Tutorial Cara Membuat Email Baru di Gmail (Google Mail) untuk Pemula, 10 Menit Selesai!

Artikel kali ini mengingatkan saya ketika masih duduk di kelas 2 SMP. Waktu itu guru saya yang mengajar bidang TIK memberikan tugas kepada saya dan teman-teman, kemudian menyuruh kami mengumpulkannya melalui email. Pada saat itu, saya tidak mengerti apa itu email dan kegunaannya. Maklumlah waktu itu saya masih gaptek, dan sampai sekarangpun masih gaptek, hehehe.

Jadi Electronic mail atau yang sering disingkat dengan email merupakan surat yang berbentuk elektronik. Dengan adanya email ini, kita sangat terbantu sekali semisal ketika ingin mengirim surat ke kerabat atau teman kita yang lokasinya jauh, membuat blog gratis di blogger, melamar pekerjaan melalui email, dan lain sebagainya, semua itu dapat kita lakukan jika kita mempunyai email. Bagi pebisnis, email merupakan hal yang vital karena dengan adanya email, mereka bisa berhubungan dengan partner kerja mereka atau berkomunikasi dengan client-client mereka.

Email juga digunakan ketika anda ingin membuat/ mendaftar akun facebook baru, pokoknya banyak deh manfaat yang bisa anda ambil dari email. Maka dari itu, peran dari email tidak perlu dipertanyakan lagi karena email sangat penting sekali bagi pengguna internet.

Cara Membuat Email Baru di Gmail

Ada banyak sekali layanan email gratis yang bisa anda gunakan, semisal Google Mail (Gmail), Yahoo, Outlook, Mail.com dan lain sebagainya. Masing-masing layanan email mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun yang paling populer adalah Gmail. Maka dari itu, melalui artikel berikut ini saya akan menjelaskan mengenai cara membuat email baru di Gmail.

Google mail atau yang sering disingkat dengan Gmail merupakan layanan email berbasis web. Layanan email besutan google ini banyak digemari oleh pengguna internet karena beberapa kelebihannya, salah satunya adalah satu akun gmail dapat digunakan untuk mengakses semua produk google seperti google drive, blogger, youtube, playstore dan lain sebagainya.

1. Pertama-tama, kunjungi link berikut ini untuk melakukan pendaftaran akun gmail baru.

2. Anda akan dihadapkan pada form pendaftaran seperti terlihat pada gambar dibawah. Masukkan informasi yang diperlukan seperti Nama Depan, Nama Belakang, Nama Pengguna dan Sandi. Jika sudah klik Berikutnya.

cara membuat email

3. Untuk menghindari spam atau robot, anda diharuskan untuk memasukkan nomor HP yang masih aktif. Sekali lagi, pastikan anda memasukkan nomor HP dengan benar, jika sudah, klik Berikutnya.

cara membuat email

4. Tunggu beberapa detik, anda akan menerima SMS dari Google yang berupa kode verifikasi. Masukkan kode verifikasi tersebut pada kolom yang telah disediakan. Selanjutnya pilih Verifikasi.

car membuat email di gmail

Sebagai catatan, setelah menunggu 15 menit lebih, jika kode verifikasi belum juga dikirim maka silakan pilih Telepon saja. Pihak Google nanti akan memberitahu kode verifikasinya melalui panggilan telepon.

5. Selanjutnya anda akan disuruh mengisi beberapa informasi mengenai data diri anda seperti tanggal lahir dan jenis kelamin pada kolom yang telah disediakan. Pada kolom alamat email pemulihan, boleh anda isi atau tidak (opsional). Alamat email pemulihan bisa digunakan ketika pemilik email mengalami lupa kata sandi atau akun emailnya sedang dihack orang lain. Jika sudah, pilih Berikutnya.

cara membuat email

6. Selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman privasi, langsung klik ikon panah biru untuk scroll kebawah selanjutnya pilih Saya Setuju.

membuat email baru 5

7. Anda akan dibawa ke halaman dashboard akun google anda. Sampai disini anda sudah berhasil membuat email sendiri. Silakan klik link berikut ini jika anda ingin masuk ke Gmail anda. Tampilan akun Gmail kurang lebih seperti gambar dibawah ini:

cara membuat email baru

Tampilan Gmail dari PC / Laptop

cara membuat email baru

Tampilan Gmail dari HP Android

F.A.Q Seputar Gmail

Ada beberapa pertanyaan yang seringkali disampaikan oleh pembaca melalui kolom komentar. Maka dari itu, saya sengaja merangkumnya sekaligus memberikan jawabannya. Anda bisa mengeceknya dibawah ini:

Kalau cara membuat email di Yahoo bagaimana?
Tak kalah populer dengan Gmail, Yahoo! juga merupakan layanan email berbasis web yang banyak digemari oleh pengguna internet. Untuk membuat email di Yahoo! sudah pernah saya tulis sebelumnya, cek link berikut ini untuk membaca artikelnya.
Saya lupa kata sandi (password) Gmail saya, bagaimana cara mengatasinya?
Untuk mengatasi lupa kata sandi akun Gmail anda dapat dilakukan dengan beberapa metode. Saya sudah menuliskan tutorialnya, anda dapat membacanya disini.
Saya ingin mengirim email ke alamat email lain, caranya bagaimana?
Untuk cara mengirim email ke alamat email lain, entah itu ke alamat email yahoo, outlook dll dapat dilakukan dengan mudah. Simak tutorialnya disini.
Cara untuk mengganti kata sandi (password) Gmail bagaimana?
Untuk menjaga kerahasiaan akun Gmail, disarankan untuk mengganti kata sandi akun Gmail anda secara berkala. Caranya bisa anda simak melalui artikel ini.
Saya Ingin menghapus akun Gmail saya, bagaimana caranya?
Karena beberapa alasan mungkin anda ingin menghapus / menonaktifkan akun Gmail anda. Sebelum itu, pastikan anda benar-benar yakin ingin menghapus akun Gmail anda, setelah itu baca artikel ini untuk menghapus akun Gmail anda.
Saya takut akun Gmail saya dibobol, bagaimana cara mengamankannya?
Gmail merupakan salah satu layanan email yang terintegrasi dengan layanan-layanan google seperti Drive, Play Store, Youtube dan lain sebagainya. Dan jika akun Gmail anda dihack oleh orang lain, maka mereka dapat mengakses semua layanan tersebut. Maka dari itu, anda perlu mengamankannya dengan cara yang sudah saya jelaskan di artikel ini.
Verifikasi 2 langkah itu apa sih? Cara mengaktifkannya bagaimana?
Fitur verifikasi 2 langkah ini memungkinkan jika ada yang login ke akun Gmail anda (entah itu anda atau siapapun itu), maka Google akan meminta untuk memasukkan kode verifikasi terlebih dahulu. Jika tidak bisa memasukkan kode verifikasi tersebut maka anda atau orang lain tersebut tidak bisa login ke akun Gmail anda meskipun password yang dimasukkan benar. Untuk mengaktifkan fitur ini, silakan simak tutorialnya disini.
Bagaimana cara menambahkan nomor telepon di akun Gmail kita?
Menambahkan nomor telepon ke akun Gmail anda sangat disarankan guna sewaktu-waktu anda lupa kata sandi atau akun Gmail anda dibajak orang lain. Untuk menambahkan nomor telepon ke akun Gmail, silakan simak tutorialnya disini.

Sekian untuk artikel bagaimana cara membuat email baru di Gmail. Anda bebas menggunakan layanan email apa saja yang anda sukai, entah itu Gmail, Yahoo atau layanan email gratis lainnya. Jika anda sering menggunakan produk Google seperti Youtube, Google Drive atau Play Store, tentu saja memiliki akun Gmail sudah menjadi kewajiban.

Semoga apa yang saya tulis hari ini bermanfaat bagi anda. Oh ya, jika anda menemukan kesulitan dalam pembuatan email di Gmail, jangan sungkan untuk menanyakannya melalui kotak komentar yang telah disediakan.

8 Comments

  1. Elizabeth Syah Putry
  2. m.setiyarto
  3. R. Herman Iswara
  4. nopendro pakpahan
  5. Bayusinta
  6. Hariono
  7. johan faisal

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend