Apa itu Peripheral? Mengenal Pengertian Peripheral

Apa itu Peripheral? Mengenal Pengertian Peripheral

Pengertian Peripheral

Apa itu peripheral? Peripheral merupakan sebuah perangkat tambahan. Perangkat ini disambungkan ke komputer untuk bisa memperoleh informasi dari dan ke komputer tersebut.

Sesuai dengan namanya, perangkat ini hanya berupa perangkat tambahan dan tidak termasuk ke dalam inti dari arsitektur komputer itu sendiri. Salah satu fungsi dari perangkat peripheral adalah membantu komputer dalam menjalankan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh perangkat keras yang sudah terpasang dalam casing.

Secara terknis, bagian inti dari komputer antara lain motherboard, RAM, power supply, CPU atau central processing unit, serta casing. Semua perangkat yang tidak termasuk ke dalam nama-nama tersebut dinamakan sebagai perangkat tambahan atau peripheral.

Pengertian Peripheral

Orang-orang memberi istilah peripheral terhadap perangkat yang posisinya ada di luar casing. Meskipun ada juga yang mengatakan bahwa pendapat ini juga tidak sepenuhnya benar. Hal ini karena ada juga perangkat peripheral yang letaknya ada di dalam casing.

Selain itu, cara lain untuk mengetahui perangkat yang termasuk ke dalam kategori peripheral adalah bahwa perangkat tersebut tidak bisa bekerja tanpa sistem komputer. Sala satu contohnya adalah printer. Printer merupakan perangkat keras yang sekaligus juga merupakan perangkat tambahan atau peripheral. Printer tidak bisa bekerja dengan sendirinya untuk mencetak dokumen tanpa bantuan komputer. Meskipun printer sekarang sudah bisa digunaan untuk fotocopy dokumen.

Jenis-jenis Peripheral

Setelah memahami pengertian dari peripheral, penjelasan berikutnya adalah tentang apa saja yang termasuk jenis-jenis dari perangkat tambahan ini. Meskipun terdapat banyak jenis, namun secara umum kita bisa membaginya menjadi 3 kategori yaitu:

  • Perangkat Input (Input Device): perangkat masukan adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk memasukkan perintah atau data ke komputer. Contoh perangkat masukan antara lain keyboard, mouse, joystick, dan lain-lain
  • Perangkat Output (Output Device): perangkat output adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan data atau informasi yang dilakukan oleh perangkat input. Contoh dari perangkat output adalah printer, projektor, monitor, dan lain sebagainya
  • Perangkat Penyimpanan: perangkat penyimpanan adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data atau infomrasi, mengekstrak file dan juga objek. Perangkat ini bisa digunakan untuk menyimpan informasi baik sementara atau permanen. Selain itu, perangkat penyimpanan juga bisa berupa perangkat penyimpanan internal maupun perangkat penyimpanan eksternal.

Berkaitan dengan perangkat penyimpanan, untuk perangkat penyimpanan yang bersifat internal seperti hard disk dan optical disk. Sementara itu, untuk  perangkat penyimpanan ekternal antara lain printer dan hard disk ekternal. Sekadar informasi bahwa perangkat peripheral ini juga bisa dibagi lagi berdasarkan dua kategori yaitu:

  • Peripheral Utama: perangkat tambahan yang harus ada ketika mengoperasikan komputer seperti keyboard, mouse, dan monitor
  • Peripheral Pendukung: perangkat tambahan yang tidak  harus ada pada saat mengoperasikan komputer seperti moem, printer, scanner, headset, webcam, dan lain sebagainya

Leave a Reply

Send this to a friend