Pengertian Arsitektur Komputer Beserta Tingkatan dan Bagian Utamanya

Munculnya komputer menjadi salah satu perkembangan pesat teknologi yang dapat memudahkan pekerjaan dan tugas-tugas manusia. Sehingga dengan adanya komputer, akan ada banyak hal yang dapat dikerjakan. Hal ini dipicu dengan munculnya berbagai jenis dan model komputer yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing individu.

Berbagai macam spesifikasi dan versi yang bisa diperoleh dengan mudah. Komputer memiliki arsitekturnya masing-masing. Sama halnya dengan bangunan yang memiliki arsitektur bangunan yang bisa digunakan untuk merancang bangunan tersebut. Hal tersebut berlaku juga untuk komputer.

Arsitektur komputer digunakan untuk memudahkan perancangan komputer sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya. Berikut merupakan penjelasan detail mengenai pengertian arsitektur komputer agar mudah dipahami:

Pengertian Arsitektur Komputer

Pengertian Arsitektur Komputer Adalah

Arsitektur komputer adalah suatu ilmu yang menjelaskan mengenai perancangan komputer, dimulai dari konsep perencanaannya hingga struktur pengoperasiannya. Sehingga dapat dipahami secara jelas dan lengkap bagaimana melakukan perancangan komputer.

Tujuan dari adanya arsitektur komputer ini adalah untuk dapat digunakan sebagai pedoman dalam melakukan perancangan komputer. Sehingga tidak ada hal yang terlewati dalam melakukan perancangan.

Arsitektur komputer yang dikenal sebagai ilmu pengetahuan yang mengajarkan bagaimana cara mengkoneksikan beragam komponen perangkat keras atau hardware dengan perangkat lunak (software) agar dapat dijalankan dalam komputer. Harapannya dengan adanya ini komputer dapat dirancang dan berhasil untuk menjalankan beragam aktifitas untuk membantu pekerjaan manusia. Penciptaan komputer ditujukan agar dapat memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja serta biayanya.

Tingkatan Dasar Arsitektur Komputer

Pengertian Arsitektur Komputer dan Tingkatannya

Dalam arsitektur komputer terdapat beberapa tingkatan dasar yang digunakan. Sehingga tidak serta merta komputer dirancang sesuai dengan kehendak masing-masing. segala hal memiliki aturan yang harus dilakukan. Berikut merupakan tingkatan dasar dalam arsitektur komputer yang perlu anda ketahui:

1. Multilayered Machine

Multilayered machine dalam pengembangan arsitektur komputer dilakukan karena melihat sistem secara keseluruhan. Sehingga dalam multilayered machine ini terdapat beberapa layer lagi bagian-bagian penyusun komputer.

Dalam multilayered machine ini terdapat CPU (Central Processing Unit), Primary storage (penyimpanan utama), aritmatika dan logical unit, secondary storagepanan sekunder), dan unit output. Masing-masing layer memiliki fungsi dan tugas tersendiri.

CPU digunakan untuk mengendalikan dan memproses seluruh informasi dan data yang terdapat pada komputer. CPU dikenal sebagai otak komputer. Primary storage berisikan data-data yang sedang diolah dan diprogram dalam komputer.

Aritmatika dan logical unit dikenal sebagai tempat berlangsungnya pemrosesan perhitungan matematika dan logika. Secondary storage digunakan sebagai tempat untuk menyimpan data yang sedang tidak digunakan pada saat itu. Sedangkan, unit output digunakan sebagai tempat untuk mencatat hasil output dari pengolahan data.

2. Peralatan Input

Peralatan input yang dimaksudkan adalah perangkat apapun yang dapat digunakan sebagai tempat untuk menerima data (input) sebelum diproses oleh komputer.

Proses yang terjadi pada bagian ini adalah, perangkat yang memiliki tugas sebagai input, akan mengolah data dan informasi yang tadinya mudah dibaca dan dipahami oleh manusia, untuk dapat dibaca dan dipahami oleh mesin komputer. Sehingga pengguna (end-user) dapat menerima data dan informasi setelah pengolahan dalam bentuk yang mudah dipahami kembali oleh manusia.

3. Pemrosesan pusat dan penyimpanan primer

Segala hal yang akan diproses dalam komputer, pada dasarnya akan diproses dalam CPU (Central Processing Unit). CPU dikenal sebagai otak komputer karena segala pemrosesan data dilakukan didalam CPU. CPU memiliki beberapa bagian penting seperti control unit dan arithmethic logical unit. Serta CPU juga mmeiliki bagian yang dinamakan register.

4. Penyimpanan sekunder

Penyimpanan sekunder yang dimaksudkan adalah penyimpanan tambahan atau memori eksternal. Penyimpanan sekunder dapat dimodifikasi sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan oleh pengguna. Sehingga ketika penyimpanan sekunder hampir penuh, pengguna dapat melakukan upgrade penyimpanan sekunder dengan kapasitas yang lebih besar.

Data yang disimpan dalam penyimpanan sekunder tidak akan hilang, meskipun tidak ada aliran listrik didalamnya. Oleh karena itu, data dan informasi yang tersimpan dalam penyimpanan sekunder akan terjamin keamanannya.

5. Peralatan Output

Peralatan output yang dimaksudkan adalah segala perangkat keras yang dapat mengeluarkan hasil yang dapat dibaca dan dipahami oleh manusia. Mengapa? Karena setelah data dan informasi yang diproses didalam komputer, akan memiliki output yang dibutuhkan oleh manusia atau pengguna. Sehingga dengan adanya peralatan output ini dapat memudahkan pengguna dalam membaca data dan informasi yang dianggap sebagai hasil pemrosesan.

Bagian Utama Arsitektur Komputer

Pengertian Arsitektur Komputer dan Bagian-Bagian Utamanya

Selain memiliki tingkatan dasar, dalam arsitektur komputer juga terdapat bagian utama yang dimilikinya. Berikut merupakan bagian utama yang terdapat pada arsitektur komputer:

1. Instructure Set Architechture

Instructure set architechture ini dikenal sebagai spesifikasi yang menentukan bagaimana bahasa pemrograman mesin dapat berinteraksi dengan komputer. Sehingga pemrosesan data dan informasi dapat dilakukan dengan baik dan benar.

Selain itu, jika pemrograman mesin dapat berinteraksi dengan komputer dengan baik dan sesuai dengan aturannya, maka proses data dan informasi yang akan diterima oleh pengguna juga dapat dipertanggung jawabkan hasilnya.

2. Hardware System Architecture

Hardware system architecture merupakan bagian-bagian perangkat keras yang dibutuhkan untuk merancang komputer. Sehingga dalam merancang komputer sudah diperhatikan dan dipahami perangkat keras (hardware) apa saja yang akan dibutuhkan. Perangkat keras yang dimaksudkan adalah seperti CPU, memori, sistem operasi, dan lain sebagainya.

Dengan adanya informasi mengenai arsitektur komputer, maka akan lebih mudah kita sebagai orang awam dalam memahami dan mengerti bagaimana arsitektur komputer yang sebenarnya.

Dengan bahasa yang mudah dimengerti, akan lebih membantu dalam proses belajar mengenai pengertian arsitektur komputer. Hal tersebut dapat menjadi salah satu nilai tambah kita sebagai pelajar untuk memahami ilmu pengetahuan dan wawasan yang lebih luas.

Leave a Reply

Send this to a friend