Mengenal Struktur Sistem Komputer dan Penjelasannya Secara Lengkap

Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang struktur sistem komputer dan penjelasannya. Seperti yang diketahui bahwa berdasarkan fungsinya komponen dalam komputer dibagi menjadi 3, yaitu komponen input, komponen proses dan komponen output. Ketiga komponen itu saling bekerja sama menghasilkan suatu lingkungan yang disebut dengan sistem komputer.

Kata sistem berasal dari bahasa Latin “systema” yaitu suatu kesatuan yang terdiri dari beberapa komponen atau elemen yang saling berkaitan satu dengan yang lain dalam mencapai tujuan tertentu.

Tujuan utama dari sistem komputer adalah mengolah suatu data dengan dukungan yang berasal dari perangkat keras, perangkat lunak dan penggunanya untuk menghasilkan suatu informasi.

Struktur Sistem Komputerstruktur sistem komputer dan penjelasannya

Sistem komputer itu sendiri memiliki struktur-struktur yang didefinisikan sebagai cara-cara yang digunakan agar setiap komponen dalam komputer saling terkait dan bekerja sama dalam menjalankan fungsinya dengan baik. Tidak ada ketentuan khusus tentang bagaimana struktur sistem dalam komputer.

Secara umum, ada struktur dalam komputer dibagi menjadi 5 bagian utama, piranti masukan (input device), piranti keluaran (output device), I/O Ports, CPU dan Memory. Untuk lebih jelasnya, simak uraian dari masing-masing komponen berikut ini.

1. Input DeviceStruktur Sistem Komputer - input device

Input device termasuk kedalam perangkat keras komputer yang menangani aktivitas penerimaan input yang berasal dari luar sistem. Fungsi dari input device ini adalah memasukkan data atau perintah yang diberikan oleh pengguna kedalam sistem. Contoh perangkat yang menjadi bagian input device seperti keyboard, mouse, joystick, scanner, touchpad dan masih banyak lagi.

2. Output Deviceoutput device

Output device merupakan perangkat keras yang menangani aktivitas keluaran. Fungsi dari output device adalah untuk menampilkan hasil dari pengolahan data, baik itu berupa soft copyhard copy ataupun suara. Contoh perangkat keras komputer yang termasuk kedalam output device adalah monitor, printer, speaker, projector dan sebagainya.

3. I/O Portsport input-output

I/O Ports dikatakan sebagai konektor yang berada dalam pengawasan processor untuk menangani aktivitas input dan output. Atau dengan kata lain, port ini digunakan untuk menghubungkan setiap perangkat yang berasal dari luar komputer, seperti printer, scanner, mouse ataupun USB.

Biasanya, port ini terletak berada pada bagian belakang CPU pada komputer dan bagian dalam motherboard, sedangkan pada laptop port terletak di samping kanan dan kiri.

4. CPU (Central Processing Unit)

Struktur Sistem Komputer - CPU

CPU (Central Processing Unit) merupakan perangkat keras komputer yang disebut sebagai otak dari sistem komputer. Sebab, cepat atau lambatnya kinerja dari suatu komputer ditentukan oleh teknologi dan kualitas dari CPU yang digunakan.

Terdapat 3 macam komponen dalam CPU, yaitu unit kontrol, register dan ALU (Aritmathic Logic Unit). Unit kontrol merupakan bagian yang berfungsi untuk mengatur jalannya program, register berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara data yang sedang diolah untuk lanjut ke pengolahan berikutnya. Sedangkan ALU yang memiliki tugas untuk menjalankan operasi aritmatika dan logika berdasarkan instruksi yang diberikan.

5. Memory memory

Memory mengacu pada perangkat yang berfungsi sebagai media penyimpanan dalam sistem komputer. Terdapat dua jenis sifat memory yang digunakan, volatile adalah penyimpanan sementara dimana data akan hilang ketika komputer dimatikan, dan non-volatile adalah penyimpanan permanen yang akan menyimpan data walaupun komputer tidak dinyalakan.

Berdasarkan letaknya, memory terbagi ke dalam dua bagian, yaitu memory internal dan eksternal. Memory internal inilah yang dikatakan sebagai memory utama dalamm sistem komputer, seperti RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory).

6. Control Bus

Sesuai dengan namanya, contorl bus merupakan bagian sistem komputer yang berfungsi untuk mengontrol penggunaan akses ke data bus dan address bus. Pada prinsipnya, saluran data dan saluran alamat dipakai secara bersamaan oleh seluruh komponen, sehingga diperlukannya control bus untuk mengontrol penggunaannya. Control bus ini dilengkapi dengan sinyal-sinyal perintah menspesifikasikan operasi-operasi yang akan dibentuk.

7. Address Bus (Saluran Alamat)

Address bus berkaitan dengan sumber atau alamat tujuan pada bus data. Selain itu, address bus ini digunakan ntuk memilih lokasi memori atau port untuk menjalankan operasi tulis (write) dan baca (Read).  Agar seluruh perangkat terhubung dengan sistem komputer harus memiliki alamat untuk dapat diakses. Sebagai contoh, CPU akan membaca sebuah kata berasal dari memori, maka CPU akan meletakkan alamat data tersebut pada saluran alamat.

8. Data Bus (Saluran Data)

Data bus merupakan bagian dari sistem komputer yang menjadi jalur perpindahan antar data yang terdapat dalam modul sistem komputer. Data tersebut akan dipindahkan dari piranti masukan ke CPU, CPU ke memori, atau dari memori ke piranti keluaran. Lebar bus menentukan besarnya data yang dapat ditransfer sekali waktu. Biasanya, data bus terdiri atas 8, 16, 32, 64 atau lebih jalur paralel.

Demikianlah informasi mengenai struktur sistem komputer dan penjelasannya. Semoga penjelasan diatas mudah dipahami dan bermanfaat untuk Anda. Terima kasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Send this to a friend