4 Cara Kompres File PDF Tanpa Install Aplikasi, Berkurang Hingga 163%!

Hampir semua pengguna internet sudah pasti mengenal file dokumen yang memiliki format .pdf. File PDF sudah lama menjadi format dokumen yang paling populer, selain word, excel dan powerpoint.

PDF juga seringkali digunakan orang untuk mengirim portofolio, surat lamaran kerja atau CV ke email perusahaan tempat ia melamar kerja.

Nah, mungkin anda pernah mengalami gagal mengirim file PDF dikarenakan ukuran file PDF yang terlalu besar. Biasanya beberapa situs membatasi penggunanya untuk mengupload file dengan limit tertentu (sekian MB) .

Ukuran file PDF yang besar bergantung pada isi di dalamnya, berapa banyak halamannya, gambarnya, grafiknya dan lain sebagainya. Jika untuk text saja, saya rasa tidak menjadi masalah dan tidak menjadi pemicu besarnya ukuran file PDF anda (asalkan jumlah halamannya wajar, bukan ratusan halaman).

4 Cara Kompres File PDF Tanpa Aplikasi

Dalam artikel berikut ini saya akan menjelaskan empat cara kompres file PDF dengan mudah, tanpa ada penurunan kualitas PDF yang signifikan.

Cara 1 – Menggunakan Tool PDF Compressor Online

Cara kompres file PDF yang pertama adalah dengan menggunakan tool online yang sudah banyak tersedia di internet. Salah satu tool online yang cukup bagus untuk mengkompres file PDF adalah iLovePDF.

Untuk keperluan editing file PDF, tool online ini cukup lengkap, mulai dari mengkompres file PDF, convert file PDF ke format lain (JPG or Word), menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu dan lain sebagainya.

  1. Kunjungi alamat link berikut ini. Selanjutnya klik tombol Select PDF file untuk mengupload file PDF yang ingin anda kompres.
    cara kompres file pdf secara online
  2. Terdapat 3 level kompresi yang tersedia yakni Extreme Compression (kualitas file PDF menurun, tapi hasil kompres paling maksimal), Recommended Compression (Antara kualitas dan hasil kompres seimbang) dan Less Compression (Kualitas file PDF tetap tinggi namun hasil kompres paling minimal). Saran saya, biarkan saja opsi defaultnya yakni Recommended Compression, kemudian klik tombol COMPRESS PDF.
    kompres file pdf
  3. Tunggu proses compressing sampai selesai. Lama tidaknya proses ini bergantung pada ukuran file PDF anda, semakin besar ukurannya, semakin lama pula prosesnya.
    proses compressing
  4. Jika proses compressing selesai, file PDF yang sudah dikompres akan terdownload secara otomatis. Jika belum terdownload otomatis, anda bisa klik tombol Download compressed PDF untuk mendownload ulang file PDF yang sudah dikompres.
    cara kompres file pdf tanpa aplikasi

Cara 2 – Menggunakan NitroPDF

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan NitroPDF. Dengan NitroPDF, anda juga bisa mengubah file PDF menjadi PPT, menggabungkan file PDF maupun untuk keperluan kompres file PDF. Simak cara kompres file PDF dengan NitroPDF dibawah ini:

1. Buka file PDF anda menggunakan NitroPDF. Selanjutnya pilih tab File seperti yang ditunjuk tanda panah merah.

kompress PDF dengan nitro 2

2. Kemudian pilih Optimize PDF.

kompress PDF dengan nitro 3

3. Pilih Reduced size, kemudian pilih Optimize.

kompress PDF dengan nitro 4

4. Tunggu proses compressing sampai selesai. Jika sudah selesai, anda akan melihat jendela yang berisi perbandingan antara ukuran file PDF yang belum dikompres (Original file size) dan ukuran file PDF yang sudah dikompres (Reduced file size). Selanjutnya pilih Accept.

cara memperkecil ukuran file pdf

5. File PDF yang sudah dikompres tadi akan terbuka secara otomatis. Anda tinggal klik tombol Save untuk menyimpannya ke dalam folder yang anda inginkan.

memperkecil ukuran pdf

Cara 3 – Menggunakan ORPALIS PDF Reducer

Berbeda dengan NitroPDF yang kaya akan fitur editing, ORPALIS PDF Reducer merupakan sebuah software yang memang dikhususkan untuk mengkompres file PDF saja.

Cara mengkompres file PDF dengan ORPALIS PDF Reducer sangat mudah. Anda bisa menyimak caranya dibawah ini:

1. Download softwarenya disini. Kemudian pilih Free Download.

kompres file pdf

2. Terlebih dahulu anda harus mengisi data diri anda. Jika sudah diisi semua, tinggal pilih Submit dan software akan terdownload secara otomatis.

Kompress PDF dengan ORPALIS PDF Reducer 2

 

3. Selanjutnya install softwarenya seperti biasa.

4. Jika anda mendapati halaman seperti ini, tinggal pilih OK.

cara mengkompres file pdf

5. Pada kolom Source, klik tombol untuk memilih file PDF yang ingin anda kompres. Kemudian pada kolom Destination, klik juga tombol …. untuk menentukan lokasi file PDF yang sudah dikompres. Jika sudah pilih Start batch untuk memulai proses compressing.

cara kompres file pdf dengan software

6. Lama tidaknya proses compressing bergantung pada ukuran file PDF anda. Jika anda mendapat notif Process completed seperti gambar dibawah ini, berarti file PDF anda berhasil dikompres.

cara mengecilkan file pdf

Cara 4 – Menggunakan Adobe Acrobat Pro

Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan Adobe Acrobat Pro. Sama halnya dengan NitroPDF, Adobe Acrobat Pro juga dapat digunakan untuk mengubah PDF ke Word, mengkompres file PDF maupun menggabungkan file PDF. Untuk cara mengkompres file PDF menggunakan Adobe Acrobat Pro, bisa anda lihat dibawah:

1. Buka file PDF anda menggunakan Adobe Acrobat Pro. Selanjutnya pilih tab File > Save As Other > Reduced Size PDF.

cara compress pdf

2. Untuk kolom Make compatible with, pilih Retain existing. Selanjutnya pilih OK.

cara compress file pdf

3. Tentukan lokasi folder yang anda inginkan, setelah itu beri nama untuk file PDF yang akan dikompres.

Kompress PDF dengan Acrobat 3

4. Tunggu proses compressing file PDF anda sampai selesai.

cara resize pdf

Perbedaan hasil dari keempat metode diatas

Dari keempat cara kompres file pdf diatas, saya sengaja merangkum hasil perbandingan ukuran filenya (sebelum dan sesudah dikompres). Anda bisa melihat perbandingannya dalam tabel berikut:

Hasil Semuanya

Cara yang pertama cukup mengejutkan, file PDF yang semula ukurannya 2.9MB menjadi 1.1MB (diperkecil hingga 163%). Meskipun begitu, bisa jadi hasil compressing file PDF saya berbeda dengan file PDF anda.

Salah satu faktornya mungkin dari segi isi file PDF yang berbeda-beda, ada yang terdapat banyak gambar di dalamnya, ada yang minim gambar namun textnya banyak dan lain sebagainya,

Untuk kualitas file PDF (sesudah dikompres) yang dilakukan dengan menggunakan keempat cara diatas tidak jauh berbeda dengan file PDF yang asli (belum dikompres).

7 Comments

  1. Avatar alief
  2. Avatar Siti
  3. Avatar upha
  4. Avatar upha
  5. Avatar Fanda

Leave a Reply

Send this to a friend