Pengertian Input Device Beserta Fungsi dan Contoh Input Device pada Komputer

Personal komputer merupakan sebuah kesatuan dari beberapa bagian komponen seperti input device, processing, dan output device. Ketiga bagian tadi memiliki fungsi yang berbeda-beda, dan masing-masing bagian terdiri dari berbagai macam perangkat, misalnya adalah input device yang merupakan perangkat yang bertugas menginputkan perintah dari pengguna untuk di proses oleh perangkat processing dan kemudian di tampilkan oleh output device, Pada pembahasan kali ini yang akan di bahas adalah pengertian input device dan contohnya.

Pengertian Input Device

Secara umum Input device adalah perangkat masukan pada personal komputer yang berfungsi untuk memasukan perintah dari pengguna komputer baik berupa perintah teks, gambar, maupun suara yang nantinya akan di oleh kembali oleh perangkat processing untuk di tampilkan oleh perangkat penampil, atau output device.

Output device terdiri dari berbagai macam perangkat, dan sebagian besar pastinya sudah sangat familiar dengan anda. Karena input device merupakan perangkat inti dari komputer. Berikut di bawah ini pengertian input device dan contohnya.

Contoh Input Device:

#1. Keyboard

Siapa yang tidak tahu tentang perangkat komputer yang satu ini, Keyboard adalah sebuah perangkat input yang bersifat primer bagi setiap komputer, artinya setiap pengguna komputer pasti membutuhkan yang nmanaya keyboard untuk mengoperasikan komputernya, berbeda dengan mouse yang juga sama-sama perangkat input, karena tanpa mouse sebuah komputer masih bisa di operasikan, tapi jika tanpa adanya keyboard komputer akan sulit untuk di operasikan.

Pengertian Input Device

Keyboard

Karena fungsi dari keyboard sangatlah penting, karena bisa berjalan dan di operasikan pada program aplikasi DOS dan GUI, sedangkan keyboard hanya bisa berjalan pada program apliaksi GUI. Dengan menggunakan keyboard pada program aplikasi DOS, kita sebagai penggunakan komputer dapat memberikan perintah-perintah pada komputer dengan menggunakan perintah teks untuk menjalankan suatu fungsi pada komputer, sehingga akan menampilkan hasil proses yang berbeda-beda.

Keyboard terdiri dari berbagai jenis, terutama jenis dalam penyusunan urutan tombol yang di susun, namun yang paling terkenal dan banyak di gunakan oleh pengguna komputer adalah jenis urutan QWERTY, selain itu jenis ukuran dan bentuk keyboard juga berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan penggunanya, seperti untuk pengguna berkebutuhan untuk multimedia akan berbeda dengan keyboard untuk pengguna yang bekerja sebagai programmer, perbedaan ini mencakup penambahan tombol, dan bentuk keyboard secara fisik.

#2. Mouse

Setelah membahas tentang keyboard dalam komputer pasti tidak akan lepas dengan yang namanya mouse, karena sepasang perangkat ini sangat di butuhkan oleh pengguna komputer dalam mengoperasikan perangkatnya. Mouse adalah sebuah perangkat masukan pada komputer untuk menjalankan pointer yang tampil di layar guna untuk mewakili tangan pengguna dalam menjalankan fungsi-fungsi yang terdapat pada komputer.

Pengertian Input Device

Mouse

Mouse hanya bisa digunakan untuk komputer yang menggunakan Grafik User Interface atau tampilan gambar untuk memudahkan pengguna, artinya adalah mouse tidak bisa di gunakan pada komputer yang menggunakan sistem atau program aplikasi yang berbasis DOS, biasanya DOS di gunakan oleh para expert komputer untuk menjalankan berbagai macam aplikasi berat seperti sistem server dan program aplikasi server yang secara teknis tidak membutuhkan GUI dan perangkat mouse.

Secara umum kita mengenal ada dua jenis macam mouse dalam tampilan fisiknya, yang pertama adalah mouse jenis track ball, kita bisa mengetahui mouse jenis ini jika kita melihat pada bagian bawah mouse, apabila ada sebuah bola yang mengedalikan pointer pada layar, maka itu adalah jenis mouse track ball. Satunya lagi adalah mouse jenis Optik, dimana untuk mengendalikan pointer yang ada di layar, mouse memanfaatkan pantulan sinar optik untuk mendeteksi gerakan tangan.

#3. Joystick

Joystick adalah salah satu perangkat masukan yang memiliki fungsi sama seperti perangkat masukan yang lain, yaitu untuk menjalankan berbagai macam fungsi untuk mengendalikan komputer. Namun perangkat ini di khususkan untuk pengguna komputer yang memanfaatkan perangkatnya untuk bermain game, jadi untuk kebutuhkan selain game, anda tentu tidak bisa menggunakan perangkat ini, karena algoritma yang sudah tertanam pada perangkat joystick dan pada sistem komputer memang hanya bisa untuk program aplikasi game saja.

Terdapat berbagai macam jenis joystick yang berbeda berdasarkan bentuknya, hal ini karena kebutuhan game pada yang juga berbeda. namun bentuk joystick yang paling populer di gunakan oleh pengguna komputer saat ini adalah bentuk joystick seperti yang sering kita lihat untuk bermain playstation. Karena memang fungsi dan tombol yang tersedia cukup lengkap, selain itu pengambang game juga selalu mensupport jenis joystick yang satu ini.

Pengertian Input Device dan Contohnya

Selain itu ada juga bentuk joystick seperti persneling mobil, biasanya joystick seperti ini di gunakan untuk jenis game yang mengangkan tema seperti balapan mobil, mengendalikan pesawat dan lain sebagainya. Joystick sering di gunakan oleh instansi pemerintah seperti sekolah dinas dan kepolisian untuk menjalankan sistem kendali pelatihan virtual dalam menjalankan seperti pesawat, kendaraan bermobil, dan pelatihan menjadi masinis kereta api.

Selain ketiga perangkat masukan yang telah di jelaskan di atas, sesungguhnya masih banyak lagi perangkat masukan yang sering kita gunakan sehari-hari ketika menjalankan perangkat komputer, seperti alat scanner yang berfungsi untuk mengambil gambar pada kertas, microfon yang berfungsi untuk memasukan data berupa suara untuk di olah kembali oleh perangkat komputer, yang nantinya bisa kita lihat pada perangkat keluaran atau yang populer dengan sebutan output device.

Semoga dengan adanya artikel yang membahas tentang input device ini, anda menjadi bisa mengetahui apa yang di maksud dengan pengertian input device dan contohnya. Sehingga anda bisa membedakan berbagai macam jenis perangkat komputer yang ada berdasarkan jenisnya.

Leave a Reply

Send this to a friend