Cara Mengirim Lamaran Lewat Email

6 Langkah Cara Mengirim Lamaran Lewat Email Agar Diterima / Dibalas, Dijamin Berhasil!

Arus informasi yang begitu cepat membuat setiap orang berlomba-lomba untuk menyeimbangkan dirinya bersosial terhadap teknologi. Tidak bisa dipungkiri, teknologi yang dapat memungkinkan menningkatkan kinerja seseorang sangat membantu bagi personal maupun perusahaan.

Kini, beberapa perusahaan memberikan persyaratan untuk mengirim lamaran pekerjaan lewat email saja. Selain menghemat biaya dan waktu, perusahaan telah membantu mengurangi penggunaan kertas yang berlebih.

Namun, beberapa pelamar kerja yang belum memahami tips mengirim lamaran kerja lewat email ini dengan benar dapat membuat perusahaan enggan menerima Anda sebagai karyawannya. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mengetahui hal-hal penting dalam mengirim surat lamaran lewat email.

Cara Mengirim Lamaran Lewat Email

Nah, artikel ini akan membantu Anda dalam memahami cara mengirim lamaran lewat email agar lamaran Anda dapat dilirik atau bahkan hingga diterima oleh perusahaan. Yuk simak penjelasan cara mengirim lamaran lewat email berikut.

A. Tips Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email

1. Siapkan seluruh dokumen persyaratan

cara mengirim lamaran lewat email yang benar

Dokumen yang dibutuhkan atau diminta oleh perusahaan harus benar-benar diikuti seperti ukuran dan warna pas foto, KTP, ijazah, riwayat hidup dan lain sebagainya.

Nah, semua dokumen tersebut harus discan agar dapat dikirim melaui email. Usahakan jangan lakukan pengeditan terhadap keaslian identitas pada dokumen Anda.

Ukuran file yang akan dikirimkan usahakan tidak terlalu besar. Lakukan resize terhadap file yang berukuran di atas 2 MB. Kemudian, ikuti ketentuan format file yang diminta oleh perusahaan seperti (*.doc), (*.pdf), (*.png) ataupun format lainnya. Jika tidak ada persyaratan khusus terkait hal ini, Anda dapat menggunakan format di atas. Karena format di atas merupakan format ekstensi file yang umumnya diminta oleh perusahaan.

Selanjutnya, buatlah berkas seperti CV atau Curiculum Vitae semenarik mungkin. Beberapa poin yang penting harus dicantumkan dalam CV misalnya identitas diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja atau organisasi, keahlian khusus, foto dan lainnya.

Anda juga dapat menggunakan warna selain hitam dalam penggunaan shape (seperti persegi panjang, bulat, dll) maupun tabel. Lalu gunakan jenis huruf yang formal seperti Times New Roman, Arial, dll.

2. Gunakan email yang profesional

cara mengirim lamaran lewat email yang benar

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pelamar pekerjaan yaitu mengirim lamaran pekerjaan menggunakan email dengan nama alias atau samaran. Sebaiknya gunakan alamat email dengan nama asli. Karena, hal ini menjadi salah satu pertimbangan bagi pihak perusahaan terkait keformalan pelamar.

Anda dapat menggunakan layanan surel Gmail, Yahoo maupun yang lainnya. Misalnya nama lengkap pelamar adalah Kusuma Dewi, maka email yang harus Anda gunakan kusumadewi@gmail.com atauu kusuma_dewi@yahoo.com. Apabila Anda menggunakan email seperti kusumacantikbgt@yahoo.com akan membuat kesan Anda sangat tidak profesional.

Lalu bagaimana jika Anda belum memiliki email seperti kriteria di atas? Segera lakukan pendaftaran email yang sesuai agar tim penerima karyawan dapat melirik surat lamaran kerja Anda.

3. Ikuti standar pengiriman email

Ikuti standar pengiriman email

Poin ini merupakan hal terpenting dalam mengirim lamaran lewat email. Anda harus mengikuti standar yang baik dalam proses pengiriman email. Anda harus mengisi subjek, body email, dan lampiran dengan benar.

Selain itu, perlu diingat walaupun mengirim lamaran email dapat dilakukan selama 24 jam bukan berarti Anda dapat mengirimnya jam 12 malam. Untuk menghindari ketidaksopanan, sebaiknya lakukan pengiriman email pada saat jam kerja dan tentunya pada saat lowongan masih tersedia. Bagaimana cara mengikuti standar pengiriman email yang benar? Anda dapat melihat penjelasannya di bawah ini.

B. Mengirim Lamaran Lewat Email

Cara mengirim lamaran lewat email ini dapat Anda lakukan di smartphone maupun PC/komputer. Sebelum mengirim lamaran pekerjaan Anda, pastikan bahwa semua persyaratan wajib dan pendukung yang diminta oleh perusahaan benar-benar telah Anda patuhi dan lengkap.

1. Isi alamat email perusahaan dengan benar

Anda harus benar-benar mengetahui email perusahaan yang ingin Anda tuju. Selain itu, hindari kesalahan pengetikan alamat email perusahaan agar surat lamaran benar-benar sampai ke email yang seharusnya

cara mengirim lamaran lewat email melalui gmail

2. Isi subjek/judul email dengan benar

Beberapa lowongan pekerjaan memang mencantumkan ketentuan subjek dalam pengiriman surat lamaran kerja, namun pada beberapa perusahaan lainnya terkadangan tidak memberikan ketentuan dalam mengisi subjek.

Nah, hal ini bukan berarti Anda boleh mengabaikan kolom subjek pada email. Sebab, dengan mengisi subjek email Anda dapat memudahkan perusahaan dalam mengetahui email yang masuk.

Adapun subjek yang dapat Anda isi yaitu:

Posisi pekerjaan – Nama Anda

Anda dapat melihat contoh berikut:

Lamaran Editor – Kusuma Dewi

cara mengirim lamaran lewat email dengan mudah

3. Isi body/badan email

Beberapa perusahaan memberi ketentuan mengirim surat lamaran di badan email saja. Namun, ada pula yang tidak. Untuk perusahaan yang tidak memiliki ketentuan berikut, Anda dapat mengisi body email ini dengan salam pembuka dan perkenalan diri Anda.

Selanjutnya diisi dengan mengetahui informasi lowongan pekerjaan dari mana, serta mengajukan lamaran pekerjaan pada posisi apa. Hal terpenting dalam mengisi body email ini yaitu jangan terlalu panjang karena justru lamaran Anda dapat diabaikan.

3 - isi badan email

4. Lampirkan persyaratan

Jika sudah mengisi poin pada bagian 1 hingga 3, jangan lupa untuk melampirkan berkas pada email. Pastikan semua dokumen yang diminta sudah lengkap dan sesuai. Seperti pada penjelasan saya sebelumnya, ukuran dokumen yang dikirim tidak boleh terlalu besar yakni cukup maksimal 2 MB saja.

Beberapa perusahaan terkadang meminta seluruh lampiran dokumen tidak disatukan ke dalam satu folder, namun ada pula yang harus digabungkan ke dalam satu folder yaitu dengan cara membuatnya dalam format zip, rar, maupun lainnya. Nah, jika tidak ada persyaratan mengenai hal ini, sebaiknya lampiran yang Anda kirim tidak dijadikan dalam satu folder.

Silakan pilih ikon lampiran/attachment seperti gambar di bawah ini untuk mengupload lampiran.

4 - unggah lampiran

Selanjutnya pilih semua file dokumen yang akan dilampirkan lalu pilih Open.

5 - pilih file

5. Periksa ulang persyaratan

Sebelum akhirnya mengirim email tersebut, pastikan semua persyaratan yang diminta sudah lengkap dan sesuai. Perhatikan kembali satu persatu poin-poin penting di atas apakah sudah sesuai atau belum.

6. Kirim Lamaran

Jika semua sudah lengkap, waktunya untuk mengirim lamaran pekerjaan Anda dengan cara tekan tombol Send atau Kirim pada email. Setelah itu, berdoalah agar surat lamaran Anda dibalas atau diterima oleh pihak perusahaan.

cara mengirim lamaran lewat email yang benar

5 Kesalahan Umum Ketika Mengirim Lamaran Lewat Email

Ada beberapa kesalahan umum yang seringkali dilakukan ketika mengirim lamaran lewat email, diantaranya sebagai berikut:

1. Alamat Email yang Tidak Profesional

Saat mengirimkan lamaran lewat email hal pertama yang harus diperhatikan adalah alamat email yang Anda miliki.  Alamat email adalah salah satu yang bisa menentukan nasib dari si pelamar. Mungkin saat Anda menggunakan sosial media, alamat email yang Anda gunakan masih ngawur alias asal buat email.

Contohnya seperti akucantik123@gmail.com dan lain sebagainya. Coba Anda perhatikan kembali, jika Anda menggunakan alamat email seperti itu, apakah cocok jika dibaca oleh HRD perusahaan yang Anda lamar? Kemungkinan mereka langsung melewatkan email Anda, karena alamat email yang seperti itu terkesan main – main dan tidak serius.

Maka dari itu, sebelum mengirim lamaran pekerjaan, pastikan Anda menggunakan alamat email yang benar atau profesional. Bahkan kalau perlu, Anda harus membuat alamat email baru. Alamat email yang terkesan profesional biasanya menggunakan nama jelas dari orang tersebut. Misalnya seperti agunghandoko@gmail.com . Nah, jika seperti itu HRD akan lebih mudah membaca lamaran Anda.

2. Mengosongkan Subject Email

Kesalahan yang sering dilakukan pelamar saat mengirim lamaran lewat email adalah melewatkan subject email. Subject email diperlukan agar email yang Anda kirim tidak dianggap spam. Biasanya suatu perusahaan sudah menetapkan template untuk subject email yang harus digunakan si pelamar.

Tapi, ada juga perusahaan yang tidak memberi arahan apapun, maka Anda sendirilah yang harus tanggap untuk mengisi subject email-nya. Tulislah judul atau subjek yang jelas yang mewakili isi email Anda. Misalnya seperti: Agung – Desain Grafis atau Lowongan Desain Grafis – Agung.

Nah, dengan begitu Anda akan terlihat bersungguh – sungguh dalam melamar pekerjaan tersebut. Dan dengan adanya subject, si HRD perusahaan tersebut akan dengan mudah melihat informasi atau gambaran awal yang ingin Anda sampaikan yaitu melamar pekerjaan. Perhatikan kembali subject email Anda, jangan sampai terlewat agar mendapat respons cepat dari HRD.

3. Mengabaikan Body Email

Kesalahan umum berikutnya adalah tidak mengisi body email atau mengabaikannya. Body email disini maksudnya adalah sapaan atau pengantar kepada si penerima email. Kebanyakan dari pelamar yang mengirimkan lamarannya lewat email biasanya hanya mengirim lampiran file saja, jarang sekali mengisi body email.

Padahal kesungguhan Anda dalam melamar pekerjaan dapat kelihatan dari bagaimana Anda mengirimkan lamarannya. Biasakan diri Anda untuk menulis body email untuk memberi informasi dan memperkenalkan diri bahwa Anda bermaksud untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

Ibarat kata Anda harus mengucapkan permisi ke si penerima email atau HRD jika ingin mengirimkan sesuatu. Isi badan email tidak usah terlalu panjang, seperti menulis isi CV atau cover letter yang dilampirkan. Anda harus menuliskan isi badan email dengan tegas sesuai dengan maksud dan tujuan tanpa bertele – tele. Anda harus manfaatkan ruang terbatas ini untuk memberi pesan pengantar yang sesuai dengan keinginan. So, jangan mengirim lamaran dalam keadaan body email yang kosong.

4. Melewatkan Lampiran

Terkadang jika sudah asik menulis body email, seseorang lupa dan langsung mengklik tombol “Kirim”. Hasilnya, email sudah terkirim tanpa CV atau dokumen lainnya. Masa Anda mau dicap kurang teliti dan ceroboh oleh perusahaan tersebut? Maka dari itu solusinya adalah, silahkan Anda buat checklist yang berisi poin – poin apa saja yang harus ada didalam setiap email saat melamar pekerjaan.

Jadi, sebelum menekan “kirim”, Anda bisa periksa terlebih dahulu semua poin yang ada didalam checklist, apakah sudah tercantum atau belum. Periksa dengan benar, jangan sampai ada yang kelewatan.

5. Tulisan Tidak Rapi atau Banyak Kesalahan

Apakah Anda termasuk gemar membaca atau tidak? Jika tidak, maka Anda harus biasakan membaca terlebih lagi dengan tulisan Anda sendiri. Karena tulisan Anda kali ini menentukan nasib Anda dimasa yang akan datang. Jika saja konteksnya adalah chattingan dengan teman, salah tulis sedikit tidak akan jadi masalah.

Namun, jika dalam menulis lamaran pekerjaan dan Anda salah menulis nama atau jabatan dari si HR Manager, atau salah menyebutkan nama perusahaan, hemm Anda akan mendapatkan masalah pastinya. Maka dari itu, periksa kembali seluruh tulisan Anda, jangan ada typo atau kesalahan sedikit pun.

Selain typo, perhatikan juga font yang Anda gunakan. Gunakan saja font yang sederhana dan rapi sehingga mudah untuk membacanya. Dan pastikan Anda menggunakan bahasa formal. Jangan ada kata yang Anda singkat – singkat, karena perusahaan bisa saja melihat karaktermu dari bahasa yang Anda gunakan. So, periksa semua tulisan Anda dari awal sampai akhir sebelum menekan tombol “Kirim”.

Sekian artikel mengenai cara mengirim lamaran lewat email. Perlu diperhatikan, dalam menulis surat lamaran pekerjaan maupun hal lainnya, sebaiknya gunakan bahasa yang baik dan formal.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Tetap kunjungi Nesabamedia untuk mendapatkan informasi menarik dan ter-uptodate mengenai teknologi. Semoga lamaran pekerjaan Anda diterima dan langsung diproses ya. Salam semangat!

19 Comments

  1. Avatar Almahira salsabillah
  2. Avatar Qorniy
  3. Avatar Antoni
  4. Avatar Meikook
  5. Avatar Irna Agustina
  6. Avatar Mia Siti A
  7. Avatar Wisnu
  8. Avatar Grat
  9. Avatar Nurul
  10. Avatar Juwito
  11. Avatar Liyana

Leave a Reply

Send this to a friend