncaknya saat ini kita dapat mengakses informasi dimanapun dan kapanpun dengan menggunakan peralatan komputer maupun gadget dan memanfaatkan teknologi internet.

TI atau teknologi informasi merupakan suatu pengelolaan teknologi dan mencakup hampir di segala bidang namun tidak terpaku pada proses – proses, perangkat lunak, atau sistem informasi saja. Bisa dibilang apapun yang membuat data atau informasi dengan perantara penggunaan media sehingga lebih mempermudah dalam memperoleh informasi maka bisa dianggap sebagai contoh penerapan teknologi informasi.

Manfaat Teknologi Informasi

manfaat teknologi informasi

Manfaat teknologi informasi dalam bidang pendidikan

Suatu teknologi tentunya memiliki manfaat tersendiri mengingat tujuan penciptaannya agar semakin mempermudah pekerjaan manusia. Termasuk juga manfaat yang dapat anda rasakan dari teknologi informasi yang saat ini sedang berkembang pesat.

Secara umum manfaat dari teknologi informasi sudah dijelaskan sebelumnya, yakni memudahkan kita dalam memperoleh informasi ataupun berbagi informasi. Namun pada masing – masing bidang, suatu teknologi informasi juga memiliki manfaat tersendiri yakni :

1. Bidang Pendidikan

Teknologi informasi memiliki pengaruh paling besar terhadap bidang pendidikan. Hal ini dikarenakan fungsi utama dalam pendidikan adalah sebagai sarana saling bertukar informasi baik untuk anak – anak maupun dewasa. Bagi para peserta didik mereka akan lebih mudah memperoleh informasi sesuai jurusan yang diinginkan serta sangat penting untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian sekolah maupun seleksi pendaftaran.

Sedangkan bagi para penyelenggara pendidikan mereka akan lebih mudah menyampaikan informasi dan akan selalu update. Untuk lebih memperdalam ilmu pengetahuan juga bisa karena tidak ada batas usia untuk selalu belajar setiap saat.

2. Bidang Sosial

Dalam bidang sosial masyarakat teknologi informasi juga memegang peranan penting seperti dalam penyuluhan yang biasa dilakukan lembaga tertentu dan ditujukan pada masyarakat luas. Selain itu masyarakat juga dapat lebih memahami aspek penting yakni kesehatan melalui teknologi informasi, hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya acara yang mengangkat tema kesehatan di televisi atau bahkan di internet.

3. Bidang Industri

Peran teknologi informasi dalam bidang industri juga cukup vital, khususnya dalam industri perdagangan. Apalagi semenjak kemunculan E-Commerce yang semakin memudahkan para penjual produk maupun jasa dan para pembeli yang bebas memilih barang yang diinginkan. Para pemilik usaha juga kini dapat mempromosikan usahanya dalam bentuk website company profile atau sekedar dalam media sosial agar dikenal oleh masyarakat luas.

Contoh Teknologi Informasi

contoh teknologi informasi

Contoh penerapan teknologi informasi telah merambah di hampir semua aktivitas

Hampir di semua bidang kehidupan pasti anda akan menjumpai penerapan atau implementasi dari teknologi informasi. Dengan penggunaan yang benar pastinya anda akan memperoleh manfaat sepenuhnya dari teknologi informasi. Salah satu bidang yang paling banyak melibatkan teknologi informasi adalah bidang pendidikan. Di era yang modern saat ini hampir semua kegiatan pembelajaran menggunakan fasilitas internet dengan jangkauan informasi mendunia. Selain itu penggunaan data, video dan bahkan audio juga menjadi alternatif tambahan bagi para pengajar di dunia pendidikan.

Dalam bidang kesehatan anda juga dapat menemui kecanggihan teknologi informasi dalam bentuk pencitraan visual seperti sinar X untuk mendiagnosa adanya penyakit atau gangguan dalam tubuh manusia dimana tidak bisa diketahui secara langsung. Selain itu pemanfaatan laboratorium sebagai pusat analisa serta untuk mengembangkan pengobatan terbaru.

Dalam bidang perusahaan dan perbankan juga tidak kalah dengan memaksimalkan penggunaan teknologi informasi seperti ERP dan E-Banking. ERP atau enterprise resource planning merupakan bentuk pengelolaan serta manajemen secara keseluruhan dalam suatu perusahaan dengan tujuan adanya kendali penuh dalam bentuk aplikasi atau software. Hal ini tentunya lebih efektif dan efisien daripada harus membuat sistem dari awal.

Sedangkan untuk E-Banking pasti sudah cukup familiar dari sebagian masyarakat, dimana para nasabah dari suatu bank dapat melakukan aktifitas seperti menabung, transfer, cek saldo tabungan dengan menggunakan aplikasi pada mobile phone.

Jadi itulah penjelasan mengenai pengertian teknologi informasi yang harus anda ketahui. Berkat adanya teknologi informasi ini, penyebaran informasi maupun kegiatan komunikasi antar manusia menjadi jauh lebih mudah. Dan jika anda lihat di masa sekarang, mustahil bagi kebanyakan orang untuk lepas dari peranan teknologi, contoh kecilnya: handphone.

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend