Begini Cara Membuat Email di HP dengan Mudah dan Gratis, Yuk Disimak!

Dewasa ini, memiliki email sudah menjadi keharusan bagi setiap orang karena banyak hal di internet yang bisa dilakukan dengan syarat harus memiliki email terlebih dahulu.

Misalkan ketika anda baru membeli HP android. Agar dapat bekerja secara normal, terlebih dahulu anda harus menambahkan akun email (dalam hal ini Gmail) pada HP android anda tersebut.

Tidak hanya itu, email juga digunakan ketika anda ingin membuat akun sosial media seperti facebook, instagram dll. Banyak sekali manfaat dari email yang bisa kita ambil. Maka dari itu, tidak heran jika semua orang dipastikan memiliki 1 akun email, bahkan beberapa orang ada yang memiliki lebih dari 1 akun email.

Daftar Isi

Cara Membuat Email di HP dengan Mudah

Ada banyak layanan email gratis yang bisa anda gunakan, salah satunya adalah Gmail. Gmail merupakan layanan email besutan Google yang bisa kita gunakan secara gratis dan bisa dihubungkan di banyak produk Google seperti Youtube, Blogger, Google Drive, Google Hangout dan lain sebagainya. Langsung saja, berikut ini langkah-langkah cara membuat email di HP anda:

1. Pertama-tama silakan kunjungi halaman pendaftaran akun google melalui link berikut ini. Setelah itu pilih Create Account > For myself.

membuat email di HP 1

2. Setelah itu isi informasi yang dibutuhkan seperti nama, username dan password. Jika sudah (kurang lebih seperti gambar dibawah), kemudian klik Next.

membuat email di HP 3 3. Untuk kebutuhan verifikasi akun sekaligus untuk membuat akun google anda lebih aman, silakan masukkan nomor HP yang aktif. Setelah itu dilanjut dengan mengisi tanggal dan jenis kelamin. Untuk recovery email (email pemulihan) boleh ditambahkan atau tidak, sifatnya opsional. Setelah itu klik Next.

membuat email di HP 4

4. Untuk keperluan verifikasi akun, pihak Google akan mengirimi anda 6 digit kode melalui SMS yang harus anda masukkan. Untuk itu, klik Send.

membuat email di HP 5

5. Masukkan kode yang anda terima melalui SMS. Setelah itu klik Verify.

membuat email di HP 6

6. Jika anda dihadapkan pada halaman ini, pilih Yes I’m in.

membuat email di HP 7

7. Halaman ini berisi mengenai kebijakan privasi dari Google, langsung saja scroll kebawah dan pilih I agree. Akun Google (Gmail) anda pun berhasil dibuat dan siap digunakan. Klik link ini jika anda ingin masuk ke inbox Gmail anda.

membuat email di HP 8

Menambahkan Akun ke Aplikasi Gmail

Terkadang membuka akun gmail melalui browser sedikit ribet dan terkesan tidak efisien. Maka dari itu, alangkah baiknya anda menambahkan akun google anda ke aplikasi Gmail sehingga ketika ingin membuka atau mengirim email, tinggal klik aplikasi Gmail. Aplikasi Gmail merupakan aplikasi default untuk HP android, jadi anda tidak perlu repot-repot menginstallnya. Berikut caranya:

1. Silakan buka aplikasi Gmail pada HP anda.

membuat email di HP 8 B

2. Setelah itu klik foto profile seperti yang ditunjuk tanda panah.

membuat email di HP 8 C

3. Untuk menambahkan akun google, pilih Add another account.

membuat email di HP 9

4. Pilih Google.

membuat email di HP 10

5. Masukkan alamat email anda, kemudian klik Next.

membuat email di HP 11

6. Masukkan password email anda, klik Next lagi.

cara membuat email di HP (Gmail)

7. Pilih I agree untuk menyetujui kebijakan dari Google.

membuat email di HP 13

8. Jika anda mendapatkan warning seperti ini, silakan anda klik warning tersebut.

membuat email di HP 14

9. Kemudian klik Allow.

membuat email di HP 15

10. Nah ketika anda ingin membuka maupun mengirim email dari akun google yang barusaja anda buat tadi, tinggal klik aplikasi Gmail, kemudian klik Profile.

cara membuat email di HP Android

11. Setelah itu pilih akun Gmail yang anda inginkan.

membuat email di HP 18

12. Jika anda ingin mengirim email ke orang lain, silakan klik tombol + seperti yang ditunjuk tanda panah.

membuat email di HP 19

13. Masukkan alamat email tujuan pada kolom (To) kemudian beri subject (judul email) dan isi email sesuai keinginan anda. Jika sudah, klik tombol Kirim.

cara membuat email di HP

Penutup

Itulah tutorial cara membuat email di HP dengan mudah, bahkan untuk pemula sekalipun. Dalam tutorial diatas, saya juga sudah menjelaskan bagaimana cara menambahkan akun Gmail yang berhasil anda buat tadi ke HP anda. Ketika ada email masuk, akan ada notifikasi pada HP anda. Semoga bermanfaat dan jika ada kesulitan, jangan sungkan untuk bertanya melalui kotak komentar dibawah.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend