Pengertian Data Beserta Fungsi Data dan Jenis-jenis Data yang Wajib Anda Ketahui

Sebuah informasi yang anda berikan atau terima merupakan hasil dari pengolahan data. Di era yang serba modern ini suatu data menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan. Hampir dalam kehidupan sehari – hari anda tidak akan lepas dari yang namanya informasi.

Tanpa adanya suatu informasi maka anda tidak akan mengetahui info – info terbaru dan tidak dapat menyelesaikan berbagai macam masalah. Dan tanpa adanya suatu data yang dicari sebelumnya maka tidak akan ada yang namanya informasi dan solusi untuk masalah sehari – hari. Namun sangat disayangkan pada realitasnya banyak orang yang tidak mengerti fungsi dan betapa pentingnya data bagi kehidupan saat ini.

Dan dalam kesempatan kali ini kami akan mengulas lebih dalam mengenai definisi atau pengertian dari suatu data, fungsi dan berbagai jenis data yang biasa kita temui sehari – hari. Istilah data ini sebenarnya tidak hanya dijumpai dalam bidang komputer saja, namun hampir di segala aspek kehidupan seperti bidang penelitian, pendidikan, sosial dan lain – lain. Langsung saja ulasan lebih lengkap mengenai pengertian data dapat anda simak dibawah ini :

Pengertian Data

pengertian data adalah

Pada dasarnya data adalah kumpulan informasi atau keterangan – keterangan dari suatu hal yang diperoleh melalui pengamatan atau pencarian ke sumber – sumber tertentu. Data yang diperoleh dapat menjadi suatu anggapan atau fakta karena memang belum diolah lebih lanjut. Setelah diolah melalui penelitian atau percobaan maka suatu data dapat menjadi bentuk yang lebih kompleks seperti suatu database, informasi atau bahkan solusi untuk masalah tertentu.

Dari segi Bahasa kata “data” diambil dari kata “datum” yang dalam Bahasa Romawi diartikan sebagai sesuatu yang diberikan. Oleh karena itu definisi sesungguhnya dari data adalah diberikan bukan memberikan, karena jika memberikan maka data itu sudah menjadi informasi yang baku dan diakui kebenarannya. Istilah data memang lebih banyak ditemui pada bidang komputer atau dalam lingkup suatu penelitian.

Dalam bidang komputer anda pasti tidak asing dengan yang namanya database ataupun software pengolah data. Sedangkan dalam lingkup penelitian, sudah menjadi hal yang wajib bahwa setiap peneliti terlebih dahulu harus mencari data dengan melakukan observasi (pengamatan) sebelum dikaji lebih lanjut dan akhirnya diperoleh hasil penelitian. Hal ini juga sering dijumpai dalam bidang pendidikan seperti pembuatan jurnal ataupun skripsi.

Fungsi Data

fungsi data

Setelah memahami definisi data maka sudah terlihat jelas fungsi dari data itu sendiri. Mungkin istilah data lebih banyak didengar dalam bidang komputer ataupun penelitian namun pada dasarnya hampir di semua aspek kehidupan anda membutuhkan yang dinamakan data ini. Bagi para peneliti suatu data dijadikan landasan utama dalam penelitiannya. Dalam penggunaan bidang komputer juga hampir selalu melibatkan suatu data yang kemudian diolah untuk memecahkan masalah.

Dengan melihat hal diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa suatu data berfungsi untuk membuat keputusan terbaik dalam memecahkan masalah, dapat dijadikan sebagai dasar suatu perencanaan atau penelitian, dijadikan sebagai acuan dalam setiap implementasi suatu kegiatan dan terakhir data juga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi. Suatu data dapat diibaratkan sebagai dasar perencanaan atau riwayat segala tindakan yang sudah dilakukan. Inilah mengapa hampir dalam semua aspek kehidupan melibatkan suatu data.

Jenis – Jenis Data

jenis-jenis data dan fungsi data adalah

Karena hampir ada di segala aspek kehidupan maka tidak mengherankan bahwa suatu data dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Terdapat banyak parameter pengelompokan data namun kebanyakan mungkin dikelompokkan berdasarkan sifatnya, berdasarkan sumber atau darimana data itu berasal, berdasarkan waktu pengambilan dan masih banyak lagi.

1. Berdasarkan sumbernya

Sebelumnya sempat dibahas bahwa suatu data itu diperoleh dari cara memperoleh yang berbeda. Perbedaan sumber ini juga dapat mengelompokkan data menjadi beberapa jenis yakni data primer dan data sekunder.

  • Data primer atau data asli ini diperoleh dari sumber – sumber tertentu yang didapat objek penelitian.
  • Data sekunder atau data tambahan biasanya diperoleh dari sumber – sumber terdahulu seperti buku, jurnal dan lain – lain.

2. Berdasarkan sifat-sifatnya

Suatu data juga dapat dibedakan berdasarkan sifat – sifatnya yakni data kualitatif dan data kuantitatif. Kedua jenis data ini juga sering digunakan dalam berbagai kesempatan penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya

  • Data kualitatif biasanya banyak dijumpai dalam berbentuk pernyataan verbal, gambar atau bahkan simbol.
  • Data kuantitatif lebih mengarah kepada pernyataan secara terbilang atau angka.

3. Berdasarkan waktu pengambilannya

Selanjutnya suatu data juga dapat dikelompokkan berdasarkan waktu pengambilan atau pengumpulannya. Terdapat jenis data yang dikumpulkan secara berkala dan data cross section.

  • Data berkala ini dapat dijumpai dalam kegiatan survey penduduk, data kebutuhan penduduk dalam setahun terakhir.
  • Data cross section atau data yang terkumpul pada waktu tertentu seperti data hasil ujian siswa yang diperoleh setelah ujian selesai dilaksanakan.

Sebenarnya jika dibahas lebih dalam lagi masih terdapat banyak parameter – parameter pengelompokkan suatu data seperti berdasarkan susunan, rasio dan masih banyak lagi namun ketiga parameter diatas yang sering ditemui di masyarakat.

Setelah membaca artikel mengenai pengertian data yang kami buat diatas dapat diambil kesimpulan bahwa suatu data memang saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Namun amat disayangkan pada kenyataannya masih banyak orang – orang yang kurang memahami definisi suatu data atau justru mengerti tapi berusaha untuk menyalahgunakan pemanfaatan data. Oleh karena itu kami mengharapkan pembaca dapat menyadari hal ini dan dapat memanfaatkan data yang diperoleh secara maksimal.

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend