Pengertian Output Device Beserta Fungsi dan Contoh Output Device pada Komputer

Pada sebuah personal komputer terdiri dari beberapa bagian, dimana masing-masing bagian memiliki fungsi tersendiri. Di antara bagian personal komputer antara lain adalah input device, processing, output device. Sebelumnya sudah pernah di bahas tentang pengertian input device dan contohnya, dan pada kesempatan kali ini yang akan di bahas adalah tentang pengertian output device dan contohnya, pembahasan akan di ulas secara rinci dan lengkap dengan di sertai beberapa contoh output device.

Pengertian Output Device

Output device atau perangkat keluaran adalah sebuah komponen perangkat yang merupakan bagian dari personal komputer, output device merupakan perangkat yang bertugas untuk menampilkan data yang telah di proses oleh bagian processor, sebelumnya data di ambil oleh perangkat masukan atau input device. Keberadaan dari output device atau perangkat keluaran sangatlah penting, karena termasuk dalam perangkat primer untuk berjalanya sebuah personal komputer.

Output device terdiri dari berbagai macam jenis, beberapa di antaranya pasti anda sudah sangat familiar dengan anda, karena sering di gunakan untuk menjalankan atau mengoperasikan pada komputer yang anda pakai. Untuk lebih jelasnya berikut di bawah ini adalah beberapa contoh perangkat keluaran atau output device yang harus anda ketahui:

Contoh Output Device

#1. Monitor

Perangkat keluaran ini sudah pasti sangat sering anda lihat ketika mengoperasikan komputer, yaitu monitor. Monitor merupakan bagian dari perangkat keluaran karena fungsinya yaitu menampilkan berbagai macam tampilan data yang perlu di ketahui oleh pengguna komputer, data yang di tampilkan monitor merupakan hasil olahan data yang di ambil dari perangkat penyimpanan yang kemudian di salin ke penyimpanan sementara, kemudian data tersebut di proses oleh komponen processor untuk di tampilkan pada layar monitor.

Pengertian Output Device

Monitor

Berdasarkan perkembangan dan inovasinya, monitor sudah berubah-ubah secara fisik maupun teknologi yang di gunakan, pertama kali kita melihat komputer dahulu masih menggunakan monitor dengan teknologi tabung, kemudian terus di kembangkan hingga muncul monitor dengan teknologi LCD yang memiliki bentuk lebih ramping, setelah itu muncul lagi dengan bentuk yang sama rampingnya namun menggunakan teknologi yang berbeda, yaitu monitor LED yang lebih hemat daya namun menampilkan hasil yang lebih jernih.

#2. Printer

Siapa yang tidak mengenal alat ini, printer merupakan alat atau perangkat yang berfungsi untuk mencetak dokumen maupun gambar. Printer masuk dalam bagian perangkat keluaran karena tugasnya menampilkan data berupa hasil cetakan yang sebelumnya berupa softfile. Data yang di keluarkan oleh printer merupakan data yang di ambil dari perangkat penyimpanan yang telah di olah oleh processor.

Pengertian Output Device

Printer

Printer sendiri terdiri dari berbagai macam, yang sering kita gunakan pastinya adalah printer jenis Ink jet dimana dalam proses pencetakan akan menggunakan tinta untuk menghasilkan bentuk data yang ada, selain itu ada juga yang menggunakan teknologi laser jet, printer jenis laser jet ini menggunakan teknologi laser untuk mencetak data dari komputer, selain kedua jenis printer tersebut ada juga jenis lain seperti dot matrik dan lain sebagainya.

#3. Projector

Mungkin sebagian besar pengguna komputer tidak pernah mengoperasikan perangkat keluaran yang satu ini, mengingat projector biasanya hanya di gunakan untuk media presentasi guna memudahkan audience untuk melihat data yang di tampilkan pada komputer, dahulu projector hanya bisa menampilkan data berupa dokumen kertas yang di pantulkan menggunakan sinar cahaya yang kuat untuk di tampilkan kembali lewat layar lebar dan itu tidak terhubung ke komputer.

Fungsi Output Device

Projector

Namun dengan seiring berkembangkanya waktu, akhirnya projector bisa terhubung ke komputer bahkan bisa menampilkan data presentasi yang di tampilkan oleh komputer itu sendiri. Sebenarnya fungsi projector sama seperti perangkat keluaran monitor, namun kebutuhan dari projector lebih di tekankan untuk kebutuhan presentasi, bukan untuk kegunaan komputer pada umumnya, Projector biasanya di pasang pada gedung pertemuan, ruang kelas belajar mengajar dan lain sebagainya.

#4. Speaker

Perangkat keluaran seperti speaker sebenarnya tidak hanya tersedia untuk komputer saja, tetapi juga untuk alat seperti tape, mixer, smartphone dan lain sebagainya. Speaker adalah alat yang berfungsi untuk mengeluarkan data berupa suara, data suara tersebut di ambil dari olahan processor yang mengolah data digital dengan fotmat tertentu. Data suara speaker umumnya di ambil dari perangkat masukan microfon yang langsung di keluarkan ke speaker ketika di gunakan untuk karaoke.

Contoh Output Device

Speaker

Namun speaker yang biasanya di gunakan pada perangkat komputer adalah jenis speaker seperti headphone yang langsung di gunakan pada kepala untuk, speaker seperti ini sering di temukan pada komputer yang di sewakan seperti di warnet, mungkin bagi anda yang hobi memainkan game online pasti sering menggunakan perangkat speaker untuk berkomunikasi dengan player yang lainya.

Itulah penjelasan mengenai pengertian output device dan contohnya, semoga dengan adanya pembahasan perangkat keluaran kali ini bisa menambah wawasan anda tentang dunia komputer, mengingat pengetahuan tentang output device sangat penting, karena perangkat keluaran sangat berhubungan erat dengan pengguna komputer ketika mengoperasikanya, sehingga dengan adanya artikel ini anda bisa lebih memahami dan mengetahui apa saja jenis-jenis perangkat keluaran atau output device.

Jika anda ingin mengetahui tentang bagian lain komputer seperti input device anda bisa membacanya pada artikel pengertian input device dan contohnya, Sekian pembahasan tentang pengertian output device dan contohnya, semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan anda tentang dunia komputer yang lebih luas.

Leave a Reply

Send this to a friend