5 Kelompok Hacker Paling Ditakuti di Dunia, No. 3 Terkenal dengan Kebaikannya!

Meretas dan mencuri data penting yang terdapat pada sebuah sistem adalah perilaku kejahatan yang sangat dilarang saat ini. Bukan hanya mendapatkan kerugian yang besar bagi korban, tapi juga bisa merugikan seluruh lapisan masyarakat. Contohnya saja ada yang sengaja meretas website dan sistem yang dimiliki suatu negara dikarenakan tidak menyetujui kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh negara tersebut.

Orang yang mampu meretas dan mencuri data-data penting itu disebut juga dengan Hacker. Terlepas dari itu semua, tidak menutup kemungkinan ada hacker yang juga memiliki jiwa yang baik dan membantu sesama. Contohnya seperti hacker yang membobol rekening beberapa koruptor dan menyumbangkan seluruh uang yang berhasil didapatkannya kepada beberapa organisasi amal.

Dan tahukan kamu bahwasanya hacker juga memiliki tim atau kelompoknya sendiri, dan lebih hebatnya lagi kelompok hacker ini sangat ditakuti di seluruh dunia. Kelompok hacker apa sajakah itu?

1. globalHell

globalhell

Image : blog.radware.com

Kelompok hacker globalHell ini didirikan oleh seorang preman jalanan yang bernama Patrick Gregory. Gregory beralih ke dunia maya dengan tujuan untuk terlepas dari kejahatan yang ia buat dijalanan. Setelah ia berhasil keluar dari perbuatan jahatnya di jalanan, tetapi ia malah berbuat kejahatan di internet.

Kejahatan yang pernah dibuat oleh Globalhell adalah kelompok ini dituduh bertanggung jawab atas kerusakan yang menimpa 115 situs dan mengakibatkan kerugian jutaan dollar Amerika. Korban dari serangan globalHell ini adalah situs Angkatan Darat Amerika, di mana mereka melakukan aksi deface dan menuliskan kalimat ‘global hell will not die’ di situs tersebut. Tetapi, Gregory akhirnya berhasil di tangkap polisi dan mengaku bila sudah menyebabkan kerugian hingga USD 2,5 juta dolar akibat aksinya itu.

2. NCPH (Network Crack Program Hacker Group)

kelompok hacker

Image : Telset.id

Kelompok hacker ini dibentuk pertama kali didaerah Zingong, China pada tahun 1994 yang lalu. Kelompok hacker ini hanya memiliki 10 orang anggota dengan 4 orang sebagai pemain inti dalam kelompok pada tahun 2006. Kelompok Network Crack Program Hacker Group atau yang biasa disebut dengan NCPH ini juga dipimpin oleh seseorang yang memiliki username Wicked Rose dan telah diketahui nama aslinya yaitu Tan Dailin.

Aksi peretasan mereka berhasil ketika meretas banyak situs asosiasi hacker di China lainnya. Hingga pada tahun 2006 lalu, Wicked Rose menciptakan sebuah software yang diberi nama GinWui Rootkit dengan tujuan untuk menyerang Departemen Ketahanan Amerika.

3. Anonymous

Anonymous

Image : 2.bp.blogspot.com

Sebagian dari kalian pasti pernah mendengar sebutan kelompok hacker yang satu ini. Karena kelompok hacker ini sudah memiliki anggota lebih dari 5600 anggota. Dengan jumlah anggota yang sangat fantastis tersebut banyak orang yang merasa takut dengan kelompok hacker yang satu ini.

Kelompok ini dibentuk pada tahun 2003 dan mereka memiliki ciri khas menggunakan topeng Guy Fawkes atau lebih sering dikenal V for Vendetta. Anonymous termasuk kelompok hacker yang paling anti terhadap paham scientology, korupsi dan homophobia.

Untuk menjadi bagian dari Anonymous ini tidaklah perlu mengikuti pendaftaran atau apapun, karena kelompok ini dibuat hanya untuk orang-orang yang memiliki minat yang sama dan bukan merupakan sebuah organisasi. Maka dari itu semua orang bisa menjadi Anonymous. Anonymous pun memiliki slogan yang sangat terkenal, yaitu :

“We are Anonymous. We are Legion. We do not forgive. We do not forget. Expect us”

Salah satu kasus yang pernah dilakukan oleh anonymous yaitu pada Oktober 2015, Anonymous berhasil melumpuhkan 40 situs pornografi anak ilegal. Anggota kelompok ini menemukan cache situs itu pada 14 Oktober lalu saat menyusuri situs rahasia Hidden Wiki. Pada saat bersamaan, Anonymous menemukan ratusan situs bawah tanah yang tak tampak di mesin pencari.

Para peretas ini khususnya menarget situs berbagi file pedofil Lolita City (situs yang memfasilitasi berbagi gambar yang menggambarkan eksploitasi anak-anak muda) dan membocorkan 1.589 nama aktif anggotanya ke publik pada 18 Oktober 2011 lalu. Dalam kampanye ‘Operation Darknet’, kelompok ini juga menguak sisi gelap internet yang disebut ‘darknet’ yang tak bisa diakses pengguna biasa. Dan anonymous juga pernah membobol rekening milik koruptor dan mendonasikan seluruh hasilnya ke beberapa organisasi amal dengan total uang mencapai 1 juta dollar AS.

Karena perbuatannya tersebut kelompok ini juga biasa disebut dengan Robin Hood di dunia maya. Tetapi perbuatan ini tidak diperbolehkan karena mencuri sesuatu itu adalah perbuatan kejahatan yang dilarang oleh negara. Gimana? Menurut kamu apakah perbuatan kelompok Anonymous ini adalah sebuah kejahatan atau malah sebaliknya?

4. MilW0rm

MilW0rm

Image : SourceForge

MilW0rm pernah menyerang fasilitas riset nuklir utama milik negara India yakni Bhabha Atomic Research Center (BARC) sebagai bentuk protes terhadap anti-nuklir mereka pada tahun 1998. Mulai dari UK, US, Russa, dan New Zealand, mereka berhasil membobol firewall fasilitas tersebut, lalu mendapatkan email dan data riset terbaru, menghapus bersih data 2 dari 8 server yang ada, serta menuliskan pesan anti-nuklir pada situs web mereka.

Akibatnya semua institusi serupa langsung meningkatkan keamanan sistem mereka karena hal tersebut dapat berdampak besar terhadap perusahaan mereka. Tindakan penyerangan tersebut memiliki anggota yang masih berumur 15 tahun.

Setelah beberapa bulan sejak kejadian tersebut, nama MilW0rm lebih semakin dikenal karena berhasil menyerang perusahaan hosting bernama EasySpace yang hanya satu jam pesan anti-nuklir muncul di 300 situs web lainnya, termasuk situs Keluarga Kerajaan Saudi, Wibledon, Ritz Hotel, dan Fifa World Cup.

5. Level Seven Crew

Seven level Crew

Image : 2.bp.blogspot.com

Sebagai nama kelompok hacker, kelompok ini termasuk yang paling unik karena nama grup Level Seven Crew ini dipercaya didapatkan dari nama neraka tingkat ke-7 pada syair terkenal milik Dante Alighieri “The Inferno”. Level Seven Crew ini telah berhasil meretas lebih dari 60 sistem komputer termasuk didalamnya adalah Bank Nasional Amerika, Hotel Sheraton dan NASA.

Level Seven Crew merupakan kelompok yang terkenal atas aksi penyerangan mereka terhadap Kedutaan Amerika di China, dengan motif protes terhadap kesalahan pengeboman US terhadap kedutaan China. Tindakan mereka ini kebanyakan berdasarkan atas tindakan “Hacktivism”, yaitu sebuah bentuk aktivisme online yang diluar dari tujuan pribadi. Tetapi pada tahun 2000 kelompok ini sudah dibubarkan, tetapi kabarnya tepat pada tanggal 10 Februari 2013, kelompok ini mulai dibentuk kembali.

Nah, itulah beberapa kelompok hacker yang paling ditakuti di dunia karena kehebatannya dalam meretas sistem yang memiliki sistem keamanan yang kompleks. Dan tidak sepenuhnya hacker itu adalah perbuatan jahat, karena menjadi seorang hacker kita tetap bisa membantu banyak orang.

Sarifah Farrah Fadillah

Hanya seseorang yang suka menulis dan tertarik di bidang Teknologi. Dan orang yang selalu percaya akan kata-kata ‘Usaha tidak akan mengkhianati Hasil’.

Leave a Reply

Send this to a friend