Pengertian Virtualisasi Beserta Fungsi dan Jenis-jenis Virtualisasi, Lengkap!

Pernahkah anda mendengar kata ‘Virtualisasi’? istilah ini sebenarnya sangat populer di dunia komputer terutama pada kalangan teknisi komputer tingkat tinggi, virtualisasi adalah sebuah teknik bagaimana cara menyebunyikan komputer secara fisik tetapi memiliki sistem operasi yang tetap berjalan pada mode virtual, banyak sekali jenis virtualisai. Saat ini tidak hanya pengguna tidak hanya bisa menjalankan virtualisasi sistem komputer, tetapi juga bisa menjalankan virtualisasi sistem smartphone. Namun di kalangan pengguna komputer yang paling populer adalah virtualisasi sistem komputer server.

Pengertian Virtualisasi dan Fungsi Virtualisasi

Pengertian Virtualisasi

Virtualisasi sebenarnya bukanlah hal baru di dunia komputer, istilah teknologi ini sudah mulai populer pada tahun 1960-an. Bahkan saat tahun tersebut, teknik virtualisasi sudah di terapkan ke beberapa komputer, dengan mode sistem komputer sampai kemampuan atau komponen individu. Pengertian virtualisasi sesungguhnya istilah virtualisasi yang anda dengar memiliki konsep yang sama yaitu dengan menyembunyikan perangkat fisik serta fungsi dan kerja teknis dengan cara mengaplikasikan teknologi enkapsulasi data.

Berdasarkan pendapat dan pengertian virtualisasi dari pakar virtualisasi Alan Murphy dalam bukunya menyebutkan ada delapan istilah dalam pengaplikasian istilah vitualisasi, delapan istilah virtualisasi itu adalah Aplication system virtualization, operating system virtualization, management virtualization, network virtualization, hardware virtualization, storage virtualization dan service virtualization. Teknologi virtualisasi yang di sebutkan tadi sudah banyak di gunakan dan populer di kalangan teknokrat. Lalu sebenarnya apa fungsi utama penerapan teknologi virtualisasi?

Fungsi Virtualisasi

  1. Mengurangi biaya invstasi hardware, teknologi virtualisasi adalah sebuah teknik untuk menyembunyikan teknis namun tetap menghadirkan fungsi utama dari sistem operasi yang ada, dalam hal ini dengan menggunakan virtualisasi anda akan mengurangi biaya perawatan hardware, karena dengan virtualisasi anda dapat menjalankan banyak sistem operasi dalam satu komputer saja, yang terpenting dalam penggunaan teknologi virtualisasi adalah kemampuan dari satu perangkat yang mampu untuk menjalankan banyak sistem operasi.
  2. Easy to Backcup and Recovery, dengan menggunakan teknologi virtualisasi anda akan di mudahkan untuk melakukan proses backup dan recovery data, jadi jika anda menginginkan untuk mengamankan data yang ada di komputer virtual, anda cukup dengan melakukan backup dari satu tempat saja, karena seluruh perangkat virtual dapat di akses dari satu komputer saja. Sejalan dengan proses backup, anda juga akan di permudah dalam proses pengembalian data atau recovery, ketika anda ingin melakukan proses pengembalian data, anda cukup dengan mengeklik beberapa tombol, apalagi teknologi virtual yang anda gunakan merupakan produk dari suatu vendor penyedia layanan virtual, mereka pasti akan menyediakan fitur untuk kebutuhan ini.
  3. Easy to Deployment, apakah anda mengetahui tentang deploy atau istilah lainya adalah cloning, cloning sistem sangat penting da di butuhkan pada teknologi server, karena dengan menggunakan teknik cloning akan mendapatkan banyak keungtungan, salah satunya adalah mengurangi staff IT yang bertugas dalam melakukan instalasi sistem, jadi anda tidak perlu menginstall lagi jika terdapat perangkat baru, anda cukup melakukan cloning sistem beserta konfigurasi dari perangkat lama untuk di terapkan ke dalam perangkat baru.
  4. Mengurangi Panas, dalam penggunaan teknologi server pastinya akan di butuhkan yang namanya pendingin ruangan, pada satu ruangan server setidaknya di butuhkan dua air conditinoer atau AC, itupun jika perangkat server memiliki ukuran yang kecil dan berjumlah satu buah, namun jika terdapat banyak perangkat anda harus menambahkan alat pendingin ruangan juga. Dengan menggunakan teknologi virtualisasi server anda tidak perlu menambahkan pendingin ruangan, sehingga bisa menghemat biaya listrik.

Pengertian Virtualisasi dan Fungsi Virtualisasi

Jenis-jenis Virtualisasi

  1. Aplication system virtualization, adalah teknologi virtualisasi yang menerapkan teknik memvirtualkan sebuah aplikasi di sebuah sistem operasi, jika ingin mengetahui contoh penerapan teknologi yang satu ini, anda dapat mencari di play store dengan kata kunci cloning App, maka anda akan menemukan banyak aplikasi yang berfungsi untuk melakukan virtualisasi aplikasi, dimana anda dapat melakukan cloning dari suatu aplikasi.
  2. Operating system virtualization, sistem operasi virtual banyak di gunakan oleh pengguna indonesia oleh kalangan pelajar, biasanya mereka menggunakan virtualisasi sistem operasi untuk alat belajar dalam menggunakan suatu materi baru, sehingga jika terjadi kerusakan pada sebuah pembelajaran, maka yang rusak adalah sistem virtualnya bukan sistem yang asli di sebuah komputer.
  3. Management virtualization, dengan menggunakan teknologi manajemen virtual akan memudahkan anda terutama yang bekerja sebagai project leader dalam merencanakan berbagai macam proyek untuk menggambarkan rencana dan proses kerja kedepanya, sehingga anda dapat mengetahui apa saja yang perlu di siapkan sebelum menjalankan project yang sebenarnya.
  4. Network virtualization, untuk network virtualisasi biasanya banyak di gunakan oleh para teknisi jaringan internet, teknologi ini di gunakan untuk merancang konfigurasi dari sebuah rancangan jaringan internet, sehingga ketika rancangan akan di terapkan, teknisi tinggal menyalin rancangan dari virtual ke teknologi jaringan yang nyata.
  5. Storage virtualization, virtual storage sebenarnya sama dengan storage cloud, dimana pengguna dapat memanfaatkan penyimpanan virtual untuk menyimpan berbagai macam file layaknya menyimpan di sebuah flashdisk, namun storage virtual ini membuat anda seperti membawa perangkat penyimpanan kemampun anda pergi, sehingga anda dapat mengakses data file anda dari manapun dan kapanpun.
  6. Service virtualization, layanan virtual adalah sebuah teknologi yang sudah banyak di gunakan oleh sistem informasi yang di buat oleh para pengembang aplikasi, dengan menggunakan layanan virtual akan mengurangi jumlah karyawan dan mengoptimalkan pelayanan kepada pelanggan, dengan menggunakan layanan virtual juga akan menghilangkan kesalahan yang biasanya banyak terjadi ketika di lakukan oleh manusia.

Nah itulah penjelasan mengenai pengertian virtualisasi yang di sertai dengan fungsi serta contoh teknologi virtualisasi, dengan adanya artikel ini di harapkan pembaca mampu untuk memahami apa sebenarnya virtualisasi dan bagimana penerapan virtualisasi di kalangan pengguna komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend