Tutorial Cara Membuka Email di Laptop dengan Mudah, Sudah Tahu?

Email merupakan electronic mail atau surat elektronik. Di zaman yang sudah canggih seperti sekarang ini, email merupakan suatu hal yang harus dimiliki oleh setiap orang khususnya jika orang tersebut bekerja.

Banyak sekali yang dapat dilakukan dengan email. Kita dapat mengirim dan menerima pesan informasi dari rekan, kerabat, keluarga, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, email adalah suatu hal yang dapat menunjang pekerjaan kita. Mengakses email pun sangatlah mudah. Kita bisa mengaksesnya kapanpun dan dimana saja melalui smartphone ataupun laptop.

Cara Membuka Email di Laptop

Membuka email di laptop / komputer sebenarnya terbilang cukup mudah. Anda hanya memerlukan koneksi internet dan pastinya web browser.

Anda tidak perlu meninstall plug-in atau aplikasi apapun untuk membuka email. Cukup melalui web browser saja. Dan pastikan Anda sudah mendaftar untuk mendapatkan akun email atau Gmail. Langsung saja berikut ini cara – cara login atau masuk ke Gmail dan cara membuka kotak masuk.

1. Login ke Gmail

Login atau masuk ke akun Gmail sebenarnya sangat – sangat mudah. Pastikan Anda sudah memiliki akun Gmail terelebih dahulu untuk mengikuti cara ini. Jika Anda belum memiliki akun Gmail, silahkan Anda buat akun Gmail terlebih dahulu. Langsung saja, berikut ini cara login atau masuk ke akun Gmail.

1. Pertama, silahkan Anda buka browser yang Anda miliki di laptop / komputer Anda baik itu Mozilla Firefox ataupun Google Chrome atau UC Browser.

2. Kemudian, silahkan Anda ketikkan “Gmail.com” pada kolom peramban web. Seperti pada gambar dibawah ini.

gmail.com

3. Kemudian, silahkan Anda masukkan email atau ponsel yang sesuai dengan akun Gmail Anda pada kolom yang tersedia. Lalu, silahkan klik Berikutnya. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara membuka email di laptop dengan mudah

4. Kemudian, Anda akan dimintai password atau kata sandi Gmail Anda. Silahkan Anda masukkan kata sandi Gmail pada kolom yang sudah disediakan. Kemudian, silahkan klik Berikutnya. Seperti pada gambar dibawah ini.

kata sandi

5. Kemudian, tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Seperti pada gambar dibawah ini.

proses

6. Selesai. Jika Anda berhasil masuk, maka Anda akan langsung melihat beberapa kotak masuk pada Gmail Anda.

2. Buka Inbox atau Kotak Masuk Gmail

Nah, jika Anda sudah mampu untuk membuka akun Gmail Anda. Langkah selanjutnya Anda harus mampu membuka inbox atau kotak masuk pada Gmail Anda. Karena tujuan utama untuk masuk ke Gmail adalah membuka kotak  masuk atau mengirim email ke orang lain.

Langsung saja, berikut ini langkah – langkah membuka inbox atau kotak masuk pada Gmail.

1. Pertama, Anda harus masuk terlebih dahulu ke akun Gmail Anda.

2. Jika sudah masuk, nah Anda langsung bisa melihat beberapa kotak masuk pada Gmail Anda. Tapi, biasanya email yang masuk tidak terlihat jelas.

3. Jika Anda ingin melihat seluruh kotak masuk, silahkan Anda klik Kotak Masuk yang ada pada menu bagian kiri Anda. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara membuka email di laptop sampai buka inbox

4. Maka, Anda bisa melihat seluruh email atau kotak masuk pada Gmail Anda.

5. Selesai.

Biasanya didalam kotak masuk akan terlihat seluruh email yang masuk, baik itu yang dianggap penting ataupun tidak. Namun, ternyata ada menu yang bisa menampilkan hanya email yang penting saja. Sehingga Anda bisa langsung membacanya Berikut ini langkah – langkah untuk membuka kotak masuk yang penting.

1. Pertama, pastikan Anda sudah masuk ke akun Gmail Anda.

2. Kemudian, silahkan Anda klik Penting yang ada di menu bagian kiri Anda. Seperti pada gambar dibawah ini.

penting

3. Maka, Anda akan melihat beberapa kotak masuk yang dianggap penting oleh Gmail. Sehingga Anda bisa langsung membaca dan membalasnya.

4. Selesai.

Sekian tutorial kali ini mengenai cara membuka email, login, serta membuka inbox atau pesan masuk di Gmail dengan sangat mudah. Semoa tutorial kali ini dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend