Pengertian Proses dalam Komputer Beserta Contoh Perangkatnya, Sudah Tahu?

Proses dalam komputer adalah sebuah kegiatan pada sistem komputer baik dalam sistem hardware maupun sistem software ketika mengolah data yang masuk lewat peralatan input dan akan di tampilkan kembali melalui peralatan output, sebelumnya sudah pernah membahas tentang pengertian input device dan contohnya serta membahas juga tentang pengertian output device dan contohnya. Dengan memahami artikel yang sebelumnya, anda akan lebih mengerti tentang pengertian proses dalam komputer.

Pengertian Proses dalam Komputer

Proses pada komputer sendiri bukanlah satu perangkat yang bergerak sendirian atau single device, tapi terdiri dari berbagai macam peralatan dan komponen yang bekerja bersama dan saling berhubungan satu sama lain, perangkat proses pada komputer selain saling berhubungan juga saling memberi keseimbangan pada proses komputer sehingga dapat menjalankan berbagai macam fungsi dengan stabil.

Untuk lebih jelas mengenai pengertian proses dalam komputer, mari kita simak beberapa contoh peralatan proses dalam komputer seperti di bawah ini:

1. Power Supply

Bagi anda yang belum terlalu paham atau bahkan belum pernah melihat yang namanya perangkat power supply, anda bisa melihatnya pada bagian belakang cpu komputer yang terhubung langsung dengan listrik, di dalamnya terdapat perangkat berbentuk kotak yang berfungsi untuk media penghubung antara perangkat komponen komputer utama dengan sumber daya listrik, fungsi utama dari power supply sendiri adalah untuk menyuplai daya listrik ke berbagai macam komponen komputer sesuai dengan kebutuhannya.

Power Supply

Power Supply

Sehingga dengan adanya power supply, komponen di dalam komputer mendapatkan daya yang cukup, tidak kurang dan juga tidak berlebihan. Pemilihan power supply juga harus berhati-hati, karena setiap motherboard membutuhkan daya yang berbeda-beda, jangan sampai supply daya listrik terlalu kecil, yang akibatnya komputer di mampu untuk mengangkat mesin, dan juga jangan sampai terlalu besar, karena bisa mengakibatkan terjadinya ledakan, karena over daya listrik.

2. Motherboard

Sama seperti power supply, mother juga termasuk komponen yang terletak di dalam casing cpu, sehingga jika anda ingin mengetahui dan melihatnya, anda harus membongkar cpu, di dalam komputer jenis laptop juga terdapat komponen motherboard, fungsi dari motherboard adalah untuk di jadikan tempat sebagai media penempatan peralatan komponen utama bagi komputer, seperti RAM, Processor, VGA, dan seluruh perangkat yang terhubung dengan komputer akan di hubungkan dengan motherboard.

pengertian proses dalam komputer

Motherboard

Motherboard terdiri dari berbagai jenis, ketika membeli motherboard, anda harus melihat tipe dan processor jenis apa yang akan anda pasang, karena setiap processor membutuhan motherboard yang sesuai dengan tipenya, jika tidak, maka processor anda tidak bisa di pasang pada motherboard, karena tidak sesuai dengan slot yang tersedia, hal ini berlaku juga untuk komponen RAM, VGA dan alin sebagainya.

3. Processor

Perangkat yangs satu ini bisa di bilang sebagai komponen utama dari komputer, karena tanpa adanya processor, komputer bukanlah mesin yang pintar. Processor adalah otak utama dari komputer, seluruh pemrosesan data pada komputer akan di olah oleh processor, proses pengolahan yang di lakukan processor juga sangat cepat, jutaan data yang di proses mampu diolah dalam hitangan per detik.

pengertian proses

Processor

Kecepatan pengolahan data pada komputer sangat tergantung komponen processor, jika anda ingin mengetahui seberapa cepat processor yang anda miliki, anda bisa melihat frekuensi pada tiap-tiap processor, Ghz yang di cantumkan pada masing-masing produk processor sangat mempengaruhi kestabilan komputer ketika di gunakan. Sehingga pemilihan processor perlu berhati-hati dan di sesuaikan dengan bidang pekerjaan yang di butuhkan.

4. Random Access Memory (RAM)

Mungkin bagi anda yang sering bermain smartphone sudah tidak asing lagi dengan istilah RAM, karena setiap membeli perangkat tersebut pasti yang di tanyakan adalah kapasitas ram yang tersedia, tetapi tidak semua orang yang mengetahui ram, belum tentu mengetahui bagaimana cara kerja dan fungsi utama dari ram itu sendiri, sebagian besar dari mereka hanya berfikir bahwa perangkat yang memiliki kapasitas ram yang besar maka proses pengolahan akan lebih cepat.

RAM

RAM

Pendapat tersebut tidaklah salah, namun fungsi dari ram pada komputer, maupun smartphone adalah untuk menampung file maupun data lainya, tapi bukankah sudah ada harddisk? perbedaan antara ram dan harddisk terdapat pada durasi penyimpananya, jika harddisk di gunakan untuk menyimpan data secara permanen, sedangkan ram untuk menyimpan data untuk sementara, hal ini di butuhkan karena harddisk yang menggunakan teknologi mekanik tidak mampu mengimbangi kecepatan proses yang di lakukan oleh processor, untuk di butuhkanlah yang namanya ram.

5. Harddisk (HDD)

Setelah sebelumnya membahas tentang ram yang juga sama-sama sebagai media penyimpanan seperti harddisk, namun harddisk tetap berbeda dengan ram, tanpa salah satu di antaranya, maka komputer tidak akan bisa beroperasi. Harddisk adalah media pemproses data, tepatnya sebagai media penyimpanan permanen, data yang tersimpan pada harddisk tidak akan terhapus, kecuali pengguna komputer melakukan fungsi hapus pada data yang di target.

pengertian proses dalam komputer

Harddisk

sampai saat ini harddisk sudah sangat banyak jenisnya, mulai yang berukuran besar secara fisik yang umum di gunakan pada personal komputer, sampai harddisk yang berukuran kecil yang biasnaya di pakai pada perangkat laptop, selain itu kapasitas harddisk juga sangat beragam, dari yang 40 GB sampai yang berukuran jumbo mencapat 2 TeraByte.

Itulah pembahasan lengkap tetang pengertian proses dalam komputer, semoga dengan adanya artikel ini anda bisa menjadi lebih paham mengenai proses yang terjadi pada komputer, dan juga komponen komputer yang termasuk dalam peralatan proses.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend