cara membuat blog

Panduan Cara Membuat Blog Gratis untuk Pemula, Super Lengkap!

Melalui artikel berikut, saya akan berbagi panduan cara membuat blog gratis yang cocok sekali bagi pemula. Bagi saya, blog merupakan sebuah gubuk kecil saya di dunia maya.

Dengan adanya blog, saya bisa berbagi pengalaman atau hal-hal yang bermanfaat bagi pembaca. Meskipun pembaca blog saya sedikit tetapi ndak papalah, yang penting ada yang membaca walaupun satu orang, hehehe.

Selain digunakan untuk berbagi pengalaman, banyak yang memanfaatkan blog untuk ladang penghasilan tambahan, sarana berjualan online, dan lain sebagainya. Jika anda membaca artikel berikut ini, mungkin anda merupakan salah satu orang yang sedang mencari tutorial cara membuat blog dengan mudah dan gak pakek ribet.

Panduan Cara Membuat Blog untuk Pemula

Terdapat puluhan platform untuk membuat blog. Maka dari itu, terlebih dahulu anda harus memutuskan platform mana yang ingin anda gunakan, entah itu wordpress, blogger, tumblr, jimdo, webs, squidoo, atau lain sebagainya.

Kalau menurut saya, platform yang paling populer, mudah, dan cocok sekali bagi pemula adalah blogger. Lalu bagaimana langkah-langkah cara membuat blog di blogger? Yuuk simak langkah-langkahnya sebagai berikut :

A. Login ke Blogger.com

1. Pertama-tama login ke blogger.com untuk membuat blog baru.

2. Masukkan alamat gmail anda. Jika anda belum punya akan gmail, silakan baca artikel saya mengenai cara membuat email di gmail. Setelah itu, pilih Next.

cara membuat blog yang menarik

3. Kemudian masukkan password akun gmail anda dengan benar, lalu pilih Next.

cara membuat blog gratis

4. Jika anda diarahkan pada halaman yang kurang lebih seperti gambar dibawah, silakan pilih Saya Setuju.

membuat blog 3

5. Kemudian anda harus mengisi nama tampilan yang digunakan sebagai profil blogger. Gunakan nama lengkap atau nama panggilan anda, misal Zakaria. Setelah pilih Lanjutkan ke Blogger.

membuat blog 4

6. Untuk membuat blog baru, pilih tombol BUAT BLOG BARU yang terletak di samping kanan. Lebih jelasnya, anda bisa melihat gambar dibawah ini.

pilih tombol BUAT BLOG BARU

7. Anda akan melihat tampilan seperti berikut ini. Silakan isi sesuai putunjuk nomor dibawah ini :

cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang

  • Nomor 1 : Isi dengan judul blog baru anda, misal Blog Seputar Teknologi Terkini.
  • Nomor 2 : Isi dengan alamat url pada blog anda, misal nesabatekno.blogspot.com atau cukup mengetikkan nesabatekno saja, nanti secara otomatis alamat blognya menjadi nesabatekno.blogspot.com. Jika ada tanda centang disampingnya berarti alamat blog tersebut tersedia.
  • Nomor 3 : Pilih tema yang anda sukai untuk blog baru anda.

8. Setelah itu, pilih Buat blog!

9. Misal anda mendapatkan tawaran pembelian nama domain seperti gambar dibawah, pilih Lain kali. Pembahasan mengenai penggunaan custom domain pada blogger akan kita bahas di artikel selanjutnya.

membuat blog 5

10. Selamat blog baru anda selesai dibuat. Tapi jangan keburu kabur dulu, yuk sekalian belajar juga mengenai menu-menu yang terdapat pada blogger, bagaimana sih cara menulis konten di blogger dan lain sebagainya.

B. Mengenal Menu-menu pada Blogger

Terdapat beberapa menu dan tombol pada blogger yang perlu anda ketahui. Diantaranya sebagai berikut :

menu dan tombol pada blogger

  • Pos: menampilkan semua pos yang terdapat pada blog anda, pos yang sudah diterbitkan dan yang masih berbentuk draft. Dalam menu ini, anda juga bisa menghapus beberapa pos sekaligus dengan cepat.
  • Statistik: menampilkan informasi statiska pada blog anda, seperti jumlah penayangan hari ini, kemarin, dan bulan lalu. Selain itu, pada menu ini juga menampilkan informasi mengenai bagaimana pengunjung menemukan blog anda dan lain sebagainya.
  • Komentar: menampilkan komentar yang telah diterbitkan, komentar yang masih menunggu moderasi, dan komentar yang tergolong spam.
  • Kampanye: menampilkan menu seputar Adwords. Anda bisa mempromosikan blog anda dengan Adwords ini, tetapi tentu saja ini tidak gratis.
  • Laman: menampilkan jumlah laman yang terdapat pada blog anda, laman yang masih berbentuk draft, dan laman yang sudah diterbitkan.
  • Tata Letak: disini anda bisa kustomisasi tampilan atau menambahkan widget (gadget) pada blog anda.
  • Tema: menampilkan pengaturan pada template atau tema blog anda. Untuk mengedit, mengganti template blog anda, dan lain sebagainya bisa anda lakukan disini.
  • Setelan: menampilkan pengaturan lanjutan pada blog anda, seperti pengaturan dasar, pos dan komentar dan lain sebagainya bisa anda lakukan disini.
  • Daftar Bacaan: menampilkan postingan terbaru dari blog-blog yang anda ikuti.
  • Bantuan: menampilkan beberapa artikel bantuan mengenai bagaimana cara menggunakan blog di Blogger.

C. Cara Menulis / Posting Konten di Blogger

Untuk menulis konten atau yang sering di sebut dengan posting sangatlah mudah, malahan mudah banget. Simak langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Klik tombol Entri baru.

Klik tombol Entri baru

2. Sebelum memulai untuk menulis konten, terdapat beberapa menu, tombol, atau navigasi yang perlu anda pahami sebagai berikut :

cara membuat blog di blogger

  • Nomor 1 : Judul konten anda.
  • Nomor 2 : Deretan tombol yang berguna untuk mempublikasikan, menyimpan, atau mempratinjau (preview) konten anda sebelum diposting.
  • Nomor 3 : Terdapat 2 mode penulisan konten yang terdapat pada blogger, diantaranya mode Compose dan mode HTML. Secara default, mode penulisan konten menggunakan mode Compose. Jika anda awam dalam HTML, saya sarankan menggunakan mode Compose saja.
  • Nomor 4 : Menu formatting toolbar yang digunakan untuk pengolahan teks pada konten anda. Fungsi tool-tool ini tidak jauh berbeda dengan yang terdapat pada Microsoft Word.
  • Nomor 5 : Beberapa menu pengaturan pada konten anda. Seperti memberikan label/ kategori, tautan permanen pada konten anda dan lain sebagainya.
  • Nomor 6 : Isi konten anda.

3. Jika konten anda sudah siap dipublikasikan, silakan klik tombol Publikasikan. Oh ya pastikan konten yang anda tulis tidak bermuatan negatif, ujaran kebencian dan lain sebagainya. Selengkapnya bisa anda baca di halaman Kebijakan Konten Blogger.

D. Mengganti Template Bawaan Blogger

Memang sih template atau tema default blogger kurang gimana gitu, bukan jelek loh, hahaha. Untuk mengganti template blog anda agar lebih menarik, silakan simak langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Silakan download dulu template yang ingin digunakan pada blog anda. Anda bisa mencarinya di Btemplate, disana ada ribuan template yang bisa anda gunakan.

2. Setelah itu, masuk ke menu dashboard blog anda dan pilih Tema.

cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang

3. Pilih Backup / Pulihkan.

blog

4. Klik tombol Choose File untuk mengupload template yang anda inginkan.

cara membuat blog di google

5. Terakhir, klik tombol Upload. Perlu diingat yah kalau templatenya wajib menggunakan format .xml

E. Manfaat Blog yang Perlu Diketahui

Ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan jika mempunyai blog sendiri, diantaranya sebagai berikut:

1. Mengasah Kemampuan Menulis

Mengasah Kemampuan MenulisManfaat pertama yang didapat saat menulis di blog adalah menambah serta mengasah kemampuan dalam menulis. Seseorang jika ingin menjadi penulis terbaik harus dimulai dengan rajin menulis pastinya. Anda dapat menulis apa saja didalam blog, misalnya seperti artikel berita, atau mengangkat satu topik secara rutin, atau bisa saja Anda hanya menulis pengalaman traveling Anda dan lain sebagainya.

Blog membebaskan Anda untuk berbagi tulisan ataupun cerita. Hal seperti inilah yang selalu dilakukan oleh para blogger, mereka selalu menyempatkan atau bahkan menghabiskan waktunya untuk menulis. Sebenarnya menulis bisa dimana saja. Namun, saat ini blog menjadi salah satu platform bagi para penulis.

Semakin sering Anda menulis, maka hasil tulisan Anda pun akan semakin baik. Sebagai contoh penulis buku yang mengawali karir menulisnya menggunakan blog adalah Raditya Dika. Sampai saat ini ia sudah menerbitkan lebih dari 5 buku, yang mana semuanya berawal dengan menulis di blog.

2. Berbagi Pengetahuan

Berbagi PengetahuanManfaat berikutnya dari menulis di blog adalah dapat berbagi pengetahuan dan wawasan. Saat ini tidak semua pengetahuan atau keahlian yang Anda miliki dapat dibagikan dengan mudah ke orang sekitar. Mengapa? Karena orang – orang di sekitar Anda belum tentu tertarik sepenuhnya dengan pengetahuan atau keahlian yang Anda miliki. Sebenarnya hal ini berhubungan dengan terbatasnya jangkauan yang Anda miliki.

Nah, blog inilah yang menjadi platform yang tepat bagi Anda agar pengetahuan atau keahlian yang Anda miliki tepat sasaran ke para pembaca yang juga tertarik dengan yang Anda sajikan. Menariknya, blog juga bisa menjadi platform yang menghasilkan uang, baik dari hasil jualan produk ataupun memasang iklan.

Contohnya adalah seorang mantan jurnalis yang bernama “Duto Sri Chayono” yang berasal dari Solo. Ia sukses membangun dan mengelola blog yang bernama Omkicau.com, yang isinya dibagikan khusus untuk para pecinta burung. Pengunjung blog-nya bisa mencapai 200 ribu per hari. Konten blog-nya berisi tentang burung, seperti tips perawatan burung, dan lain sebagainya.

Jika Anda senang berbagi pengetahuan atau keahlian yang Anda miliki kedalam bentuk tulisan, hal ini akan menjadi peluang yang bagus untuk Anda. Pertama, tentukan tema apa yang Anda suka atau kuasai, mulai tulis di blog, dan Anda akan mendapatkan pundi – pundi uang dari sana.

3. Belajar Menghasilkan Uang Secara Online

Belajar Menghasilkan Uang Secara OnlineManfaat selanjutnya dari menulis di blog adalah dapat menghasilkan uang. Seperti yang sudah disinggung dari manfaat sebelumnya, Anda bisa mendapatkan uang berlimpah dari menulis blog. Jika saat ini Anda ingin mencari tambahan uang pemasukan, menulis di blog adalah salah satu jalan yang tepat bagi Anda. Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum menulis di blog adalah tentukan tema yang cocok dengan apa yang anda kuasai.

Perlu Anda ingat, mendapatkan uang dengan menulis di blog tidak akan langsung terlihat hasilnya. Saat mengelola blog membutuhkan ketekunan dalam menulis dan menerbitkan tulisan atau artikel secara rutin. Anda bisa menulisnya sehari dua kali atau dua hari sekali.

Semakin rajin Anda menulis, semakin cepat Anda akan mendapatkan uang. Dalam menulis di blog yang Anda cari pertama adalah pengunjung. Buatlah konten yang dapat menarik pengunjung yang banyak. Jika Anda sudah mendapatkan pengunjung yang banyak, Anda bisa memasang iklan seperti Google AdSense ataupun Audience Network.

4. Membangun Jaringan

Membangun JaringanManfaat berikutnya yang didapat dari menulis di blog adalah Anda dapat membangun relasi atau jaringan. Jika Anda adalah orang yang memiliki waktu sedikit untuk bergaul, membangun relasi secara offline pasti tidaklah mudah. Blog inilah yang dapat membantu Anda dengan sangat mudah.

Anda bisa menulis konten tentang hal – hal yang menarik dan bermanfaat sesuai dengan keahlian dan kesukaan Anda. Jika para pembaca tertarik dengan tulisan Anda, maka mereka akan meninggalkan komentar atau pesan mengenai tulisan Anda.

Anda dapat menetapkan persyaratan bagi pembaca yang ingin berkomentar dengan menuliskan alamat email ataupun nomor telepon. Sehingga Anda akan mendapatkan kontak mereka, yang nantinya bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk Anda.

5. Menjual Produk

cara membuat blog pribadi gratisManfaat terakhir yang bisa Anda rasakan dari menulis blog adalah Anda dapat menjual produk dengan mudah. Seperti yang sudah dijelaskan pada beberapa manfaat sebelumnya, blog bisa dijadikan sebagai wadah untuk berjualan online.

Jika Anda mempunyai sebuah usaha offline, Anda dapat memanfaatkan blog untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dari berbagai penjuru dunia. Cara ini dapat memberikan solusi bagi Anda yang memiliki toko atau tempat usaha yang kurang strategis.

Anda dapat menjualkan produk Anda secara online lewat blog tanpa harus membuka toko.  Banyak toko offline yang mulai berjualan secara online lewat blog, dan hasilnya omset yang mereka miliki lebih dari omset yang mereka dapatkan sebelumnya.

F. Platform Blog Paling Populer

Ada puluhan lebih platform blog yang bisa anda gunakan dan masing-masing mempunya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dibawah ini saya hanya menyebutkan lima platform blog yang paling populer dan sering digunakan.

1. Blogger.com

Blogger LogoPlatform blog terpopuler lainnya adalah Blogger.com. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan platform yang satu ini kan? Yap, tercatat sejak tahun 2003, Blogger.com dikembangkan oleh Google melalui Pyra Labs. Pada dasarnya Blogger.com memiliki alamat domain blogspot.com.

Blogger.com juga merupakan salah satu platform yang sangat terkenal hingga saat ini. Platform ini memberikan jaminan kemudahan dan kemanan karena terintegrasi langsung dengan Google. Sehingga hal ini menjadi nilai positif yang dimiliki Blogger.com.

Navigasi yang diberikan sangatlah mudah, tidak membuat para pengguna atau pengguna yang sama sekali belum pernah membukanya merasa kebingungan. Pengembangan website-nya pun juga mudah. Blogger.com juga memiliki fitur custom domain yang bisa digunakan tanpa harus upgrade ataupun membayarnya. Jadi, Anda bisa menggunakan domain Anda sendiri (domain berbayar) secara gratis.

2. WordPress.com

Wordpress LogoPlatform blog pertama yang paling populer adalah WordPress.com. WordPress adalah salah satu platform untuk membuat website yang paling terkenal di dunia. WordPress memiliki dua layanan utama, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Lalu, apa perbedaan WordPress.com dan WordPress.org?

Jika Anda ingin membuat website secara gratis, WordPress.com lah yang menjadi solusi untuk Anda. Pengguna hanya mendaftar di halaman website dan langsung bisa menulis dan membuat website dengan menggunakan server hosting web miliki WordPress. Namun, jika Anda ingin memiliki alamat domain sendiri, seperti .com, .co.id, .net, dan lain sebagainya. Anda bisa menggunakan layanan WordPress.org, yang pastinya Anda akan merogoh kocek yang cukup dalam. Tapi, hal itu sebanding dengan hasil website Anda nantinya yang akan terlihat lebih professional.

Platform WordPress ini banyak disukai oleh orang – orang karena sangat fleksibel digunakan. Anda bisa mengganti tema, menambah berbagai jenis plugin, atau Anda juga bisa menggunakan tema yang Anda buat sendiri. Anda bisa menemukan ratusan bahkan ribuan tema dari aplikasi perkantoran, online shop, hingga teknologi terbaru yang bisa Anda gunakan pada platform WordPress ini. Namun, tetap ada beberapa fitur yang bisa digunakan hanya untuk akun bisnis dan fitur berbayar.

3. Medium.com

Medium LogoPlatform blog paling populer berikutnya adalah Medium.com. Medium.com merupakan salah satu platform untuk menulis secara gratis yang bisa Anda gunakan. Medium.com dikembangkan oleh seorang mantan CEO Twitter, Evan Williams dan Biz Stone yang merupakan salah satu pengembang blogger.

Banyak penulis yang membagikan tulisannya di Medium.com mulai tahun 2012. Beberapa tahun terakhir ini Medium.com semakin populer, lebih dari satu juta orang sudah bergabung dengan platform Medium ini.  Tampilan Medium.com terkesan minimalis dan cukup menarik, sehingga membuat orang – orang betah untuk menggunakan dan berselancar di Medium.com.

4. Weebly.com

WeeblyPlatform blog terpopuler lainnya adalah Weebly.com. Weebly.com merupakan pembangun website yang sangat lengkap untuk membantu Anda dalam menyusun serta membangun sebuah website secara cepat, tanpa harus melakukan coding. Pengguna bisa membuat website-nya sendiri mulai dari website pribadi, event, bisnis, blog, portofolio, dan lain sebagainya. Weebly.com juga menyediakan beberapa tema yang bisa Anda gunakan tanpa harus membuatnya dari awal.

Platform ini juga memberikan kemudahan bagi pengembang website dengan hanya melakukan drag dan drop saja. Anda juga dapat menyesuaikan tampilan website Anda tanpa harus melakukan coding. Dan Weebly.com juga menyediakan lebih dari 200 aplikasi untuk membangun dan mengembangkan website menjadi lebih simpel. Contoh aplikasinya seperti akuntansi, penjadwalan, live chat, dan lain sebagainya.

5. Wix.com

WixPlatform blog yang sangat populer lainnya adalah Wix.com. Platform ini hadir untuk menantang platform pengembang website lainnya. Wix.com memberikan penawaran untuk pengembangan website mulai dari yang sangat simpel untuk para pengguna baru sampai untuk para pengguna profesional. Hingga saat ini platform Wix.com sudah digunakan oleh lebih dari 125 juta pengguna dari berbagai penjuru dunia.

Wix.com menyediakan ratusan template profesional yang unik dan berbeda. Sama halnya seperti platform lainnya, Wix.com memberikan penawaran beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membangun website sesuai yang dibutuhkan, seperti sosial media, online shop, dan lain sebagainya.

FAQ Seputar Blogging

Berhubung banyak pembaca yang selalu berkomentar dengan pertanyaan yang sama, maka saya buatkan atau daftar pertanyaan yang sering diajukan beserta jawabannya.

Alamat blog tidak tersedia, terus bagaimana?

Itu dikarenakan alamat blog yang anda masukkan sudah digunakan oleh orang lain. Jadi gunakan alamat blog yang lain. Pastikan alamat blog yang anda gunakan mudah diingat, hindari penggunaan angka atau tanda hubung (-) yang membuat pengguna malah susah menghafal alamat blog anda.

Tutorial diatas menggunakan platform blogger, kalau di wordpress?

Yup, tutorial diatas membahas mengenai cara membuat blog di blogger atau blogspot. Namun saya juga pernah kok membahas mengenai pembuatan blog di wordpress, tutorialnya bisa anda cek disini.

Bagaimana cara membuat lebih dari satu blog dalam satu akun google yang sama?

Membuat lebih dari satu blog dalam satu akun google bisa anda lakukan. Barangkali anda ingin membuat blog A khusus membahas topik A, kemudian blog B khusus membahas topik B, masing-masing blog disesuaikan dengan kategori / topik yang ingin anda bahas. Untuk tutorialnya sudah pernah saya bahas disini.

Bagaimana cara menghapus blog di blogspot?

Misalkan anda ingin menghapus blog anda karena beberapa alasan. Entah karena anda ingin membuat blog baru, bosan dengan blog lama atau karena alasan lain. Pastikan anda memikirkan matang-matang sebelum anda memutuskan untuk menghapus blog yang telah anda bangun.

Jika alasannya tidak begitu urgent mending tidak usah. Namun jika keputusan anda sudah bulat, ya silakan jika ingin menghapus blog anda. Langkah-langkah menghapus blog sudah pernah saya bahas disini.

Bagaimana cara menambahkan gambar pada artikel?

Agar artikel yang anda tulis lebih informatif dan menarik, maka anda perlu menambahkan gambar pada artikel anda. Gambar pada artikel juga berfungsi untuk mempermudah pembaca memahami apa yang ingin anda sampaikan. Tutorial menambahkan gambar di blog bisa anda lihat disini.

Semoga dengan coretan sederhana saya ini, anda sudah tahu mengenai cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang dari blog anda tersebut (untuk part menghasilkan uang di blog masih saya susun artikelnya).

Jika anda mengalami kesulitan mengenai cara membuat blog dan anda tidak menemukan jawabannya di daftar FAQ diatas, jangan sungkan yah untuk bertanya melalui kotak komentar yang telah disediakan. Sampai jumpa dan terima kasih banyak sudah membaca artikel pendek saya ini.

373 Comments

  1. Devi
  2. Dona
  3. Kak_Ipi
  4. Sony jaya s
  5. Sulaeman Rosyid

Leave a Reply

Send this to a friend