4 Cara Kompres PDF Offline dengan Mudah, Cocok Untuk Pemula!

Buat kamu yang selalu berhadapan dengan paper, tugas kuliah, konten penulisan atau sebagainya, tentunya kamu pasti sering menggunakan format file PDF?

Format file PDF saat ini menjadi salah satu format yang banyak digunakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan dan profesi. Dengan interfacenya yang sederhana dan juga mudah dibaca tentunya menjadi daya tarik tersendiri.

Tidak sulit untuk sekedar memperkecil ukuran PDF. Kamu bisa melakukannya dengan berbagai cara, mulai dari cara online sampai cara offline. Tapi kali ini saya hanya akan membahas cara kompres file PDF secara offline dengan memakai software tambahan.

Ada banyak tools atau software yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi ukuran pdf, seperti Adobe Acrobar Pro, PDF Reducer, Free PDF Compuser, atau software-software lainnya.

Cara Kompres PDF Offline (Untuk Pemula)

Kita sering menemukan File dengan format PDF dalam kegiatan sehari-hari. Mulai dari saat mengerjakan tugas sekolah, tugas kantor, bahkan mencari kerja.

Tetapi ukuran atau penggunaan memory dari sebuah file PDF lebih besar jika dibandingkan dengan format dokumen lainnya seperti Word, Excel, dll. Berikut ini adalah daftar aplikasi gratis terbaik untuk kompres file PDF secara offline.

1. Microsoft Word 2013

Cara pertama yang untuk kompres PDF secara offline adalah dengan menggunakan aplikasi pada komputer/laptop kita. Cara yang satu ini sangat efektif digunakan untuk kita yang sering menggunakan komputer/laptop tanpa koneksi internet yaitu dengan menggunakan Ms Word 2013.

Untuk kamu yang memiliki aplikasi Office 2013 keatas maka kamu bisa menggunakan MS Word 2013 untuk melakukan kompres PDF

1. Pertama buka Microsoft Word di komputer kamu.

2. Kemudian klik menu File, lalu pilih Cari dan buka file PDF yang ingin kamu kompres

3. Maka otomatis file PDF tersebut akan berubah menjadi file word, jika ada muncul pop up peringatan klik saja OK.

4. Kemudian setelah file PDF terbuka Save as file tersebut.

5. Kemudian pilih Minimum size (publishing online) pada opsi Optimize for. Kemudian klik Save untuk menyimpanya.

2. Free PDF Compesor

Free PDF Compressor adalah aplikasi gratisan lain untuk kompres file PDF, dengan antarmuka sederhana. Aplikasi ini hanya bisa melakukan kompres 1 file PDF dalam sekali waktu.

1. Pertama jika kamu belum memiliki aplikasi Free PDF Compesor, kamu bisa mendownloadnya disini.

2. Jika sudah, kamu bisa buka aplikasi Free PDF Compesor.

3. Kemudian browse file PDF yang ingin kamu kompres. Lihat contoh pada gambar.

Cara Kompres PDF Offline dengan Free PDF Compressor

4. Kemudian klik pada Compres untuk kompres file PDF. Lihat contoh pada gambar. klik pada compress

5. Kemudian tunggu beberapa saat sampai proses kompres selesai.

3. Adobe Acrobat Pro

Adobe Acrobat Pro merupakan sebuah aplikasi yang diluncurkan oleh adobe yang sudah memiliki jutaan pengguna yang menggunakanya. Dan ternyata aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengkompres file PDF.

1. Pertama, buka atau jalankan Adobe Acrobat di komputer kamu.

2. Kemudian buka file PDF yang ingin di kompres, dengan cara klik menu File. Lihat contoh pada gambar. Cara Kompres PDF Offline dengan Adobe Acrobat Pro

3. Kemudian pilih Open, dan cari file PDF yang ingin di kompres. Lihat contoh pada gambar. klik open untuk mencari file

4. Kemudian setelah file PDF terbuka, save as file PDF tersebut. Dengan cara klik menu File, kemudian klik Save as other, lalu pilih Reduced Size. Lihat contoh pada gambar. save as file pdf

5. Lalu akan muncul pop up window, pada pilihan Make compatible with pilih Retain existing kemudian klik OK. klik ok

4. PassportPDF Reducer PDF

1. Pertama, jika kamu belum memilisi software ini, kamu bisa download disini.

2. Jika sudah memiliki software ini, jalankan atau buka aplikasi PassportPDF Reducer PDF di komputer kamu.

3. Kemudian cari file PDF, dengan cara klik pada Source dan tentukan file yang sudah di kompres pada kolom Destination. Lihat contoh pada gambar.Cara Kompres PDF Offline dengan PassportPDF

4. Kemudian klik Start, untuk memulai proses kompres file. Lihat contoh pada gambar. klik start untuk memngompres file

5. Kemudian tunggu beberapa saat sampai proses kompres file selesai. proses compres file

6. Jika file sudah berhasil di kompres, akan muncul pop up yang mengatakan sukses. Lihat contoh pada gambar.  Cara Kompres PDF Offline untuk Pemula

Nah itulah beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengompres file PDF secara offline beserta cara-caranya. Kamu bisa menggunakan salah satu dari aplikasi diatas, yang menurut kamu lebih gambang untuk dilakukan.

Sekianlah artikel tentang cara kompres PDF secara offline, semoga artikel ini bisa bermafaat dan bisa membantu kebingungan kamu dalam masalah bagaimana cara kompres PDF secara offline.

Leave a Reply

Send this to a friend