Pengertian Perangkat Proses Beserta Fungsi dan Contoh Perangkat Proses

Komputer merupakan sebuah perangakat yang terdiri dari berbagai macam komponen perangkat pendukung, secara umum komputer dibagi menjadi tiga bagian, yaitu perangkat input, perangkat output dan perangkat proses. Dalam pembahasan artikel kali ini yang akan di bahas adalah perangkat proses, Pada pembahasan artikel sebelumnya sudah pernah mengulas tentang Perangkat Input dan Perangkat Output. Dengan menbaca seluruh bagian tentang komputer anda akan lebih bisa memahami tentang pembahasan pengertian perangkat proses kali ini.

pengertian perangkat proses

Perangkat Proses

Pengertian Perangkat Proses

Perangkat proses adalah peralatan atau komponen pada komputer berupa perangkat keras yang berfungsi untuk memproses data dan mengolah data yang diberikan oleh perangkat input yang nantinya akan di tampilkan oleh perangkat output. Sehingga data yang telah diproses oleh perangkat proses akan di tampilkan kepada pengguna komputer atau manusia. Seluruh perangkat proses tersebut akan bekerja secara bersama dengan dukungna perangkat input output lainya.

Perangkat proses bekerja dengan berdasakan pada Artimatika dan Logika Unit atau biasa disingkat dengan istilah ALU. Pemrosesan secara matematik itu dikerjakan oleh perangkat proses utama pada komputer yaitu Processor yang menjadi otak utama dari sebuah komputer, semakin tinggi spesifikasi dari processor maka komputer tersebut akan semakin cepat dalam mengolah data, jutaan proses dapat di kerjakan oleh komputer dalam waktu satu detik atau biasa disebut dengan Clock.

Fungsi Perangkat Proses

Seperti namanya perangkat proses berfungsi untuk memproses, namun yang perlu menjadi catatan untuk anda adalah, bahwa perangkat proses tidak hanya komponen processor pada cpu, tetapi banyak komponen komputer lainya yag termasuk dalam kategori perangkat proses. Fungsi dari perangkat proses selain processor juga sama yaitu untuk mengolah atau memproses data. Namun ada juga yang mengolah atau memproses lainya yang dalam hal general masih dalam kategori ‘mengelola’.

pengertian perangkat proses dan fungsi perangkat proses

Perangkat Proses

Tanpa adanya peran dari perangkat proses, komputer tidak akan tampil seperti mesin yang hebat seperti kita gunakan saat ini. Pemilihan perangkat proses juga sangat penting karena akan mempengaruhi performa dari komputer ketika di gunakan. Secara umum ada berbagai macam perangkat proses seperti, CPU (Central Processing Unit), Mother Board, Power Supply, Memory RAM, VGA, dan Sound Card.

Contoh Perangkat Proses

Secara umum kita mengenal perangkat proses pada komputer hanyalah komponen processor saja, namun nyatanya ada berbagai macam perangkat proses pada komputer. Dan peran dari perangkat tersebut tidak bisa di remehkan, karena tanpanya komputer tidak akan menjadi perangkat yag canggih, berikut di bawah ini adalah berbagai macam contoh dan penjelasanya tentang perangkat proses pada komputer.

1. Central Processing Unit (CPU)

Siapa yang tidak tahu tentang perangkat processor atau CPU, perangkat yang satu ini memiliki peran yang sangat penting karena menjadi otak utama yang berfungsi untuk memproses data dan perintah pada komputer. Pengguna seringkali salah menyebut CPU dengan menunjuk Casing komputer, padahal CPU berada di dalam casing komputer tepatnya menempel pada perangkat motherboard dengan supplay daya listrik yang diatur oleh power supply. Selain tiu processor juga bekerja dengan sangat cepat, sehingga akan mengakibatkan naiknya suhu processor, untuk itu dibutuhkan sebuah pendingin processor berupa FAN.

CPU - pengertian perangkat proses

Perangkat Proses

Processor secara merk terbagi menjadi dua jenis merk yang paling terkenal, yaitu Intel dan AMD. Keduanya terus bersaing dalam menghasilkan produk terbaiknya. Setiap tahun akan muncul processor generasi terbaru dari kedua produsen tersebut. Dengan mengeluarkan versi terbarunya Intel dan AMD selalu menaikan kapasitas kecepatan prosesnya atau biasanya kita sebut dengan GHz. semakin tinggi GHz yang ada maka kecepatan proses dari sebuah komputer akan semakin tinggi.

2. Power Supply (PSU)

Power Supply adalah perangkat proses yang jarang diketahui orang, karena posisinya yang selalu menempel dan proses penjualanya yang selalu dibarengkan dengan casing membuat orang jarang melihat power supply. Fungsi utama dari prower supply sendiri adalah untuk mengubah arus AC menjadi arud DC. Fungsi dari Power Supply sangat penting dan krusial, karena jika kita menyalakan komputer menggunakan arus AC yang tidak stabil, bisa-bisa komponen lainya yang ada di sebuah komputer akan mengalami over daya dan rusak.

pengertian perangkat proses

Perangkat Proses

Pada Power Supply terdapat banyak sekali kabel yang berfungsi untuk menyalurkan daya ke komponen komputer lainya, Power Supply mengontrol daya sesuai yang dibutuhkan oleh perangkat komputer, tidak kurang dan tidak lebih sehingga cukup untuk membuat setiap komponen pada komputer berfungsi dengan baik. Secara umum Power Supply terdiri dari dua jenis yang pertama adalah Power Supply jenis AT dan yang kedua adalah Power Supply jenis ATX.

3. Video Graphic Adapter (VGA)

VGA adalah salah satu komponen penting dalam perangkat proses pada komputer, karena peranya dalam mengolah dan memproses grafis menjadi hal yang patut untuk dipertimbangkan terutama bagi orang yang menggunakan komputer untuk kebutuhan grafis seperti gamer, editor video dan lain sebagainya. Video Graphic Adapter memberikan peran dengan memproses grafis yang akan ditampilkan pada layar monitor, sehingga jika anda ingin melihat grafis yang baik pada komputer, maka hal utama yang perlu di tingkatkan adalah Video Graphic Adapter.

3. Video Graphic Adapter (VGA)

Perangkat Proses

Semakin tinggi spesifikasi dari Video Graphic Adapter maka kualitas gambar yang akan di sajikan oleh komputer akan semakin baik. Sebaliknya semakin kecil dari Video Graphic Adapter maka kualitas gambar akan semakin buruk, terlebih jika kebutuhan komputer untuk keperluan grafis, pasti akan terlihat jelas kekurangan dari Video Graphic Adapter.

Nah itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian perangkat proses yang perlu anda ketahui, sehingga dengan memahami pengertian perangkat proses anda bisa menjadi lebih tahu tentang cara kerja dari komputer, terlebih jika anda juga sudah membaca tentang Perangkat Input dan Perangkat Ouput, hal ini akan membuat pengetahuan anda mengenani komputer menjadi lebih sempurna.

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply