Pengertian Brainware Beserta Fungsi dan Macam-macam Brainware

Dalam dunia komputer ada tiga objek utama yang terlibat di dalamnya, seperti hardware, software dan brainware. Software adalah perangkat lunak yang di gunakan pada hardware, Hardware adalah perangkat keras di gunakan untuk menjalankan perangkat lunak, dan yang terakhir adalah Brainware yang menjalankan hardware dan software. Brainware adalah objek utama yang mengendalikan perangkat lunak dan perangkat keras, Jadi Brainware adalah orang yang menjalankan atau menggunakan komputer.

Jadi anda saat ini jika sedang menggunakan komputer maka anda di sebut sebagai brainware, namun brainware sendiri di bagi menjadi beberapa bidang. Namun secara umum penyebutan brainware adalah orang yang menggunakan komputer, baik untuk kerja, bermain (Game), untuk mengembangkan aplikasi maupun hanya untuk sekedar monitoring. Untuk lebih jelasnya mari kita simak tentang pengertian brainware di bawah ini.

Pengertian Brainware

pengertian brainware dan fungsi brainware

Secara umum brainware memiliki pengertian yaitu orang yang memakai atau menjalankan perangkat komputer dengan kemampuan atau skill tertentu, karena brainware terbagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan bidang pekerjaan dalam bidang komputer. Banyak sekali pekerjaan di bidang komputer, dan itu semualah yang di sebut sebagai brainware, pekerjaan di sini bukanlah yang menjurus tentang cara untuk mendapatkan uang, tetapi pekerjaan disini adalah kegiatan yang langsung berinteraksi dengan komputer.

Brainware secara bahasa di artikan sebagai perangkat intelektual yang bertugas mengoperasikan komputer, mengembangkan perangkat komputer, baik dari sisi perangkat keras maupun perangkan lunak. Di sisi lain penyebutan brainware juga populer dengan istilah user, ada banyak sekali jenis user komputer atau brainware, pada kesempatan ini akan di jelaskan beberapa macam brainware yang perlu anda ketahui untuk memperkaya pengetahuan di bidang komputerisasi, Berikut di bawah ini adalah macam-macam brainware.

Macam-macam Brainware

Berdasarkan pengertian brainware di atas kita dapat mengetahui penerapan brainware di bidang komputerisasi, brainware terbagi menjadi beberapa bidang pekerjaan yang sudah sangat familiar di sekitar kita, beberapa bidang pekerjaan tersebut antara lain, programmer, system analys, administrator, operator. Berikut di bawah adalah penjelasan lengkap mengenai beberapa bidang pekerjaan tersebut:

1. Programmer

Programmer adalah orang yang memiliki kemampuan secara intelektual dalam melakukan pengembangan perangkat lunak, programmer sendiri terbagi menjadi beberapa macam, ada programmer front end dan programmer backend. Namun secara umum dari segi brainware, programmer adalah orang yang menggunakan peralatan komputer untuk melakukan pengembangan di bidang perangkat lunak guna memudahkan pengguna komputer yang lain.

2. Administrator

Administrator adalah orang yang bertugas melakuan pengamanan dan penjagaan terhadap sebuah sistem, jika anda merupakan administrator dari sebuah sistem server, maka anda harus melakuakn tugas penjagaan secara full time untuk memastikan kinerja dari komputer server tetap berjalan dengan baik dan sesuai prosedur tetap. Jika terjadi permasalahan dengan komputer server, maka anda sebagai administrator yang bertanggung jawab atas permasalahan ini.

3. Operator

Operator adalah orang yang menjalankan sebuah sistem, baik sistem komputer maupun sistem informasi. Jika saat ini anda sedang menggunakan komputer untuk membaca artikel ini, berarti anda sedang menjadi operator komputer dari perangkat yang anda gunakan. Jika dalam bidang pekerjaan, seorang operator biasanya di sebut dengan pranata komputer.

4. System Analys

System Analys adalah orang yang bertugas melakukan pengamatan lapangan dan rancangan terhadap sistem yang akan di bangun oleh programmer, sehingga programmer tidak serta merta melakukan pembuatan perangkat lunak, tetapi programmer membuat perangkat lunak berdasarkan hasil analisis dan pengamatan seorang system analys, System analys memiliki tingkatan lebih tinggi dari pada programmer.

Tugas Pokok dan Fungsi Brainware

pengertian brainware dan fungsi brainware

Brainware adalah perangkat intelektual yang memiliki tugas pokok dan fungsi utama yang memiliki tanggung jawab masing-masing. Dari pembuat perangkat lunak sampai pengguna perangkat lunak adalah termasuk dalam brainware, penjelasan lengkap mengenai tugas pokok dan fungsi utama dari brainware adalah sebagai berikut di bawah ini:

  1. Tugas utama dari seorang brainware yang bertugas sebagai administrator sistem adalah menerima laporan leaver, stayer, dugaan cheater (MH, bugs, dll) dari users yang berada di channel dan memproses baned sesuai dengan bukti yang ada. Biasanya brainware seperti ini berada di sebuah sistem yang besar seperti layanan sosial media yang mengawasi para penggunanya, dan melakukan tindakan represif jika terjadi pelanggaran aturan yang berlaku.
  2. Menjaga ketertiban / keteraturan sistem, seorang brainware yang bertugas sebagai administrator akan menjadi penanggung jawab atas segala yang terjadi, jika terjadi suatu konflik di sebuah diskusi sosial media, maka seorang administrator akan melakukan tindakan yang keras seperti banned dan mematikan komentar. Sehingga bisa menghentikan kekacauan yang terjadi, karena jika hal seperti ini marambah ke dunia nyata, maka pihak kepolisian akan mengejar administrator untuk di jadikan tersangka pertama.
  3. Mencegah flooding, seorang brainware akan melakukan atau mencegah kejadian flooding yaitu terjadinya pengulangan kata yang sama dalam waktu bersamaan, sehingga dapat mencegah terjadinya penumpukan data yang akan memberatkan disk penyimpanan pada server.
  4. Mencegah flaming, seperti yang telah di sebutkan tadi, jika terjadi kericuhan pada sebuah diskusi di sosial media, maka seorang admin harus bertanggung jawa atas segala sesuatu yang terjadi, jadi seorang admin harus mencegah flaming atau penggunaan kata-kata yang memancing terjadinya emosi berlebihan.

Nah itulah penjelasan mengenai pengertian brainware yang di sertai dengan contoh dan fungsinya, dengan adanya pembahasan seperti ini di harapkan pembaca menjadi lebih memahami tentang brainware, karena kebanyakan orang mengetahui brainware hanya sebatas pengguna komputer, padahal pengguna komputer terbagi menjadi beberapa bidang pekerjaan yang berbeda-beda. Untuk itu dengan adanya artikel ini anda menjadi tahu apa perbedaan dari masing-masing brainware.

Leave a Reply

Send this to a friend