6 Cara Sinkronisasi Gmail di HP Android dengan Mudah, Yuk Dicoba!

Berkirim pesan melalui email masih populer di kalangan masyarakat. Gmail merupakan salah satu layanan surel milik Google yang masih digunakan oleh berbagai kalangan. Terkenal dengan kapasitas penyimpanan terbanyak, Gmail semakin eksis dalam dunia surat elektronik dibandingkan Yahoo, Hotmail maupun situs surel lainnya.

Kini, Gmail terus mengembangkan pembaruan dengan meningkatkan teknologinya. Selain tersedia pada PC atau komputer, Gmail juga mendukung platform lain yaitu smartphone dengan sistem operasi Android.

Selain mendukung kemudahan, menggunakan Gmail di HP Android juga sangat membantu Anda dalam mengetahui pesan yang masuk tanpa harus membuka PC atau komputer Anda terlebih dahulu.

Namun, terdapat masalah yang sering dihadapi oleh pengguna Gmail di HP Android yaitu aplikasi Gmail yang tidak sinkronisasi. Lalu bagaimana agar Gmail yang ada di HP Android kembali sinkronisasi? Artikel ini akan membahas mengenai cara sinkronisasi Gmail di HP Android. Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Cara Sinkronisasi Gmail di HP Android

Belakangan ini, Gmail yang sempat mengganti tampilannya ternyata telah menjadi layanan surat elektronik terbesar dengan jumlah pengguna aktif lebih dari 425 juta orang per tahun 2012.

Adapun Gmail yang mengalami tidak sinkronisasi di HP Android memiliki beberapa penyebab. Oleh karena itu sebaiknya perhatikan hal-hal penting yang dapat menjadi pemicu Gmail tidak dapat sinkronisasi.

Hal tersebut dapat mengakibatkan Anda tidak dapat melihat pesan masuk terbaru, tidak dapat membuka email, tidak bisa mengirim pesan, dan lain sebagainya. Langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1: Update Aplikasi Gmail

Nah, salah satu penyebab Gmail gagal sinkron adalah aplikasi Gmail yang sudah terlalu lama tidak diperbarui sehingga terjadinya kesalahan bug atau error terhadap email semakin besar. Jadi, sebaiknya lakukan update aplikasi Gmail setiap kali Gmail meluncurkan versi terbarunya agar aplikasi Gmail Anda selalu segar.

Langkah 2: Restart Perangkat

Apabila perangkat Android Anda sudah mulai sering bermasalah, tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk melakukan restart terhadap smartphone Android Anda. Sistem yang error mungkin akan segera kembali ke keadaan semula setelah perangkat Android Anda di-restart.

Langkah 3: Periksa Internet

Ini masalah sepele yang sering diabaikan, padahal terhubung ke internet merupakan elemen penting sebagai syarat Gmail selalu sinkron. Oleh karena itu, pastikan bahwa perangkat Android Anda benar-benar terhubung ke jaringan internet dengan baik. Satu lagi, jangan lupa untuk menonaktifkan mode pesawat pada smartphone Anda ya!

Langkah 4: Periksa Tempat Penyimpanan Perangkat

Salah satu penyebab Gmail maupun aplikasi lain gagal memuat ialah karena tempat penyimpanan yang sudah oenuh. Notifikasi terkait memori yang hampir penuh sering kali diabaikan karena hal tersebut tidak terlalu berdampak siginifikan terhadap kinerja perangkat.

Hal ini mengakibatkan data baru tidak dapat masuk lagi dikarenakan tidak ada ruangan yang kosong lagi. Oleh karena itu, coba periksa tempat penyimpanan pada perangkat Anda lalu segera hapus file maupun aplikasi yang tidak Anda gunakan.

Langkah 5: Pengaturan Sinkronisasi Di Aplikasi Gmail Harus Aktif

Selain penyebab di atas, hal yang dapat membuat Gmail gagal sinkronisasi ialah karena pengaturan sinkronisasi pada aplikasi Gmail ternyata nonaktif. Oleh karena itu, pastikan bahwa pengaturan sinkronisasi Gmail pada aplikasi Anda benar-benar dalam keadaan aktif.

1. Buka aplikasi Gmail Anda > lalu buka menu dengan ikon garis tiga atau dapat dilihat pada gambar yang diberi tanda panah merah di bawah ini.

Cara Sinkronisasi Gmail

2. Selanjutnya silakan pilih Settings atau Setelan.

Cara Sinkronisasi Gmail

3. kemudian pilih email yang tidak sinkronisasi.

Langkah 5 - pilih akun

4. Setelah itu cari Sync Gmail atau Sinkronisasi Gmail pada bagian Data usage lalu pastikan bagian Sync Gmail tersebut diceklis.

cara sinkronisasi gmail kontak

Langkah 6: Pengaturan Sinkronisasi Di Perangkat Android Harus Aktif

Coba periksa pengaturan sinkronisasi di perangkat Android Anda. Biasanya perangkat Android memiliki pengaturan sendiri untuk mengizinkan aplikasi mana saja yang dapat sinkronisasi secara otomatis.

Oleh karena itu, pastikan bahwa pengaturan sinkronisasi terhadap Gmail di perangkat Android Anda harus benar-benar aktif.

1. Buka Settings atau pengaturan perangkat Anda.

2. Lalu pilih Accounts & Sync.

Langkah 6 - pilih akun dan sinkronisasi

3. Aktifkan Auto-sync data Anda lalu pastikan bahwa akun Google milik Anda sudah ditambahkan. Jika belum ada akun Google, silakan tambahkan akun Google Anda dengan cara pilih Add account.

cara sinkronisasi gmail kontak di HP android

Sekian artikel mengenai cara sinkronisasi Gmail di HP Android. Pastikan penyebab-penyebab yang dapat membuat Gmail gagal sinkronisasi telah Anda singkirkan.

Anda dapat mencoba cara-cara di atas untuk mengatasi permasalahan tersebut. Semoga artikel cara sinkronisasi Gmail di HP Android ini bermanfaat untuk Anda. Tetap kunjungi Nesabamedia untuk mendapatkan informasi menarik dan terbaru. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend